Mengenal Pengertian Keyword, Fungsi, dan Jenis Keyword

Sharing is caring!

Guys, kalian punya blog dan rajin menulis juga, kah? Suka ini gak sih, pusing memikirkan keyword agar bisa tampil di halaman depan hasil pencarian di search engine? Wajar, kok. Dalam dunia blogging, keyword menjadi sangat penting dan berguna, terutama untuk memenangkan dan meningkatkan SEO blog. Okay, baca sampai selesai yuk Mengenal Pengertian Keyword, Fungsi, dan Jenis Keyword

Pengertian Keyword

Keyword merupakan suatu susunan kata yang sering diketikkan oleh seseorang saat melakukan pencarian data atau informasi yang mereka butuhkan di internet. Kata-kata inilah yang disimpan dan dipakai oleh mesin pencari untuk menganalisis terkait kebutuhan pengguna internet. 

Keyword adalah ide dan topik yang mendefinisikan tentang konten kalian.

Dalam dunia SEO, keyword merupakan kata-kata atau kalimat yang digunakan pencari ketika ingin menemukan informasi.

Nah, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak sembarangan dalam menentukan kata kunci. Hal ini karena kata kunci bukan serta merta menentukan satu kata atau susunan kata yang mungkin masuk dalam pencarian populer namun yang utama adalah melakukan rangkaian agar kata yang kita targetkan benar-benar tepat sasaran.

Fungsi Keyword

Mari kita perhatikan fungsi keyword berikut ini:

  • Bagi mesin: dengan adanya kata kunci, mesin pencari akan lebih mudah menemukan dan menampilkan informasi yang sangat relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna internet.
  • Bagi blogger: dengan kata kunci yang tepat dan tertarget, akan memungkinkan artikel yang dibuat dapat berada di halaman depan hasil pencarian. Jika artikel yang telah dipublikasikan mampu memenangkan persaingan antarblogger dalam hasil pencarian dan berhasil menepati di halaman pertama, ini adalah suatu pencapaian luar biasa yang dapat memberikan kepuasan kerja dan dapat meningkatkan semangat ngeblog.
  • Bagi blog: apabila blog dikelola oleh blogger yang berpengalaman, kemungkinan blog tersebut akan mendapatkan peringkat teratas yang besar. Selain itu, blog yang berisi artikel berkualitas dengan kata kunci yang tertarget, dapat bertahan di peringkat teratas halaman hasil pencarian.

Jenis-Jenis Keyword

Keyword memiliki berbagai jenis sesuai dengan strategi atau peruntukannya, yakni sebagai berikut:

mengenal-pengertian-keyword-1

Kata Kunci Berdasarkan Kata

Kata kunci berdasarkan jumlah kata di bagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Short Tail Keyword: kata kunci jenis ini pendek karena maksimal jumlah kata, yaitu dua kata. Contoh, laptop asus, krim wajah, sepatu olahraga, dan lain-lain. Kelebihannya adalah jumlah pencariannya sangat besar. Sedangkan kekurangannya adalah persaingannya sangat ketat, kemungkinan untuk bisa muncul di halaman pertama kecil, hasil yang diberikan kurang relevan dengan kebutuhan user.
  • Long Tail Keyword: penyempurnaan dari Short Tail dengan menambahkan beberapa kata kunci yang berkaitan namun tetap nyaman dibaca. Khusus bagi blogger pemula, jenis keyword ini sangat bagus dan di rekomendasikan oleh para webmaster. Contohnya, 8 Browser Terbaik untuk PC dan Laptop di Tahun 2021, Apa Itu Processor, Fungsi, dan Bagiannya, Cara Mengatasi Error WordPress Stuck in Maintenance Mode, dan sebagainya. Kelebihan: kalian bisa membidik beberapa keyword sekaligus sehingga peluang artikel kalian muncul dengan berbagai kata kunci yang berbeda akan lebih besar, kemungkinan memenangkan persaingan dengan para blogger lain juga lebih besar bahkan dengan memakai kata kunci jenis ini, blog yang baru dibuat juga mempunyai kesempatan untuk mengalahkan blog populer dengan kata kunci yang sama, lebih bermanfaat bagi para pembaca, lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Sedangkan kelemahannya adalah jenis ini sering terlihat aneh apabila dipraktikkan oleh blogger pemula.

Kata Kunci Berdasarkan Waktu

Kata kunci berdasarkan waktu adalah kata kunci yang memiliki dampak terhadap trafik blog berdasarkan batas waktu tertentu. 

  • Keyword Abadi: jenis kata kunci yang tidak habis dan usang oleh waktu, tetap bisa eksis dari waktu ke waktu serta tetap bisa mendatangkan para pengunjung walaupun sudah diposting puluhan tahun lamanya. Contoh, obat jerawat alami, tips diet alami, cara menghilangkan keloid, dan sebagainya.
  • Keyword Musiman: kita bisa mendapatkan ledakan pengunjung tetapi efek yang diberikan juga singkat. Apabila kalian adalah seseorang yang sangat update dengan berbagai kejadian yang sedang populer, baru, dan trending topik setiap saat, sangat dianjurkan untuk menggunakan keyword musiman ini. 

Kata Kunci Berdasarkan Pemirsa

Keyword jenis ini digolongkan berdasarkan pada manfaat dan tingkat kebutuhan pengguna:

  • Keyword Umum: jenis yang dapat menjangkau semua orang. Artikel yang ditulis dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai golongan. Contoh, Cara Melakukan Panggilan Suara atau Video WhatsApp di Desktop, Cara Cepat Mengobati Sakit Kepala, dan lain-lain.
  • Keyword Khusus: jenis yang memiliki target (pengunjung) secara khusus. Informasi yang diberikan hanya dibutuhkan oleh user tertentu saja. Contoh, Cara Memulai Bisnis Dropshipping Tahun 2021, Cara Menggunakan Google Trends: 10 Trik Mind-Blowing Untuk Pengusaha, dan sebagainya.

Tips Riset Keyword SEO

Untuk bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk konten kalian, hal yang perlu dilakukan adalah keyword research.

mengenal-pengertian-keyword-2

Keyword research memberi kalian insight yang menunjukkan kata kunci apa yang bisa mendatangkan paling banyak pengunjung. Untuk melakukan riset keyword, kalian bisa menggunakan tools khusus.

Berikut ini ada beberapa tips melakukan riset keyword untuk konten SEO menurut HubSpot.

Buat daftar topik relevan untuk bisnis kalian

Kalian ingin mempromosikan sesuatu dengan cara membuat konten, kan? Nah, konten tersebut harus memiliki hubungan dengan produk atau jasa yang dimiliki oleh bisnis kalian.

Cari keyword

Setelah punya daftar topik yang cocok, langkah selanjutnya dalam keyword research adalah mencari kata kunci yang tepat.

Nah, untuk tahap ini, perlu dilakukan coba-coba untuk menemukan keyword yang memiliki volume besar, nih. Namun, ini tidak benar-benar wajib.

Anyway, bisa dilakukan di keyword research tools, seperti Ahrefs, SEMRush, Ubersuggest, dan sebagainya. Di tools tersebut akan ada hasil search volume yang bisa dilihat.

Semakin tinggi angkanya, berarti semakin banyak kata kunci tersebut dicari.

Akan tetapi, silakan perhatikan juga keyword difficulty yang menunjukan persaingan penggunaan kata kunci tersebut. Semakin tinggi maka akan semakin sulit bagi konten kalian untuk memiliki peringkat tinggi di SERP.

Analisis hubungan user intent dan keyword

Memahami user intent adalah hal yang penting dalam riset keyword, lho.

User intent adalah tujuan dari seseorang melakukan pencarian dengan sebuah kata kunci. User intent juga bisa membantumu membuat konten yang lebih baik.

Kalau memahami mengapa seseorang mencari suatu konten dengan sebuah kata kunci, kalian bisa membuat konten yang memberi mereka informasi yang diinginkan.

Tentunya, konten ini harus telah menggunakan kata kunci yang paling cocok, ya.

Cari related search term

Saat melakukan keyword research, penting juga untuk melihat related search term.

Related search term bisa memberi kalian berbagai ide mengenai keyword yang bisa membantu konten kalian agar bisa semakin naik di SERP.

Guys, keyword menjadi hal penting dalam memenangkan persaingan konten artikel sebuah website. Bahkan, saat ini kemampuan dalam mengolah kata kunci pun menjadi kunci memenangkan berbagai persaingan konten di berbagai platform.

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah optimasi performa website. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Pengertian Keyword, Fungsi, dan Jenis Keyword
Artikel
Mengenal Pengertian Keyword, Fungsi, dan Jenis Keyword
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pusing mikir keyword agar bisa tampil di halaman depan hasil pencarian search engine? Baca yuk Mengenal Pengertian Keyword, Fungsi, dan Jenis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment