7 Tips untuk Learning from Home Ketika Social Distancing

Sharing is caring!

Pandemi COVID-19 menyebabkan orang-orang di seluruh dunia learning from home untuk pertama kalinya. Siswa belajar layaknya ruang kelas virtual dan jutaan orang lainnya menghabiskan waktu untuk mempelajari keterampilan baru sambil menjaga jarak (social distancing).

Kami memahami bahwa melakukannya dari rumah mungkin terasa sulit. Itulah sebabnya kami memberikan tips untuk membantu Anda tetap fokus dan termotivasi. Yuk baca 7 Tips untuk Learning from Home Ketika Social Distancing

  1. Disiplin pada jadwal

Entah Anda kuliah, bekerja, atau mempelajari keterampilan baru dari rumah, tetaplah berpegang pada jadwal karena itu hal penting. Berpegang teguh pada jadwal dapat membantu Anda merasa produktif dan teratur. Cobalah uintuk menuliskan jadwal yang menyertakan waktu terstruktur untuk belajar. Jangan lupa menyediakan waktu untuk relaksasi juga!

  1. Jadikan belajar sebagai kebiasaan

Saat Anda membuat jadwal untuk hari-hari Anda, hal ini dapat membantu untuk membangun beberapa kebiasaan agar Anda mengikuti alur belajar dari rumah. Hal ini sangat penting jika Anda mencoba learning from home untuk pertama kalinya karena suatu kebiasaan dapat membantu Anda membuat diri Anda bertanggung jawab.

Salah satu cara untuk mengubah belajar menjadi kebiasaan adalah menjadikannya bagian dari rutinitas rutin Anda. Sedangkan salah satu cara terbaik untuk mengubah sesuatu menjadi kebiasaan adalah dengan melakukannya setiap hari.

  1. Temukan komunitas yang mendukung

Belajar dari rumah bukan berarti Anda harus belajar sendiri karena ada banyak orang belajar dari rumah juga seperti Anda. Untungnya, internet memudahkan untuk terlibat dengan orang lain dan membangun komunitas online. Berikut ini beberapa ide:

  • Bergabunglah dengan grup Facebook.
  • Bergabunglah dengan forum. Ajukan dan jawab pertanyaan serta dapatkan saran dari orang lain.
  • Temukan komunitas obrolan. Ada juga berbagai komunitas topikal pada platform messaging, seperti Slack dan Discord yang dapat Anda ikuti.
  • Jangkau network Anda sendiri. Ajukan pertanyaan dan bagikan kemajuan Anda dengan teman-teman Anda di media sosial. Gunakan tagar di Instagram atau Twitter untuk menemukan dan bertemu orang baru.
  • Belajar bersama. Bergabunglah dengan sesi belajar kelompok di Zoom atau ikuti kursus bersama orang lain.
  1. Tetapkan tujuan yang masuk akal

Mempelajari sesuatu yang baru bisa terasa luar biasa. Itulah mengapa penting untuk menetapkan tujuan yang masuk akal dan dapat dicapai untuk diri sendiri. Jika dirasa besar maka cobalah untuk memecahnya menjadi tujuan yang lebih kecil.

Contoh, tujuan besar Anda adalah menjadi pengembang web dan mungkin terasa berat maka Anda bisa memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil (belajar HTML, belajar CSS, dll).

  1. Beristirahat

Ingatlah untuk meluangkan waktu untuk beristirahat. Hal ini bisa saja terasa sulit ketika Anda tinggal, bekerja serta belajar di tempat yang sama. Kita semua perlu waktu untuk bersantai.

Untuk metode terstruktur terkait pekerjaan yang silih berganti dengan istirahat, cobalah Teknik Pomodoro. Teknik ini bergantian fokus dalam periode 25 menit (Pomodoros) dan istirahat pendek:

  • Atur pengatur waktu 25 menit dan mulailah bekerja.
  • Ketika 25 menit habis, istirahat 5 menit.
  • Setelah empat putaran, lakukan istirahat 15 hingga 20 menit lebih lama.
  1. Atur ruang kerja Anda

Anda mau belajar atau mengerjakan pekerjaan dari kantor di bagian dari rumah Anda, seperti ruang tamu, ruang dapur, ruang santai, taman rumah, buatlah ruang kerja yang memang Anda sukai! Semakin nyaman Anda merasa di ruang kerja Anda, semakin bahagia Anda akan belajar di sana.

  1. Share kemajuan Anda

Last but not least, share kemajuan Anda dengan kawan, keluarga, dan komunitas online Anda.

 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Tips untuk Learning from Home Ketika Social Distancing
Artikel
7 Tips untuk Learning from Home Ketika Social Distancing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kami memahami bahwa melakukannya dari rumah mungkin terasa sulit. Yuk baca 7 Tips untuk Learning from Home Ketika Social Distancing
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment