Apa Perbedaan antara Developer dan Programmer?

Sharing is caring!

Jika Anda mempekerjakan staf teknis untuk perusahaan Anda, Anda mungkin bertanya, apa perbedaan antara developer, programmer dalam insinyur? Apakah penting istilah apa yang Anda gunakan dalam posting pekerjaan Anda? Yuk baca Apa Perbedaan antara Developer dan Programmer?

Singkatnya, perbedaan mendasar antara developer dan programmer adalah ruang lingkup pekerjaan mereka. Developer lebih terlibat dengan dan memiliki pemahaman yang lebih besar tentang ruang lingkup proyek penuh. Programmer terlibat dalam bagian tertentu dari proyek – coding.

Programmer juga dikenal sebagai engineer dan coders. Pekerjaan seorang programmer termasuk menulis kode, menguji, dan memperbaiki bug.

Seorang programmer mengubah desain menjadi instruksi yang dapat diikuti oleh komputer. Instruksi ini dikodekan menggunakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman. Pemrogram khusus fokus pada satu jenis pemrograman. Pemrogram umum menulis kode untuk banyak jenis software.

Biasanya, programmer bekerja dalam kelompok atau tim di bawah programmer senior yang mengawasi pekerjaan mereka.

Jenis programmer computer

  • Programmer aplikasi: menulis program untuk tugas-tugas tertentu
  • Programmer sistem: menulis program untuk memelihara software sistem komputer
  • AI/Machine Learning Engineers
  • Pemrogram game
  • Developer seluler

Tanggung jawab pekerjaan mereka termasuk menulis kode tetapi mereka juga berkontribusi pada banyak aspek lain dari proyek/proses pengembangan software. Seiring dengan pengkodean, tugas developer sering meliputi:

  • desain software
  • development
  • penelitian
  • menulis dokumentasi dan spesifikasi
  • maintenance
  • pengujian software
  • core implementation
  • analisis

Pada dasarnya, developer adalah programmer pertama dan terutama tetapi dengan lingkup tanggung jawab yang lebih besar untuk aspek-aspek lain dari proyek.

Apakah Perlu Menyewa Developer atau Programmer?

Seorang programmer dan developer sama-sama terlibat dalam pengkodean tetapi pekerjaan mereka sangat berbeda. Seorang programmer luar biasa tidak harus membuat developer yang luar biasa karena developer harus menyulap lebih banyak bagian dari proyek. Developer terbaik sulit ditemukan dan dipertahankan karena mereka sangat diminati.

Developer software, insinyur software, pemrogram komputer, dan developer aplikasi semuanya dapat merujuk pada pekerjaan yang sama. Developer web, programmer J2EE, developer Java adalah judul pekerjaan yang cukup dapat dipertukarkan.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Perbedaan antara Developer dan Programmer?
Artikel
Apa Perbedaan antara Developer dan Programmer?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah penting istilah apa yang Anda gunakan dalam posting pekerjaan Anda? Yuk baca Apa Perbedaan antara Developer dan Programmer?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Apa Perbedaan antara Developer dan Programmer?”

Leave a Comment