Momen Utama dalam Sejarah Microsoft Windows

Sharing is caring!

Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 akan menjadi versi final dari Windows. Pembaruan di masa depan tetap akan datang tetapi mereka masih akan membawa label Windows 10. Hal tersebut berarti dapat secara sah disebut versi Windows terakhir. Yuk baca sampai selesai terkait Momen Utama dalam Sejarah Microsoft Windows

Dari rilis awal pada tahun 1985 hingga pengembangan aktif yang berkelanjutan pada tahun 2018 dan seterusnya, Windows telah menjadi pemain utama dalam ekosistem PC korporat dan konsumen.

Windows 1.0

Dirilis: 20 November 1985

Replaced: MS-DOS (kependekan dari Microsoft Disk Operating System) meskipun sampai Windows 95, Windows benar-benar berjalan di atas MS-DOS alih-alih sepenuhnya menggantikannya.

Innovative/Notable: Ini adalah versi pertama dari OS Microsoft yang Anda tidak perlu mengetikkan perintah untuk digunakan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengarahkan dan mengklik box — a window — with a mouse. Bill Gates, yang saat itu adalah CEO muda, mengatakan tentang Windows: “Ini adalah perangkat lunak unik yang dirancang untuk pengguna PC yang serius.” Butuh waktu dua tahun dari pengumuman hingga akhirnya dikirimkan.

Obscure Fact: Apa yang kita sebut ‘Windows’ hari ini hampir disebut Interface Manager. Interface Manager adalah nama kode produk dan merupakan finalis untuk nama resmi

Windows 2.0

Dirilis: 9 Desember 1987

Replaced: Windows 1.0 tidak diterima dengan hangat oleh para kritikus yang merasa itu lambat dan terlalu berfokus pada mouse (mouse itu relatif baru untuk komputasi pada saat itu).

Innovative/Notable: Grafik jauh lebih baik, termasuk kemampuan untuk overlap windows. Ikon desktop juga diperkenalkan, seperti juga  keyboard shortcuts.

Obscure Fact: Sejumlah aplikasi melakukan debut di Windows 2.0, termasuk Control Panel, Paint, Notepad, dan dua pilar Office: Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Windows 3.0 / 3.1

Dirilis: 22 Mei 1990. Windows 3.1: 1 Maret 1992

Replaced: Itu lebih populer daripada Windows 1.0. Overlapping Windows-nya membawa gugatan dari Apple yang mengklaim bahwa gaya baru itu melanggar hak cipta dari inetrface pengguna grafisnya.

Innovative/Notable: Windows 3.0 / 3.1 berjalan lebih cepat dari sebelumnya dengan chip Intel 386 baru. GUI membaik dengan lebih banyak warna dan ikon yang lebih baik. Versi ini juga merupakan OS Microsoft pertama yang benar-benar laris, dengan lebih dari 10 juta kopi terjual. Ini juga termasuk kemampuan manajemen baru, seperti Print Manager, File Manager, dan Program Manager.

Obscure Fact: Windows 3.0 berharga $ 149; upgrade dari versi sebelumnya adalah $ 50.

Windows 95

Dirilis: 24 Agustus 1995.

Replaced: Windows 3.1 dan MS-DOS.

Innovative/Notable: Windows 95 adalah apa yang benar-benar memperkuat dominasi Microsoft dalam industri komputer. Yang paling penting dari semuanya, memperkenalkan tombol Start yang akhirnya menjadi sangat populer sehingga tidak adanya di Windows 8, sekitar 17 tahun kemudian, menyebabkan kegemparan besar di kalangan konsumen. Itu juga memiliki dukungan Internet dan kemampuan Plug and Play yang membuatnya lebih mudah untuk menginstal perangkat lunak dan perangkat keras.

Windows 95 menjual 7 juta kopi mengejutkan dalam lima minggu pertama penjualan.

Windows 98 / Windows ME (Edisi Milenium) / Windows 2000

Dirilis: Ini dirilis dalam kebingungan antara tahun 1998 dan 2000 dan disatukan karena tidak banyak yang membedakan mereka dari Windows 95. Mereka pada dasarnya adalah penampung di jajaran Microsoft. Meskipun populer, tidak mendekati pemecahan rekor keberhasilan Windows 95. Pada dasarnya menawarkan peningkatan bertahap karena mereka dibangun pada Windows 95.

Obscure Fact: Windows ME adalah bencana yang tidak ada bandingannya. Namun, Windows 2000 – meskipun tidak terlalu populer di kalangan konsumen rumahan – mencerminkan perubahan penting di balik layar dalam teknologi yang lebih menyelaraskannya dengan solusi server Microsoft. Sebagian teknologi Windows 2000 tetap digunakan secara aktif hampir 20 tahun kemudian.

Windows XP

Dirilis: 25 Oktober 2001

Replaced: Windows 2000

Innovative/Notable: Windows XP adalah superstar dari jajaran OS Microsoft. Terlepas dari usianya, ini masih merupakan OS paling populer kedua dari Microsoft, di belakang Windows 7. Itu adalah statistik yang sulit dipahami.

Obscure Fact: Menurut satu perkiraan, Windows XP telah terjual lebih dari satu miliar kopi selama bertahun-tahun.

Windows Vista

Dirilis: 30 Januari 2007

Replaced: Telah dicoba dan gagal secara spektakuler untuk menggantikan Windows XP

Innovative/Notable: Vista adalah anti-XP. Ketika dirilis, Vista membutuhkan perangkat keras yang lebih baik untuk dijalankan daripada XP dan relatif sedikit perangkat seperti printer dan monitor yang bekerja dengannya karena kurangnya driver perangkat keras yang tersedia saat peluncuran.

Obscure Fact: Vista adalah No. 2 dalam daftar Info Dunia atas semua masalah teknologi sepanjang masa.

Windows 7

Dirilis: 22 Oktober 2009

Replaced: Windows Vista dan tidak terlalu cepat

Innovative/Notable: Windows 7 adalah hit besar dengan publik dan memperoleh pangsa pasar yang memerintah hampir 60 %. Ini membaik dalam segala hal di Vista dan membantu masyarakat akhirnya melupakan versi OS Titanic. Stabil, aman, ramah grafis, dan mudah digunakan.

Obscure Fact: Hanya dalam delapan jam, pre-order Windows 7 melampaui total penjualan Vista setelah 17 minggu.

Windows 8

Dirilis: 26 Oktober 2012

Replaced: Lihat entri ‘Windows Vista’ dan ganti ‘Windows XP’ dengan ‘Windows 7’

Innovative/Notable: Microsoft tahu itu harus mendapatkan pijakan di dunia seluler, termasuk ponsel dan tablet tetapi tidak mau menyerah pada pengguna desktop dan laptop tradisional. Jadi ia mencoba untuk membuat OS hybrid yang akan bekerja dengan baik pada perangkat sentuh dan non-sentuh. Sebagian besar tidak berhasil. Pengguna melewatkan tombol Start mereka dan secara konsisten menyatakan kebingungan tentang penggunaan Windows 8.

Microsoft merilis pembaruan signifikan untuk Windows 8 kemudian dijuluki Windows 8.1, yang membahas banyak kekhawatiran konsumen tentang desktop tiles.

Obscure Fact: Microsoft menyebut interface pengguna Windows 8 ‘Metro’ tetapi harus membatalkannya setelah mengancam tuntutan hukum dari perusahaan Eropa. Selanjutnya disebut UI ‘Modern’ tetapi itu belum diterima dengan baik.

Windows 10

Dirilis: 28 Juli 2015.

Replaced: Windows 8, Windows 8.1, Windows 7, Windows XP

Innovative/Notable: Dua hal utama. Pertama, kembalinya Start Menu. Kedua, bahwa ini diduga versi Windows yang terakhir kali disebut. Pembaruan di masa mendatang akan mendorong sebagai paket pembaruan setengah tahunan alih-alih sebagai versi baru yang berbeda.

Obscure Fact: Meskipun Microsoft bersikeras bahwa melompati Windows 9 adalah untuk menekankan bahwa Windows 10 adalah ‘versi terakhir Windows,’ spekulasi merajalela, dan telah secara tidak langsung dikonfirmasi oleh para insinyur Microsoft bahwa banyak program lama malas memeriksa versi Windows dengan scanning untuk beberapa versi OS, seperti Windows 95 atau Windows 98.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Momen Utama dalam Sejarah Microsoft Windows
Artikel
Momen Utama dalam Sejarah Microsoft Windows
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 akan menjadi versi final dari Windows. Yuk baca sampai selesai terkait Momen Utama dalam Sejarah Microsoft Windows
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment