Microsoft Menonaktifkan “Show Desktop” demi Copilot

Apakah memang benar kabar tentang Microsoft menonaktifkan Show Desktop demi Copilot? Hmm, tak usah pakai lama, langsung simak sampai kelar yuk.

Tahukah kalian bahwa Microsoft telah menginvestasikan miliaran dolar dalam pengembangan AI? Sebut saja ada Bing Chat dan Copilot. Faktanya, mereka ingin semua orang menggunakan Copilot di Windows. 

Nah, dalam upaya terbarunya untuk mendorong lebih banyak orang menuju AI, Microsoft telah mematikan fitur “Show Desktop” untuk memberi ruang visual Copilot di Tray System.

FYI, perubahan ini akan didapatkan ketika melakukan pembaruan Februari 2024 Windows 11. Tepatnya setelah menginstal KB5034765 maka akan terlihat bahwa ikon Windows Copilot, di sebelah bilah pencarian, sekarang telah pindah ke sisi kanan Tray System. Bisa jadi karena Microsoft menemukan sisi kanan tadi sebagai tempat yang lebih menarik dan tepat untuk tombol Copilot.

Microsoft akan secara otomatis mematikan tombol “Show Desktop” di Tray System dan menempatkan tombol Windows Copilot di sana, terlepas dari apakah penggunanya menyukai ide tersebut, ya. Sampai saat ini ini, perubahan tersebut hanya diberikan bagi pengguna Windows 11 di Amerika Serikat, Inggris dan beberapa negara tetangga. Sedangkan bagi pengguna di wilayah Uni Eropa belum melaporkan perubahan serupa.

Namun, hal ini pun tidak memastikan bahwa perubahan tersebut tidak hadir di beberapa negara. Kemungkinan besar Microsoft masih akan terus memperluas dukungannya di banyak negara yang menggunakan Windows 11, termasuk Indonesia.

Microsoft menonaktifkan Show Desktop

Okay, seperti yang terlihat pada screenshot di atas, tombol “Show Desktop” di Windows sekarang telah dimatikan secara Default setelah pembaruan keamanan. Fitur tersebut telah menjadi bagian dari OS selama beberapa dekade sejak di Windows 7 dan memungkinkan kalian dengan cepat meminimalkan semua jendela terbuka dan menampilkan desktop.

Nah, jadi, saat kalian mengklik tombol ini maka menyembunyikan semua program, folder bahkan berkas yang sedang terbuka.

Tenang, kalem, Microsoft memang tidak menghilangkan fitur tersebut, kok. Hanya saja sekarang dimatikan secara Default setelah pembaruan. Artinya, jika ingin fitur tersebut tetap ada maka wajib melakukan Downgrade. Rempong yesss.

Eitss, santuy saja, tetap ada cara agar tetap mengakses Show Desktop di Build OS ini. Caranya mudah!

  1. Akses laman Settings.
  2. Buka Personalization dan pilih Taskbar. Nah, kalian akan melihat menu berikut dan centang pilihan sesuai dengan gambar berikut. Microsoft menonaktifkan Show Desktop
  3. Selanjutnya bisa langsung terlihat ada tambahan Show Desktop di sisi paling kanan

Bagaimana, mudah ya ternyata? Ya memang perusahaan tidak menghapusnya kok dan memilih untuk menonaktifkan tampilannya saja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment