pengertian aged domain

Aged domain belakangan makin populer di kalangan praktisi SEO karena dapat menjadi salah satu kunci rahasia agar SEO website kalian cepat terindeks oleh mesin pencari. Membeli domain yang telah berumur adalah jalan pintas untuk membangun reputasi website di mata mesin pencari dan pembaca, lho. Penasaran, kah? Okay, simak penjelasannya yuk Pengertian Aged Domain dan Keuntungannya

Pengertian Aged Domain

Domain age atau aged domain adalah istilah yang sama untuk menyebut sebuah domain website telah berumur.

Usia domain ini dapat mempengaruhi ranking atau pemeringkatan sebuah website pada mesin pencari seperti Google.

Google akan lebih merekomendasikan kepada pembaca yakni domain-domain  yang lebih berpengalaman atau tepercaya dan hal itu salah satunya dilihat dari usia domain.

Domain yang telah berumur lebih memiliki kredibilitas di mata pembaca daripada domain baru sehingga mesin pencari akan lebih memilihnya ketika pembaca mencari suatu keyword atau konten tertentu. Aged domain umumnya telah digunakan untuk website lain tetapi telah dihentikan.

Beberapa alasan utama domain tertentu berhenti karena:

  • Pemilik aslinya mungkin lupa memperbarui nama domain.
  • Pemilik domain memiliki beberapa masalah dengan metode pembayarannya.
  • Pemilik kehilangan minat pada domain tersebut.
  • Bisnisnya bangkrut.

Keuntungan Membeli Aged Domain

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan membeli aged domain:

  1. Aged domain menjadi aset digital

Kehadiran bisnis online tentu membutuhkan sumber daya untuk mendapatkan daya tarik calon pembeli.

Salah satu sumber daya untuk meningkatkan bisnis online ini adalah dengan membeli aged domain, yang dapat membuat otoritas mesin pencari menghasilkan kunjungan lebih banyak dari calon pelanggan.

Meskipun aged domain memang lebih mahal daripada domain baru tapi bisa mengurangi biaya jangka panjang secara keseluruhan.

Kenapa sih aged domain lebih mahal? Alasannya karena historis domain tersebut yang membuat aged domain menjadi bernilai sangat tinggi.

Dalam menentukan ranking suatu website biasanya ada beberapa strategi SEO seperti metrik dan poin penilaian algoritma mesin pencarian yang dianggap penting.

Salah satu faktor agar website bisa menempati posisi teratas di halaman pencarian adalah aged domain. Biasanya aged domain sudah memiliki backlink berkualitas yang mengarah ke domain tersebut.

  1. Mesin pencarian lebih mempertimbangkan aged domain

Bagi pemilik bisnis online tertentu yang ingin bertahan untuk beradaptasi pasti akan melakukan investasi dalam membangun konten dan menggunakan alat yang semakin kompleks.

Namun, mencapai peringkat tinggi dengan domain baru di Google tidak semudah memposting konten yang menjawab pertanyaan dan memenuhi kueri, ya. Mesin pencari membutuhkan otoritas kuat untuk memberikan konten terbaik yang melibatkan pengguna.

Tak hanya itu, domain juga perlu membangun reputasi dari waktu ke waktu untuk bisa membantu pengunjung mencari informasi terbaru dan akurat. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa butuh waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkan situs ke tingkat yang kompetitif.

Namun, berbeda dengan aged domain yang dapat memberikan kredibilitas di setiap situs web. Keunggulan kompetitif ini menciptakan lawan tangguh yang sulit untuk dilawan.

Pendiri bisnis online yang menerapkan aged domain dalam strategi pemasaran mereka dapat melampaui persaingan dan meningkatkan konversi.

  1. Berinvestasi dengan aged domain

Aged domain adalah aset yang tidak terlalu mainstream dan dapat dimanfaatkan oleh para pemula untuk maju dan meningkatkan visibilitas mereka pada mesin pencarian Google.

Mungkin satu-satunya kelemahan dari strategi aged domain ini adalah pemilik bisnis harus memilih nama merek berdasarkan domain yang tersedia.

  1. Peringkat halaman lebih baik menggunakan daftar direktori

Mengirimkan website di direktori online adalah langkah pertama yang harus diperhatikan oleh mesin pencari.

Direktori Publik dan Yahoo! Direktori adalah beberapa tautan terbaik untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencarian tapi proses ini tidak mudah. Inilah sebabnya disarankan untuk tidak mendaftarkan situs web langsung ke mesin pencari karena kemungkinan besar kalian akan diblokir dianggap spamming.

Keuntungan membeli aged domain lainnya adalah pemilik biasanya telah mendaftarkan halaman ke banyak direktori. Artinya, akan jauh lebih mudah dan sederhana untuk memperbarui informasi dengan direktori yang sudah ada sebelumnya.

  1. Memberikan trafik website yang baik

Manfaat utama lain yang harus dipertimbangkan adalah aged domain dapat membantu meningkatkan trafik lebih cepat daripada domain baru. Alasannya adalah aged domain sudah memiliki sumber trafik penting yang akan meningkatkan penjualan industri bisnis milik kalian.

Jadi, kalian hanya perlu memastikan untuk membeli nama domain yang terkait dengan bisnis dan selalu memeriksa apakah backlink terkait dengan spam.

  1. Dapat membantu memiliki otoritas website

Otoritas website dianggap sebagai tujuan akhir di antara pemilik website. Artinya, kalian dapat mencapai konten berkualitas tinggi yang biasanya ditautkan ke halaman lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan nama domain baru karena usia suatu domain sangat membantu membangun otoritas website.

  1. Pengaruh besar nama domain yang lebih pendek

Nama merek yang lebih pendek diharapkan lebih sukses daripada yang panjang. Sebab, faktanya nama domain yang lebih pendek ternyata menarik dan mudah diingat.

Disarankan untuk memiliki nama domain yang hanya berisi enam sampai sepuluh karakter atau bahkan lebih sedikit. Namun, kebanyakan dari mereka sudah diambil sejak lama dan mendaftar untuk yang nama baru hampir tidak mungkin.

Oleh karena itu, membeli aged domain mungkin merupakan ide bagus jika kalian pemilik bisnis dan mencari nama domain pendek.

  1. Pilihan terbaik untuk bisnis kecil

Beberapa orang percaya bahwa bisnis kecil masing-masing membutuhkan domain yang berbeda tapi pada kenyataannya, hal ini tidak perlu.

Sebuah niche market atau ceruk pasar dapat menjadi besar, asal menargetkan kelompok tertentu yang dapat menjadi strategi kunci untuk berhasil dalam setiap kampanye pemasaran.

Selain itu, membeli aged domain juga akan menjadi alat yang berguna untuk menargetkan sub-niche serta meningkatkan portofolio backlink yang ada.

Kekurangan Aged Domain

Meski powerful, aged domain juga tidak terlepas dari kekurangan. Beberapa kekurangan aged domain antara lain:

  1. Harga aged domain mahal

Aged domain kan langka, domain authority juga tinggi, serta tingkat popularitasnya juga bagus maka tidak mengherankan jika harga domain yang sudah berumur ini akan mahal.

Beberapa domain lama yang berkualitas, biasanya bisa didapatkan dari sistem pelelangan. Alias kalian harus berebutan dengan orang lain.

Namun, lebih banyak juga yang kalian bisa beli langsung lewat ecommerce tapi tentu harganya juga lebih mahal.

  1. Nama domain terkadang tidak sesuai keinginan

Kekurangan aged domain selanjutnya adalah terkait nama domain-nya. Bisa dibilang, memilih domain lama itu susah-susah gampang.

Penyebabnya adalah kalian harus mempertimbangkan beberapa hal. Seperti kecocokan nama domain dengan niche kalian, kemudahan pelafalan domain, apakah nama domain tersebut mudah diingat, baik atau tidak reputasinya, dan sebagainya.

Cara Mengetahui Aged Domain Mana yang Harus Dibeli

Domain dengan kualitas kurang baik tampaknya dapat kalian temukan di mana-mana dan sayangnya hingga saat ini masih ada orang yang membelinya.

Agar bisa mengetahui aged domain seperti apa yang seharusnya dibeli, simak dulu beberapa tips berikut ini:

  1. Semakin tua usia domain tentu akan semakin baik

Usia domain adalah salah satu faktor kunci untuk mengetahui apakah situs web kalian layak mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian atau tidak.

Aged domain dikenal karena otoritas yang telah dibuatnya selama bertahun-tahun. Dengan kata lain, mereka lebih dapat dipercaya dan diterima oleh mesin pencari. Detail data yang tertera pada WHOIS adalah alat penting untuk memahami usia domain.

Google memprioritaskan aged domain yang cenderung memastikan agar website milik kalian berada di peringkat teratas.

Tentu saja bagi siapapun pasti akan menghindari domain yang akan kedaluwarsa setelah satu tahun.

Oleh karena itu, setelah kalian berusaha menemukan daftar nama domain menarik, sebaiknya pilih yang berusia minimal 2 tahun.

  1. Google PageRank (PR)

Google Page Rank adalah algoritma yang mengukur situs web dari 0 hingga 10 dalam hasil mesin pencarian. Artinya, metrik SEO utama ini didasarkan pada backlink yang berkualitas.

Memang benar bahwa berada di peringkat teratas ini berarti situs web sangat penting.

Namun, hal itu sudah tidak lagi berlaku karena PageRank telah dihapus oleh Google sejak 2016 sehingga bukan lagi alat penting untuk SEO.

Alasan untuk ini adalah spam tautan dan sistem buatan yang mencoba membeli PR tinggi untuk meningkatkan situs web mereka. Namun, tetap disarankan untuk memeriksa apakah nama domain memiliki peringkat halaman.

  1. Trafik yang baik

Kalian pasti menyadari satu hal bahwa situs yang hanya mendapat beberapa pengunjung perbulan tidak akan banyak membantu bisnis milik kalian.

Poin ini mungkin bisa menjadi tips tambahan tapi sangat disarankan untuk memeriksa trafik bulanan agar mendapatkan lebih banyak referensi berkualitas.

Memiliki banyak pengunjung berarti lebih banyak pertanyaan untuk posting dan menawarkan berbagai macam produk atau jasa penjualan.

Selain itu, kalian juga harus memeriksa larangan Google sebelum memutuskan untuk membeli aged domain tertentu.

Cara Mencari Aged Domain Berkualitas

Sebelum membeli aged domain, kalian harus mengetahui cara mencari aged domain berkualitas.

Domain lama yang berkualitas dinilai dari beberapa metrics, di antaranya seperti DA (Domain Authority), PA (Page Authority), Indeks Google, umur domain, backlink, trust flow, dan Citation Flow (TF/CF), dan sebagainya.

Bagaimana cara mengetahui metrics tersebut? Kalian bisa memanfaatkan beberapa tools, seperti:

  • Moz.com – untuk mengecek DA, PA, dan backlink
  • Duplichecker.com – untuk mengetahui usia domain
  • Archive.org – untuk memeriksa riwayat domain
  • Lookup.icann.org – memeriksa usia domain dan registrar
  • Who.is – untuk mengetahui kapan domain di-register, waktu expired, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin domain lama berkualitas, pastikan age domain tersebut memiliki skor DA dan PA yang tinggi, memiliki banyak backlink dari website berkualitas, usia domain yang lebih dari dua tahun, dan sebagainya.

Cara Membeli Aged Domain

Anyway, sekarang untuk membeli domain lama sangat mudah, lho. Ada banyak sekali penyedia yang menawarkan aged domain.

Ada beberapa penyedia jasa domain lama yang bisa dikunjungi. Di antaranya seperti domcop.com, expireddomain.net, moonsy.com, registercompass.com, domainhq.co.id, dan sebagainya.

Okay, jadi penjelasan mengenai aged domain di atas sangat penting bagi kalian yang sedang mencari domain yang telah berumur untuk mempercepat peningkatan reputasi pada website kalian. Dalam membangun bisnis online, memiliki domain sendiri sangatlah penting, ya.

 

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan produk VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment