membuat-website-mudah-gratis

Panduan Lengkap Cara Membuat Website atau Blog dengan Mudah dan Gratis Hanya Dalam 15 Menit

Sharing is caring!

Anda ingin memulai website atau blog? Tapi bingung cara memulainya? Ada begitu banyak cara yang disampaikan dan menyuruh Anda melakukan hal yang berbeda. Lalu, siapa yang akan Anda ikuti dan di mana titik awalnya? Kalau begitu, baca dengan cermat yuk Panduan Lengkap Cara Membuat Website atau Blog dengan Mudah dan Gratis Hanya Dalam 15 Menit

Mengapa Anda harus Membuat Blog dan Bergabung dengan Komunitas Blogging

Kami ingin menyampaikan tentang mengapa Anda harus membangun blog. Apabila Anda sudah memiliki gagasan yang kuat tentang mengapa, Anda bisa melewati ini dan melanjutkan ke panduan.

  1. Blogging menjadi salah satu cara paling populer untuk mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi serta berita dengan cepat.
  2. Merupakan cara bagus untuk mengekspresikan diri Anda dan cara yang luar biasa untuk berbagi informasi dengan orang lain.
  3. Anda bisa menjadi orang yang lebih baik atau menjadi penulis yang lebih baik.
  4. Alasan terbaiknya? Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya!

Panduan Membuat Website atau Blog

Tidak sesulit menyiapkan situs dari awal, hanya ada sedikit kemampuan teknis yang dibutuhkan di sini karena Anda tidak perlu membuat kode apapun.

Ada lima langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk memulai blog:

  1. Pilih platform blog yang bagus.
  2. Pilih web host untuk blog Anda.
  3. Cara membuat blog di domain Anda sendiri.
  4. Desainlah blog baru Anda.
  5. Sumber daya yang berguna untuk blogging.

Langkah 1 – Pilih Platform Blog yang Anda Suka

Memilih di saat Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Di sini kami menganggap Anda pernah mendengar tentang WordPress. Sejauh ini, WordPress adalah salah satu platform blog terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya, dan cara yang hampir tak terbatas untuk merancang serta menata blog Anda.

membuat-website-mudah-gratis-1

Ada alternatif lain selain platform WordPress:

  1. Blogger – Hal terbaik berikutnya untuk WordPress.
  2. Tumblr – Setengah berupa social network, setengah berupa blog. Menarik dan sangat mudah digunakan.

Meskipun WordPress lebih besar dan kemungkinan lebih baik dibanding keduanya, berikut adalah alasan kami terkait mengapa Anda lebih baik tetap menggunakan WordPress:

  1. Pengaturan yang super mudah dan gratis untuk digunakan.
  2. Tersedia banyak layout dan tema gratis.
  3. Ada support forum yang sangat besar jika Anda mengalami masalah.
  4. Blog Anda akan menjadi sangat cepat dan juga akan terlihat fungsional.
  5. Orang dapat berinteraksi ke Anda dengan mudah. Konten Anda dapat dibagikan, dikomentari, dan sebagainya.

Langkah 2 – Self-hosting atau Alternatif yang Gratis?

Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum melangkah lebih jauh. Anda perlu memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau mendapatkan yang gratis. WordPress, Tumblr, dan Blogger, semuanya menawarkan blog gratis untuk siapa saja. Meskipun begitu, tetap memiliki kelemahan, yakni:

  • Anda tidak akan bisa mendapatkan nama domain sendiri.

Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL Anda) bisa jadi terkesan tidak bagus. Singkatnya, untuk blog gratis dengan semua layanan blog gratis di atas, akan terlihat seperti ini:

  • bloganda.wordpress.com
  • bloganda.blogspot.com
  • bloganda.tumblr.com

  • Batasan lainnya.

Ada beberapa batasan untuk blog gratisan. Anda tidak dapat sepenuhnya memonetisasi dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk upload semua video serta gambar yang ingin Anda tunjukkan kepada semua orang. Itu semua terbatas.

  • Anda seperti tidak memiliki blog Anda.

Mungkin terdengar aneh pada awalnya tetapi Anda sebenarnya bukan pemilik blog Anda. hal tersebut dikarenakan hosting di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya jika mereka mau. Hal ini berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, termasuk semua jam menulis posting blog yang tak terhitung jumlahnya, mungkin lenyap dalam hitungan detik.

Di sisi lain, dengan self-hosted dengan nama domain Anda sendiri, Anda adalah pemilik nyata dari blog Anda. Anda dapat memberi nama blog Anda apapun sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.uk, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya. 

Langkah 3 – Mulai Blog di Domain Anda Sendiri (Jika Anda Memilih Hosting Sendiri dan Domain Kustom)

Jika Anda masih sedikit bingung dengan apa itu blog yang dihosting sendiri (self-hosted blog), kami akan menjelaskan dan bagaimana Anda dapat menyiapkannya untuk Anda sendiri.

Anda harus membuat nama domain sesuai dengan yang Anda suka dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat menghosting blog Anda.

  • Domain: Domain pada dasarnya adalah URL situs Anda, contoh google.com (Google.com adalah domainnya), Facebook.com (Facebook.com adalah domainnya).
  • Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang memasang situs Anda di internet sehingga semua orang dapat melihatnya. Semua data digital akan disimpan di sana. 

Langkah 4 – Mendesain Blog WordPress Anda

Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance => Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat mengunjungi situs tema premium lalu membeli tema dengan harga tertentu, seperti ThemeForest.net

WordPress juga memiliki fitur luar biasa yang memungkinkan Anda mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi jika Anda mulai bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat beralih ke yang lain tanpa kehilangan konten atau gambar yang berharga.

membuat-website-mudah-gratis-2

Ingat, desain blog Anda harus mencerminkan Anda dan kepribadian Anda serta terkait “tentang apa” dari blog Anda. Selain itu, harus mudah dinavigasi jika Anda ingin pengunjung betah di blog Anda. Jika tricky dan sulit untuk berpindah-pindah di sekitarnya, pengunjung tidak akan lama berada di blog Anda. Bagaimanapun, desain adalah seni subjektif; artinya setiap orang menyukai hal yang berbeda.

Langkah 5 – Sumber Daya yang Berguna untuk Blogger Pemula

Blogger datang ke arena blog dengan berbagai tingkat pengalaman media online dan sosial tetapi kita semua telah membuat lebih dari beberapa kesalahan pemula. Selalu ada ruang untuk lebih banyak pembelajaran dan peningkatan, baik Anda seorang pemula atau Anda sudah menjalankan blogging selama bertahun-tahun.

Selamat menikmati blog baru Anda!

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Panduan Lengkap Cara Membuat Website atau Blog dengan Mudah dan Gratis Hanya Dalam 15 Menit
Artikel
Panduan Lengkap Cara Membuat Website atau Blog dengan Mudah dan Gratis Hanya Dalam 15 Menit
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda ingin memulai website atau blog? Baca yuk Panduan Lengkap Cara Membuat Website atau Blog dengan Mudah dan Gratis Hanya Dalam 15 Menit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo