20+ Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2022 agar Untung Maksimal

20+ Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2022 agar Untung Maksimal

Sharing is caring!

Pernyataan bulan puasa sebagai bulan yang penuh berkah bukanlah kata-kata semata. Selain nikmatnya ibadah yang terus bertambah, pahala yang dihasilkan terus berlipat ganda, rezeki yang didapatkan pun bisa terus mengalir. Banyak peluang bisnis di bulan puasa yang bisa kalian coba, lho. Okay, ketahui apa saja ide jualan bulan puasa yang laris yuk di 20+ Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2022 agar Untung Maksimal

Peluang Bisnis atau Ide Jualan pada Bulan Puasa

Jika kalian tertarik untuk mencoba, berikut ini beberapa rekomendasi peluang bisnis bulan puasa yang akan sangat menguntungkan:

1. Katering Makanan

Saat bulan puasa, biasanya banyak orang yang tidak sempat untuk mempersiapkan menu untuk berbuka kaupun sahur.

Nah, dengan mengambil peluang ini, cobalah untuk membuka katering makanan sebagai usaha di bulan Ramadhan tahun ini.

Kalian bisa menawarkannya kepada ibu rumah tangga yang bekerja dan anak kosan karena seringkali mereka tidak memiliki waktu banyak waktu dengan kesibukannya.

Sebelumnya, silakan kalian melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai. Buatlah pilihan paket katering mingguan atau bulanan yang bisa dipilih sesuai preferensi pelanggan.

2. Takjil Berbuka Puasa

Selanjutnya usaha di bulan Ramadhan yang akan sangat laris manis adalah takjil. Cobalah untuk mengambil peluang ini dengan membuka usaha di depan rumah lalu menawarkannya kepada tetangga sekitar.

Namun, kalau kalian ingin lebih serius, bisa memulai untuk berburu lapak dari sekarang dan pastikan memilik lokasi yang strategis.

Biasanya setelahnya harus menjalankan ibadah solat magrib dan tarawih, tak jarang banyak orang yang tidak makan makanan berat saat berbuka, melainkan makanan ringan, seperti aneka gorengan, es buah, es doger, cilok, dan sebagainya.

3. Kue Kering

Selanjutnya ada kue kering seperti nastar, kastengel, atau putri salju sebagai usaha di bulan Ramadhan ini.

Mungkin memang selama masih puasa, belum begitu banyak orang yang memesan kue kering. Namun, mendekati hari lebaran nanti tiba, pasti permintannya akan sangat melonjak.

Usaha ini sangat cocok bagi kalian yang ahli dalam membuat kue kering.

4. Parcel

Tak ada salahnya kalian juga membuat jasa pembuatan parcel yang akan sangat menguntungkan menjelang lebaran nanti.

Kalian bisa menawarkan beberapa jenis parcel dengan isian berbeda, misalnya berupa kue kering bikinan kalian, aneka macam makanan ringan dan biskuit yang ada di pasaran, atau sembako (sembilan bahan pokok).

5. Ketupat

Memang di bulan puasa orang belum banyak yang memesan ketupat tapi saat menjelang lebaran pasti permintaan akan meningkat.

Berbicara tentang berjualan ketupat sebagai usaha di bulan Ramadhan, kalian mempunyai pilihan, yaitu menjual ketupat secara matang atau hanya anyamannya saja.

Selain itu, untuk menambah keuntungan, kalian bisa juga menawarkan sayur ketupatnya sekaligus.

6. Custom Toples dan Tempat Makan

Meski terdengar sederhana tapi tak jarang lho orang yang membeli toples atau tempat makan baru supaya meja tamu mereka terlihat lebih bagus. Saat hari raya, biasanya keluarga akan berkumpul dan melakukan makan bersama.

Tak hanya itu, bahkan mereka juga mengadakan open house untuk orang-orang di sekitar rumahnya.

Nah, makanya mendekor meja tamu atau meja makan biasanya dilakukan supaya terlihat lebih indah.

Cobalah membuat usaha pembuatan toples dan tempat makan dengan sistem customize, yang mana desainnya bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan sehingga ia bisa menyesuaikannya dengan tema lebarannya.

7. Es Buah

Minuman juga bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan tahun ini. Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, banyak orang yang menginginkan minuman menyegarkan.

Banyak aneka minuman yang bisa menjadi pilihan dari menu jualan kalian, seperti es buah blewah, timun suri, hingga es teler.

Selain itu, kalian juga bisa mengadakan sebuah promosi yang mana pembeli yang membawa wadah sendiri akan mendapatkan diskon.

Selain menarik konsumen, hal ini juga bisa membantu mengurangi penggunakan plastik sekali pakai dan berdampak baik pada lingkungan.

8. Buah-Buahan

Jika ingin menjual buah-buahan sebagai usaha di bulan Ramadhan, hal pertama dan terpenting adalah harus mencari supplier yang berkualitas, bisa dalam bentuk distributor, penyalur ataupun agen.

Kalian juga harus memiliki kemampuan untuk mengetahui buah yang bagus dan segar. Setelah memiliki buah dengan kualitas baik untuk dijual, pastikan untuk menatanya dengan rapi supaya menarik pelanggan.

9. Kurma

Bagi umat Muslim, berbuka puasa dengan buah kurma adalah sebuah sunah.

Maka dari itu, permintaan buah ini sangat melonjak di pasaran saat bulan puasa tiba.

Nah, jika ingin menjadikan kurma sebagai usaha di bulan Ramadhan ini, kalian harus mencari supplier yang menawarkan kualitas baik dan harga kompetitif. 

Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa dan izin usaha. Selain itu, dalam proses pengemasannya kalian harus memastikan menggunakan wadah food grade yang aman untuk makanan.

10. Baju Muslim

Membeli baju Muslim seakan sudah menjadi tradisi di hari raya makanya tak jarang saat bulan puasa penjualan pakaian ini sangat meningkat.

Mulailah dengan mencari trend pakaian yang ada, setelah itu kalian bisa membuat “family package” karena biasanya banyak juga keluarga memakai seragam saat Lebaran.

Kalian bisa mendaftar sebagai reseller bila tidak memiliki banyak waktu dan belum berani untuk menjahit baju sendiri.

11. Perlengkapan Shalat

Tidak hanya baju Muslim saja yang laku di pasaran saat bulan puasa tetapi perlengkapan shalat juga. Maka dari itu, yang satu ini juga bisa dijadikan usaha di bulan Ramadhan.

Kalian bisa menjual sajadah, mukena, peci hingga tasbih.

Sama halnya dengan baju Muslim, kamu juga dapat membuat “family package” seperti mukena satu tema untuk ibu dan anak perempuan, atau peci satu tema untuk ayah dan anak laki-laki.

Jangan lupa untuk bekerjasama juga dengan para pebisnis usaha konveksi, ya.

12. Produk Kecantikan

Usaha produk kecantikan yang satu ini biasanya sangat laku di kalangan perempuan.

Tak hanya ingin tampil cantik dalam berbusana, wanita juga ingin berpenampilan lebih maksimal dengan makeup atau skincare.

Silakan coba pertimbangan untuk menjadi reseller makeup atau skincare yang umum, seperti lipstik dan eyeshadow untuk makeup atau sheetmask atau serum untuk skincare.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM, kehalalannya karena di Indonesia dominan beragama Islam, dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

13. Rental Mobil

Punya mobil tidak terpakai saat lebaran nanti? Kalau begitu direntalkan saja. Hal ini juga dapat menjadi usaha di bulan Ramadhan yang menjanjikan.

Saat Lebaran nanti, tentu akan ada banyak masyarakat yang melakukan tradisi pulang kampung bersama keluarga. Namun, karena biasanya tiket transportasi umum seperti kereta, bis atau pesawat cepat habis dan biasanya harganya naik maka membawa kendaraan pribadi tak jarang jadi alternatif.

Terlebih sekarang ini juga sedang pandemi, akan bahaya jika menggunakan transportasi umum.

Nah, bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, menyewa mobil pada rental menjadi pilihan.

14. Pencucian Kendaraan

Tidak hanya rental mobil saja yang memiliki potensi besar di bulan puasa tetapi jasa pencucian kendaraan juga, lho.

Bagi mereka yang memiliki kendaraan entah mobil atau motor, tak jarang mencuci mobilnya menjelang hari raya.

Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menjalankan mudik dan meninggalkan kendaraannya di rumah. Jadi, saat ditinggalkan kendaraan dalam keadaan bersih.

15. Penitipan Kendaraan

Satu lagi usaha di bulan Ramadhan yang berhubungan dengan kendaraan, yaitu jasa penitipan mobil.

Nah, usaha ini cocok banget buat kalian yang memiliki lapak besar tidak terpakai.

Biasanya banyak orang yang khawatir untuk meninggalkan kendaraan pribadi di rumah kosong saat mudik lebaran. Makanya usaha ini selain memberikan keuntungan juga membantu sesama, lho.

Tak hanya di bulan Ramadhan, di hari biasa tempat penitipan kendaraan juga banyak diperlukan, lho. Apalagi dengan minimnya lahan parkir publik yang ada saat ini.

16. Penitipan Hewan

Penitipan hewan juga marak dicari oleh orang-orang di bulan Ramadhan apalagi menjelang lebaran.

Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan namun kesulitan untuk membawanya saat mudik maka mereka memutuskan untuk menitipkannya.

Nah, bagi kalian pecinta hewan, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk membuka jasa penitipan hewan.

17. Penyaluran Asisten Rumah Tangga

Tradisi mudik biasanya berefek pada Asisten Rumah Tangga yang juga pulang ke kampung halamannya.

Kalian yang biasanya dibantu oleh ART di rumah, tentu saja akan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.

Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mencari infal atau Asisten Rumah Tangga sementara untuk membantu selama bulan Ramadhan.

18. Usaha Laundry

Berhubungan dengan banyaknya para asisten rumah tangga yang mudik, tentu saja yang biasanya mendapatkan bantuan untuk mengurusi urusan rumah akan merasa kesulitan.

Tak jarang banyak orang menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju mereka.

Melakukan usaha laundry termasuk usaha dengan modal kecil dan siapapun bisa melakukannya.

19. Jasa Penukaran Uang

Saat bulan Ramadhan terlebih menjelah Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali orang yang ingin menukarkan uang sebagai THR.

Jika ingin memulainya, akan lebih mudah kalau kalian bekerja sama dengan bank sehingga akan lebih mudah mendapatkan akses penukaran uang pecahan.

20. Jasa Custom Amplop

Uang THR akan kurang lengkap rasanya tanpa dimasukan ke dalam amplop. Amplop berisikan THR akan sangat berguna jika kalian ingin memberikan THR kepada sanak saudara yang masih kecil.

Supaya lebih berkesan, selain menjual amplop biasa, kalian bisa menawarkan amplop custom yang bisa disesuaikan dengan nama penerima THR.

Tak hanya itu, kalian juga bisa membuat amplop yang memungkinkan pemberi THR, menuliskan pesan personalnya pada amplop tersebut. Tentu saja hal ini bisa jauh lebih menarik dan berkesan, lho.

21. Perabotan Rumah

Menurut Tokopedia, sebagai salah satu e-commerce populer di Indonesia, transaksi terhadap perabotan rumah meningkat 4x selama bulan Ramadhan di tahun lalu.

Kemungkinan besar karena banyaknya umat Muslim yang lebih banyak di rumah selama bulan Ramadhan dikarenakan situasi masih pandemi.

Melakukan make over kecil-kecilan, menjadi pilihan supaya suasana rumah berbeda sehingga lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Melihat tren tersebut karena tahun ini juga masih dalam situasi pandemi, tak ada salahnya untuk menawarkan beragam perabotan rumah.

22. Masker Mulut

Masih dalam kondisi pandemi, ternyata tahun lalu masker mulut masih menjadi produk yang banyak dicari orang selama bulan Ramadhan, lho.

Berkaca dari tren tersebut, kenapa tidak menjadikan produk masker mulut sebagai peluang usaha di bulan Ramadhan tahun ini?

Supaya lebih unik nih, kalian bisa membuat masker mulut yang dipasangkan dengan baju muslim untuk Hari Raya Lebaran.

23. Produk Kesehatan

Tahukah kalian jika produk kesehatan juga mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadhan?

Tak heran karena menjaga tubuh tetap fit sangat penting saat menjalankan ibadah puasa, terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang.

Kalian bisa menawarkan beragam produk kesehatan, seperti suplemen makanan, vitamin hingga minuman herbal seperti jamu.

Pastikan semua barang yang kamu jual sudah memiliki izin BPOM dan Halal MUI, ya.

Okay jadi itulah peluang-peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa coba kalian coba. Pilihlah usaha yang sekiranya bisa kalian lakukan dan memiliki modal awal tidak terlalu besar. Nah, bila sudah menentukan, segeralah melakukannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, di bulan Ramadhan ini, dapatkan juga penghasilan melalui program Afiliasi Jetorbit. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan jasa VPS yang bisa kalian beli.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
20+ Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2022 agar Untung Maksimal
Artikel
20+ Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2022 agar Untung Maksimal
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Okay, ketahui apa saja yuk ide jualan bulan puasa yang laris di 20+ Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2022 agar Untung Maksimal di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like