mengenal scam modus penipuan

Apakah kalian juga menyadari bahwa semakin maju teknologi, juga membuat banyak peluang kejahatan terbuka, termasuk penipuan yang memanfaatkan celah teknlogi. Kini cara penipuan semakin beragam termasuk penipuan online atau yang umum disebut dengan scam dan online fraud. Okay, mulai tingkatkan kewaspadaan kita yuk, dengan mengetahui lebih detail tentang scam.

Scammer atau orang yang melakukan scam, akan membuat skema penipuan dengan membuat kalian mengungkapkan detail pribadi kalian, mencuri informasi kalian, bahkan menipu kalian agar bersedia menyerahkan uang tunai.

Mengenal Apa Itu Scam

Sebelum dunia mengenal dan menjadi digital, penipuan dulunya dilakukan secara langsung. Scammers atau komplotan penipu biasanya sering bekerja berpasangan atau tim, lalu akan melakukan penipuan di jalan atau di tempat umum yang sibuk, seperti restoran, mall, dan di keramaian yang tak terkendali.

Seiring kemajuan teknologi, teknik scamming juga ikut meningkat dengan berbagai trik dan cara. Belum lagi dunia yang terhubung dengan mudah membuat celah untuk menipu masuk ke ranah online scamming. Dengan banyaknya data dan informasi yang beredar, membuat penipu semakin banyak tertarik mencoba mencurinya.

Mencuri apa saja? Ya mulai dari mengambil data penting seseorang, meretas email penting perusahaan hingga menjual barang secara online, merupakan bagian kecil dari skema penipuan online. Oleh sebab itu, pengguna yang aktif secara online disarankan untuk selalu berhati-hati dan teliti lebih dulu sebelum mengklik link atau tautan yang mereka terima. 

Modus dan Teknik Penipuan/Online Scam

Setiap hari ada saja taktik yang digunakan oleh scammers dan penipu untuk dapat mencuri dari kalian. Cara mereka bisa bervariasi, lho. Mulai dari seseorang yang mengetuk pintu kalian hingga email atau panggilan telepon yang tak terduga. Internet dan kemajuan dalam komunikasi digital telah membuka cara lain bagi scammer untuk menargetkan Anda dan mencuri informasi.

Kemungkinan scam yang paling umum dan paling sering diterima banyak orang adalah email spam dari seseorang yang mengaku sebagai orang penting dari suatu negara di Afrika atau suatu pihak yang menghubungi secara mendadak. Meski beberapa penipuan email kini biasanya sangat mudah dikenali dan dihindari, penipuan yang lain jauh lebih canggih. Berikut ini beberapa modus penipuan yang umum digunakan secara online.

Phishing

Phishing adalah jenis dan modus penipuan yang semakin lama semakin mengganggu. Modus phishing adalah seseorang yang berpura-pura menjadi bank yang mengklaim ada kesalahan sistem, penarikan berlebihan atau transaksi yang sebenarnya tidak pernah kalian lakukan.

Penipu akan meminta kalian masuk dan memverifikasi informasi tersebut dari link yang mereka berikan. Tentu saja tautan dalam email tersebut mengarah ke situs palsu yang mencatat informasi nama pengguna dan password kalian.

Penipuan software antivirus palsu

Apakah kalian pernah bahkan sering melihat salah satu pop-up yang memberi tahu kalian bahwa komputer kalian sangat membutuhkan penyelamatan antivirus? Wahh, ini adalah penipuan! Umum dikenali sebagai scareware. Iklan antivirus palsu ini ingin kalian merasa panik dan membayar untuk mengamankan perangkat kalian sebagai solusi terbaik yang ditawarkan scammer.

Banyak pembuat aplikasi antivirus palsu berhasil mendaftarkan software penipuan mereka di portal unduhan yang sah. Saat kalian menginstalnya di perangkat kalian, software akan muncul seolah-olah mereka sedang melakukan pemindaian virus tapi mereka sebenarnya tidak memiliki kemampuan antivirus.

Sebaliknya, ini adalah adware yang menyamar, dibuat semata-mata untuk tujuan menampilkan iklan kepada kalian saat kalian menggunakannya.

Situs belanja online palsu

Ada ribuan situs web di luar sana yang mencoba membuat banyak orang percaya dan mengklik link untuk berbelanja online. Situs web ini yang sebagian besar tidak dikenal dan asing dari situs e-commerce langganan kalian. Situs web ini akan mencoba menipu kalian bahkan memberi kalian penawaran hebat, seperti pemberian diskon hingga 75 persen.

Formjacking

Selanjutnya ada penipuan formajacking, yang mana kelompok penjahat dunia maya sekarang umumnya menggunakan teknik ini sebagai ancaman dunia maya baru yang mencuri informasi kartu kredit. Penipuan ini dapat terjadi ketika situs web e-niaga yang sah diretas tanpa sepengetahuan pemiliknya. Hal ini memungkinkan penjahat dunia maya untuk mengarahkan kalian ke URL yang berbeda dalam proses pembayaran yang terlihat serupa tetapi sebenarnya mencuri informasi kalian.

419

419 atau penipuan yang mengaku sebagai pangeran dari Nigeria, yang memberi kesan kalian bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar dan hanya membutuhkan informasi bank untuk menyetor uang ke akun kalian. Faktanya, informasi bank digunakan untuk menguras harta korban yang terpedaya.

Penipuan atas keperluan donasi

Tak bisa dipungkiri bahwa dunia selalu mengalami peristiwa seperti bencana alam, korban perang atau penderita penyakit tertentu yang membutuhkan simpati dan bantuan dari orang lain. Meski klaim ini bisa jadi nyata, banyak orang membuat akun palsu di situs donasi untuk menipu orang agar mendapatkan uang.

Tips dan Cara Mengenali serta Menghindari Scam

Teknik penipuan saat ini semakin maju dan nyaris tidak bisa dibedakan. Namun, bukan berarti tak bisa mempunyai cara untuk mengenali dan mencegahnya, ya.

Berikut beberapa tips dan cara yang bisa kalian pertimbangkan untuk mengamankan data online kalian.

  • Apabila kalian menerima kontak apapun, terutama panggilan telepon yang tidak terduga dan tiba-tiba. Maka cara terbaik adalah menghindarinya dengan tidak mengangkat telepon dan membalas email tersebut.
  • Jika kalian mendapatkan email, perluas panel di bagian atas pesan dan lihat dengan tepat dari siapa email itu berasal. Kalian dapat mengklik atau mengarahkan kursor ke nama pengirim, mungkin akan muncul sesuatu yang berbeda. Jika terbukti ini adalah scam, alamat email asal pesan mungkin tidak cocok dengan nama pengirim, salah eja, nomor acak, atau bisa saja salah satu kontak kalian yang diretas.
  • Penipu modern dapat membuat nomor mereka terlihat seperti nomor yang kalian percayai, seperti nomor kontak bank kalian. Pesan teks penipuan bahkan mungkin muncul dalam percakapan yang sama dengan teks sah yang kalian miliki sebelumnya. Teknik ini dikenal sebagai nomor spoofing. Untuk berjaga-jaga, hindari mengeklik tautan dalam pesan teks yang dicatut tadi secara langsung, untuk memastikan bahwa itu adalah pesan resmi yang sebenarnya.

Nah, kalian tak boleh ya memberikan informasi pribadi kepada siapapun di internet yang menghubungi kalian secara langsung.

Meski kalian harus melakukan transaksi keuangan secara online sekalipun, pastikan kalian melakukannya di server yang aman dan melalui situs yang memiliki reputasi baik. Jika kalian yakin telah ditipu, segera ubah semua password kalian dan hapus software berbahaya yang mungkin telah kalian unduh dan hubungi perusahaan kartu kredit kalian. Lebih baik lagi, segera hubungi otoritas penegak hukum setempat untuk melaporkan penipuan dan mendapatkan bantuan untuk langkah selanjutnya.

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment