Apa Itu Zoom dan Kegunaannya terkait WFH dan Video Conference

Sharing is caring!

Anda termasuk yang sedang menjalani WFH kah? Lalu, selama WH, apakah Anda masih tetap menjalankan meeting meski secara virtual? Jika iya, mungkin Zoom adalah salah 1 pilihan yang digunakan untuk video conference selama WFH. Yuk baca Apa Itu Zoom dan Kegunaannya terkait WFH dan Video Conference

Zoom: Aplikasi Obrolan Video untuk Bekerja dan Tetap Berkomunikasi

Coronavirus mengharuskan banyak orang untuk tinggal di rumah dan terhubung dengan teman dan rekan kerja melalui obrolan video. Pandemi virus corona menyebabkan karantina serta lockdown. Artinya, banyak orang melakukan working from home dan hanya melihat teman, keluarga serta rekan kerja melalui aplikasi dan layanan obrolan video. Zoom, menjadi salah 1 alternatif layanan obrolan video yang banyak membantu selama WFH.

Serba-serbi Zoom

Aplikasi video conference Zoom berfungsi untuk Android, iOS, PC, dan Mac. Aplikasi ini menawarkan basic free plan yang menampung hingga 100 peserta. Ada juga opsi untuk tim bisnis kecil dan menengah ($15 hingga $20 per bulan per host) dan perusahaan besar seharga $20 per bulan per host dengan minimum 50 host.

Anda dapat menyesuaikan waktu rapat dan memilih beberapa host. Zoom bisa menampung hingga 1.000 user untuk dapat berpartisipasi dalam satu panggilan video Zoom dan 49 video dapat muncul di layar sekaligus.

Aplikasi ini memiliki video HD dan kemampuan audio, alat kolaborasi, seperti simultaneous screen-sharing dan co-annotation, dan kemampuan untuk merekam pertemuan dan menghasilkan transkrip. Outlook, Gmail, dan iCal support schedulling dan memulai pertemuan. Dengan Gmail, Anda cukup klik ikon kalender lalu klik waktu rapat Anda kemudian klik link di bawah Join Zoom Meeting.

Jika mikrofon dan kamera Anda mati, Zoom memiliki opsi untuk berkomunikasi melalui chat (interface terlihat agak seperti Slack). Fitur ini juga dapat membantu jika ini merupakan pertemuan serba ada yang besar dan peluang untuk pertanyaan tersedia.

Mendaftar Zoom

Anda dapat mendaftar untuk menggunakan Zoom secara gratis. Anda dapat membuat akun secara manual dengan email atau masuk dengan Google atau Facebook.

Jika Anda menggunakan Zoom, penting untuk mempertimbangkan masalah keamanan yang muncul sejak peningkatan popularitasnya selama pandemi coronavirus. Pakar privasi telah menyatakan keprihatinan atas risiko privasi software konferensi video dan kerentanan peretasan serta Zoombombing (yang mana peserta yang tidak diundang bisa masuk dan mengganggu rapat).

Namun, jika Anda masih menggunakan platform, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi rapat, seperti menggunakan per-meeting ID dan mengaktifkan fitur “Waiting Room” sehingga Anda dapat melihat siapa yang mencoba bergabung dengan rapat sebelumnya memungkinkan akses.

  • Ada sedikit pengaturan yang diketahui tentang Zoom yang memungkinkan Anda menerapkan filter ke tampilan video Anda yang memberikan tampilan wajah Anda yang lebih lembut dan meminimalkan tampilan ketidaksempurnaan.
  • Efek ini bisa berguna karena orang menghabiskan waktu lebih lama di dalam ruangan namun masih perlu menunjukkan wajah mereka pada Zoom untuk menyesuaikan dengan panggilan kerja profesional.
  • Layanan konferensi video Zoom memiliki fitur yang tersedia, yang memungkinkan Anda terus menggerakkan estetika WFH Anda, sambil tetap terlihat cukup baik untuk mengikuti rapat bisnis. Filter akan membantu “menghaluskan warna kulit pada wajah Anda agar menghadirkan penampilan yang lebih halus.”
  • Mencentang kotak “touch up my appearance” pada Zoom akan membantu penampilan Anda terlihat tetap eye catching.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.5 / 5. Jumlah rate 4

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Zoom dan Kegunaannya terkait WFH dan Video Conference
Artikel
Apa Itu Zoom dan Kegunaannya terkait WFH dan Video Conference
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Selama WH, apakah Anda masih tetap menjalankan meeting meski secara virtual? Yuk baca Apa Itu Zoom dan Kegunaannya terkait WFH dan Video Conference
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Apa Itu Zoom dan Kegunaannya terkait WFH dan Video Conference”

Leave a Comment