pengertian video conference

Ada yang suka meeting menggunakan bantuan aplikasi video conference? Bukan karena perkara pandemi namun karena pesertanya memang sedang berjauhan, dibatasi jarak geografis bahkan perbedaan waktu. Yups, video conference memang mampu mengatasi masalah geografis karena setiap orang bisa terhubung tanpa harus memikirkan jarak. Permasalahan komunikasi dapat terpecahkan dan pekerjaan juga dapat dikirim melalui email. Okay, ketahui rekomendasi aplikasinya juga yuk di artikel Pengertian Video Conference, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi

Apa Itu Video Conference

Video conference adalah teknologi yang memungkinkan pengguna yang berada pada lokasi yang berbeda untuk mengadakan pertemuan tatap muka tanpa harus pindah ke satu lokasi bersama. Teknologi ini sangat nyaman serta praktis bagi para penggunanya yang bergerak di bidang bisnis, perusahaan maupun personal dari berbagai kota bahkan berbagai negara.

pengertian video conference 1

Tentunya menghemat waktu, biaya, dan minimalisir kerepotan terkait dengan perjalanan bisnis atau seperti saat ini, saling menjaga keamanan di kediaman masing- masing karena wabah COVID-19 belum tuntas.

Kalian juga dapat menghemat akomodasi jika kalian terbiasa menyelenggarakan rapat dalam skala besar. Penggunaan konferensi video bisa untuk mengadakan pertemuan rutin, menegosiasikan kesepakatan bisnis, dan mewawancarai kandidat/calon pekerja.

Manfaat Video Conference

Sektor Bisnis

Video conference penting karena dapat menggabungkan orang-orang yang biasanya tidak dapat membentuk koneksi tatap muka. Dalam bisnis, cara ini dapat meningkatkan produktivitas di antara karyawan serta memberikan cara yang lebih baik untuk berkomunikasi serta berinteraksi dengan kolega, mitra, dan pelanggan. 

Manfaat nyata dari konferensi video meliputi biaya perjalanan yang lebih rendah terutama untuk pelatihan karyawan dan mempersingkat waktu proyek sebagai hasil dari pengefektifan komunikasi di antara anggota tim.

Penggunaan Pribadi

Pada tingkat pribadi, koneksi tatap muka melalui video conference ini membantu memperlancar komunikasi nonverbal dalam pertukaran dan memungkinkan peserta untuk mengembangkan rasa keakraban yang lebih kuat dengan individu atau sekelompok orang, seperti keluarga dan kerabat.

Masyarakat

Masyarakat juga membutuhkan video conference untuk bertukar kabar dan saling memberi kabar satu sama lain. Rumah ibadah juga bisa memanfaatkan aplikasi telekonfrensi ini untuk tetap melakukan pengajian online.

Bidang Pendidikan

Sejak COVID-19 disahkan sebagai pandemi internasional maka selain tempat umum dan perkantoran yang tutup, sekolah telah lebih dulu tutup yang menyebabkan semua kegiatan belajar dialihkan pada video conference juga kelas- kelas yang dapat di akses secara online. Tentunya di sini semua aplikasi tersebut menjadi satu-satunya tempat semua kegiatan pembelajaran agar tetap berlangsung.

Bidang Kesehatan

Mengikuti dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dalam mengatasi penyebaran coronavirus maka video conference untuk bidang kesehatan juga mengubah sesuai aplikasi mereka yang khusus menanggapi semua masalah kesehatan secara online. Kalian tidak perlu mendatangi klinik atau rumah sakit karena untuk menghubungi dokter, kalian cukup menggunakan aplikasi telemedicine, seperti Halodoc.

Rekomendasi Aplikasi Video Conference

Berikut ini 8 rekomendasi aplikasi video conference yang bisa kalian coba:

Zoom 

Aplikasi Zoom adalah salah satu aplikasi yang mengalami peningkatan penggunaan terbesar sejak pandemi. Zoom Cloud Meeting menawarkan banyak fitur dan kemudahan yang bisa dicoba mulai dari penggunaan gratis hingga paket premium berbayar. Kalian dapat mengundang hingga 100 partisipan online meeting dengan dukungan perekaman video, text chatting, audio-only, dan sebagainya.

Google Meet 

Selain Google Classroom yang dapat mengakomodasi kelas online, Google juga mempunyai Google Meet untuk melakukan konferensi online. Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian butuh akun G-Suite yang akan memudahkan untuk mengundang banyak peserta. Jika kalian menginginkan lebih banyak fitur, kalian dapat mencoba G-Suite Enterprise sebagai paket premium.

Go To Meeting

Web conferencing software ini juga aplikasi yang patut kalian coba, loh. Fitur-fitur andalannya antara lain adalah mengatur ruang pertemuan online pribadi dengan URL, berbagi real-time desktop, merekam semua pertemuan online, dan menyimpannya di cloud computing. Meski berbayar, kalian juga dapat mencoba versi gratis dari Go To Meeting.

Slack 

Selain tampil dengan penuh warna dan menawarkan dukungan fitur-fitur yang menarik, Slack juga datang menawarkan versi gratis yang fungsional seperti halnya versi premium berbayar. Slack juga sudah terintegrasi dengan pengguna Google yang menggunakan Google Drive, Dropbox bahkan platform media sosial seperti Twitter.

Skype

pengertian video conference 2

Jauh sebelum mengenal aplikasi konferensi online lainnya, kita lebih dulu mengenal Skype. Bahkan, ternyata Skype juga memiliki Skype Business yang bisa mengakomodasi pertemuan konferensi video hingga 250 orang bagi kalian yang berlangganan Microsoft Office 365. Beberapa fiturnya adalah berbagi desktop, kolaborasi online, dan juga kemampuan merekam pertemuan online.

Join Me 

Meski merupakan aplikasi video conference yang relatif baru jika dibandingkan dengan aplikasi serupa yang lain, Join Me datang menawarkan banyak fitur dan kemudahan bahkan untuk usaha skala kecil sekalipun. 

Ring Central

pengertian video conference 3

Aplikasi RingCentral memungkinkan untuk dengan mudah beralih dari panggilan telepon, rapat video, dan obrolan tim peserta di mana saja, mulai dari rumah maupun secara mobile. Dengan semua yang kalian butuhkan berada di satu tempat, kalian dan tim kalian akan menghemat banyak waktu dan tetap fokus dalam rapat online kalian.

WebEx 

pengertian video conference 4

WebEx adalah aplikasi panggilan video atau audio conference desktop multi-fungsional. Aplikasi ini tidak membatasi penggunanya sehingga kalian dapat mengadakan pertemuan di WebEx pada Windows dan Mac. Fitur-fiturnya adalah video konferensi berkualitas HD, obrolan online, tools untuk berbagi presentasi, aplikasi desktop seperti papan tulis online, anotasi, dan sebagainya.

Okay, jadi bisa kita simpulkan ya bahwa aplikasi pertemuan online ini memberi dan membawa manfaat nyata karena konferensi video ini terbukti lebih efisien, praktis, dan aman. Jika kalian tertarik menggunakan aplikasi di atas, pastikan kalian menemukan aplikasi yang memenuhi kebutuhan rapat online kalian dengan tepat, ya.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment