Pengertian Buffering, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Sering nonton video streaming Youtube atau sejenisnya? Pasti sering mendengar istilah buffering. Akan tetapi, sudah tahukah kalian apa itu buffering? Sebenarnya apa sih penyebab buffering? Trus, bagaimana cara mengatasinya? Langsung simak yuk Pengertian Buffering, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Pengertian Buffering

Buffering adalah sebuah peristiwa terjadinya hambatan akses ke sebuah video dan audio secara online. Peristiwa ini terjadi karena koneksi internet sedang tidak stabil, umumnya terjadi ketika koneksi internet menjadi lambat. Biasanya saat streaming, akan terlihat ikon lingkaran yang berputar-putar. Nah, inilah tanda proses buffering sedang terjadi.

Buffering menyebabkan proses untuk mengakses data ke file audio atau video pada server menjadi terhambat sehingga browser atau aplikasi mengalami kesulitan untuk menampilkan video atau audio secara real-time

Saat ingin membuka suatu file di komputer, file tersebut kadang tidak akan langsung terbuka dan harus melewati proses loading dulu. Proses ini bergantung pada kecepatan perangkat atau hardware dari suatu komputer. Semakin bagus spesifikasi komputer maka semakin cepat proses loading atau pemuatan file.

Nah, proses tersebut hampir mirip dengan proses buffering saat melakukan streaming. Secara garis besar, kecepatan internet menjadi faktor utama penentu terjadinya buffering saat proses streaming

Penyebab Buffering

Selain dari kecepatan internet, berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi dari proses buffering saat kita mengakses media video dan audio secara online.

1. Lalu lintas website

Lalu lintas website atau traffic dari suatu website akan berpengaruh terhadap proses buffering. Misal saat suatu video diakses secara online oleh ribuan bahkan jutaan pengguna secara bersamaan dan website penyedia video itu tidak didukung oleh kapasitas server yang mumpuni maka pengguna akan mengalami buffering. Oleh karena itu, kemampuan server untuk menampung lalu lintas menjadi salah satu hal penting agar tidak terjadi buffering.

2. Tidak didukung layanan ISP

Platform yang tidak mendapat dukungan dari ISP (Internet Service Provider) menjadi penyebab buffering berikutnya. Ada kemungkinan jaringan internet yang disediakan oleh ISP mengalami kendala dalam platform streaming tertentu. Oleh sebab itu, kecepatan internet mungkin akan berkurang sehingga menyebabkan proses akses video dan audio menjadi terhambat.

Maka, silakan pastikan penyedia layanan internet tidak mengalami kendala dengan platform streaming kesukaan kalian dengan melakukan perbandingan antara platform yang satu dengan platform lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Buffering?

Poin selanjutnya adalah kalian harus tahu bagaimana mengatasi penyebabnya agar tidak terjadi. Berikut ini beberapa cara mengatasi buffering:

Memilih kualitas video

Saat video kalian buffering tapi ingin tetap melanjutkan nonton, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memilih atau menurunkan kualitas video lebih kecil dari yang sebelumnya.

Sebab, saat internet lambat tapi kalian tetap memaksa nonton dengan kualitas tinggi, ya pasti akan terjadi buffering. Semakin kecil kualitas yang dipilih maka semakin kecil pula ukuran file video tersebut. Nah, jika koneksi sedang lambat, ukuran file yang kecil bisa lebih cepat diputar oleh aplikasi. 

Hanya saja, resikonya adalah kalian harus menonton streaming dengan kualitas gambar yang kurang bagus atau tidak jernih.

Hentikan video atau audio untuk beberapa saat

Cara kedua adalah pause video untuk beberapa saat. Saat melakukan ini maka jaringan internet akan memuat buffer tersebut untuk beberapa detik atau menit ke depan. 

Untuk melihat sudah sejauh mana buffer dimuat, silakan lihat pada garis pemutar video setelah titik pause tersebut. Jika garis putih samar-samar tersebut sudah cukup panjang setidaknya beberapa menit ke depan, kalian bisa melanjutkan menonton.

Hentikan aktivitas internet lainnya

Jika ingin streaming lancar tanpa buffering, pastikan hentikan aktivitas internet lainnya, ya. Jangan lupa juga untuk membersihkan history di handphone agar tidak berjalan di belakang layar.

Menggunakan koneksi internet yang cepat

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan koneksi internet yang cepat. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin bagus koneksinya maka kemungkinan terjadinya buffering akan semakin kecil juga. Silakan gunakan dulu WiFi atau data seluler pribadi asalkan koneksinya bagus.

Kurangi penggunaan plugin pada browser

Nah, cara terakhir nih dalam mengatasi buffering yakni tidak menggunakan plugin terlalu banyak pada browser. Seringkali aplikasi browser yang berat disebabkan oleh plugin yang terlalu banyak dan hal tersebut dapat memicu terjadinya buffering.

Sebaiknya kurangi penggunaan plugin dan pilih yang paling dibutuhkan saja. Sisanya bisa kalian disable atau copot extension–nya.

Kesimpulan 

Gimana, sudah paham kan tentang pengertian buffering dan penjelasan lainnya mengenai penyebab buffering hingga cara mengatasi buffering. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Luncurkan website berbasis WordPress kalian dengan Jetorbit yuk, dengan fitur yang membuat web jadi cepat serta gratis Theme Premium! Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website Berita, Portal, Toko Online, dan Blogging berbasis WordPress.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment