perbedaan brand dan branding

Ada yang masih bingung bahkan ada orang yang bilang ke kalian bahwa kalian masih salah dalam membedakan antara brand dan branding? Ya memang keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Tak usah lama-lama deh, langsung ketahui detailnya saja ya Mengetahui Perbedaan antara Brand dan Branding

Pengertian Brand

Apakah kalian juga menyadari satu hal bahwasanya dalam sebuah bisnis, brand itu diibaratkan sebagai sebuah nyawa? Jadi, jika suatu bisnis kok tidak memiliki brand nih, ya bisnis tersebut tidak akan bertahan lama, tidak akan awet sampai jangka waktu yang panjang.

perbedaan brand dan branding 1

Secara definisi, dilansir dari Investopedia, brand adalah identitas, logo, nama dari sebuah perusahaan untuk membedakan mereka dengan produk yang lain. Definisi sederhananya, bisa dikatakan bahwa brand ini merupakan wajah dari sebuah perusahaan.

Jika brand-nya jelek, otomatis pelanggan tidak akan melirik perusahaan yang bersangkutan. Iya, kan?

Oleh karena itu, hampir semua perusahaan berjuang mati-matian agar brand mereka dikenal baik oleh pelanggan, entah dengan cara memasang iklan, bekerja sama dengan influencer, atau melakukan branding secara mandiri.

Pengertian Branding

Okay, sekarang kalian sudah paham ya bahwa brand adalah sebuah identitas, baik itu dari logo, nama atau hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Selanjutnya, mari kita lanjutkan pembahasan tentang pengertian dari branding itu sendiri.

Melansir dari Train of Thought, branding adalah tindakan atau aktivitas menciptakan sebuah brand

Nah, tentunya setiap perusahaan memiliki strategi tersendiri dalam melakukan hal tersebut. Contohnya, ada yang menggunakan media sosial seperti Instagram untuk membangun branding sehingga tercipta brand awareness. Ada juga perusahaan yang membangun branding dengan cara memasang iklan di billboard atau melalui iklan online.

perbedaan brand dan branding 2

Ketika proses tersebut berhasil, akan banyak pelanggan yang mengenal perusahaan tersebut dan tak menutup kemungkinan pelanggan akan melakukan tindakan, seperti membeli produk atau layanan.

Okay, bisa dibilang bahwa branding merupakan kunci sukses bagi perusahaan dalam hal berbisnis. Tanpa strategi branding yang tepat, pelanggan tidak akan pernah tahu bahwa ada produk atau layanan yang telah diciptakan oleh perusahaan.

Perbedaan Brand dan Branding

Finally, sampailah kita di pembahasan di mana letak perbedaan antara brand dan branding.

Melansir dari Train of Thought, brand pada dasarnya adalah alat pemasaran. Sementara branding merupakan aktivitas atau tindakan pemasaran. Selain alat pemasaran dan tindakannya, brand dan branding juga bisa diibaratkan sebagai aset dan investasi.

Menurut Springboard Brand, brand adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. Mengapa demikian? Sebab, dari brand yang besar inilah kalian dapat meraup pelanggan yang besar.

Di sisi lain, jika kalian ingin menjual brand kalian kepada perusahaan lain, itu akan menjadi nilai yang tinggi. Sementara itu, branding lebih mengarah kepada investasi. Jadi, kalian bisa saja terus-menerus melakukan branding dalam 10 atau 20 tahun ke depan. 

Akan tetapi, hasil yang dihasilkan pun sangat menguntungkan jika branding kalian dilakukan dengan tepat.

Oia, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Mengetahui Perbedaan antara Brand dan Branding”

  1. […] Evangelism marketing dijalankan oleh orang-orang yang memiliki asosiasi dari level emosional sehingga tidak akan berpaling ke produk lain meski harganya lebih murah. Yah, bisa dikatakan brand loyalty-nya cukup tinggi karena sudah percaya dengan produk-produk yang ditawarkan oleh brand tersebut. […]

Leave a Comment