kode domain negara

Kalian pasti sudah paham kan bahwa banyak bisnis- bisnis baik bisnis kecil, menengah, dan ke atas yang menggunakan domain .id sebagai ekstensi domain website. Nah, kalian sendiri sudah tahu kah bahwa sebenarnya domain .id itu merupakan kode domain negara Indonesia? Kalau belum, wajib banget nih simak sampai kelar Yuk Mengenal Kode Domain Negara Berdasarkan 4 Benua di Dunia..!

Apa Itu Kode Domain Negara?

Kode domain negara adalah suatu kode dari negara tertentu yang dijadikan inisial atau ciri khas pada suatu ekstensi domain.

Kode domain negara sering disebut dengan Country code Top Level Domain (ccTLD). ccTLD adalah TLD yang didasarkan pada kode negara.

Misalnya, Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us, Singapura menggunakan .sg dan sebagainya. 

Daftar Kode Domain Negara di Dunia

Setiap negara, memiliki kode domain negara sendiri- sendiri. Menurut Internet Assigned Number Authority (IANA), pembagian kode domain negara terbagi menjadi kode domain benua Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

Dalam konteks jumlah kode domain negara, benua Asia merupakan benua dengan peringkat kedua. Penyebabnya adalah negara- negara yang berada di benua Asia terdapat 31 negara yang memiliki Country code Top Level Domain (ccTLD). 

mengenal kode domain negara

Berbeda dengan benua Eropa. Negara- negara yang ada di Eropa dominan dengan negara- negara yang maju sehingga dari sisi teknologi dan wawasannya pun lebih luas. Terdapat 44 negara yang telah memiliki kode domain negara.

kode domain negara

Sedangkan untuk benua Amerika dan Afrika, berada di kedudukan yang sama dengan 20 negara yang memiliki Country code Top Level Domain (ccTLD).

kode domain negara

Kode Domain Negara Indonesia

Indonesia memiliki kode domain negara domain .id. Domain .id ini secara resmi disediakan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

PANDI adalah registrar domain untuk domain .id. Jika ingin punya domain .id, kalian bisa registrasi domain dan membayarnya.

Selain melalui PANDI, ternyata PANDI sendiri memiliki mitra sebagai penyedia domain .id. Salah satunya Jetorbit.

Terdapat beberapa jenis domain .id yang dapat dipilih sebagai ekstensi domain website kalian, meliputi domain .id, .my.id, .co.id, .biz.id, .web.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, dan .ponpes.id. Setiap jenis domain .id memiliki kegunaan masing- masing.

  • .ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik atau perguruan tinggi
  • .co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
  • .biz.id : digunakan untuk UMKM-UMKM yang ingin mempromosikan karyanya melalui website.
  • .or.id : digunakan untuk organisasi
  • .web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
  • .sch.id : digunakan untuk sekolah
  • .ponpes.id : digunakan untuk pondok pesantren

Selain itu, untuk mendapatkan domain .id dan turunannya harus memenuhi beberapa dokumen. Setiap tipe domain .id memiliki persyaratan yang berbeda- beda, loh.

Keuntungan Menggunakan Domain Indonesia

Ketika website berasal dari Indonesia, lebih disarankan jika menggunakan ekstensi domain ID.

Wait, kelebihan domain ID apa saja sih? Sampai harus digunakan khususnya untuk website yang berasal dari Indonesia?

Tak usah lama-lama, simak yuk kelebihan- kelebihan domain ID jika dibandingkan dengan gTLD (Generic top-level domain)

Geografis Website Lebih Spesifik

Karena website berasal dari Indonesia maka dengan menggunakan ekstensi domain ID dapat berguna sebagai identitas negara.

Identitas negara yang dimaksud adalah pengunjung website dapat mengetahui bahwa website tersebut memang berasal dari Indonesia dan memiliki legalitas website.

Selain itu, pastinya dengan menggunakan ekstensi domain ID juga akan menunjukkan sikap bangga terhadap negara Indonesia, kan? Apalagi jika website berupa website yang bergerak dibidang bisnis.

Akan menambah nilai plus juga loh karena dapat memperkenalkan brand lokal Indonesia di mata internasional.

Menambah Kepercayaan Terhadap Pengunjung Website

Kadang ya, karena banyaknya website yang menggunakan gTLD (Generic top-level domain) seperti .com, dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam hal kepercayaan. Banyak website tidak jelas yang menggunakan gTLD.

Berbeda saat website menggunakan domain ID yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai ekstensi domainnya.

Eitss, bukan berarti gTLD tidak bagus untuk digunakan, ya.

Bersifat Lebih Eksklusif

Mengapa bersifat lebih eksklusif?

Hal ini karena beberapa tipe domain ID membutuhkan dokumen yang digunakan sebagai legalitas hukum website. Makanya proses aktivasinya pun akan berbeda dengan ekstensi domain yang lain.

Begitu pula dengan tingkat keamanannya.

Potensi Peringkat Pertama Pada Hasil Pencarian Search Engine

Domain ID tentunya bersifat lebih spesifik dibandingkan dengan gTLD. Hal ini menyebabkan search engine akan lebih mudah membaca website yang menggunakan domain ID dibandingkan gTLD.

gTLD merupakan domain yang bersifat generic atau general yang banyak digunakan sebagai ekstensi domain. Sedangkan domain ID hanya digunakan pada website yang berlokasikan di Indonesia.

Ketika mencari sesuatu di search engine, pastinya search engine akan lebih mengutamakan website yang berlokasikan di negara tertentu.

Cara Mendapatkan Domain Indonesia

Nah, bisa diurutkan cara-caranya adalah pastikan dulu kalian telah mengetahui apa saja syarat dan dokumen yang harus dikumpulkan.

Nah, dokumen-dokumen tersebut digunakan untuk kebutuhan verifikasi dan validasi oleh PANDI atau Mitra PANDI.

Ketika dokumen telah teruji keaslian dan kebenarannya, artinya bisa lanjut ke langkah berikutnya, yakni melakukan registrasi domain.

Okay, silakan kalian pilih domain id yang ada di Jetorbit ya dan silakan pilih sesuai kebutuhan bisnis kalian.

Selamat membeli domain ID dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment