Mengenal ERP dan Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Mengenal ERP dan Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Sharing is caring!

Adakah yang sedang ingin menjalankan bisnis? Jika iya, kalian tentu membutuhkan sebuah sistem untuk mengelola semua dokumentasi dari jalannya bisnis kalian dong. Ya karena kalian tak mungkin melakukannya secara manual makanya kalian bisa menggunakan ERP. ERP ini memudahkan untuk melakukan perancangan dan pengelolaan terhadap bisnis kalian. Simak artikelnya sampai tuntas yuk tentang Mengenal ERP dan Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Pengertian dan Kegunaan ERP

Bagi banyak perusahaan, sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah elemen penting dari kesuksesan mereka. ERP mengacu pada software dan sistem yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola semua manajemen perusahaan, manufaktur, layanan, keuangan, dan proses lain dari suatu perusahaan atau organisasi.

ERP juga dapat merampingkan operasi organisasi, mengotomatisasi fungsi seperti akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen hubungan pelanggan, manajemen risiko, kepatuhan, dan operasi rantai pasokan (supply chain operations).

Nah, jika kalian mengelola bisnis, kalian dapat memanfaatkan aplikasi ERP individu, yang mana merupakan rangkaian aplikasi ERP lengkap yang menyatukan proses di seluruh bisnis, menghubungkan setiap aspek perusahaan dan memungkinkan peningkatan komunikasi dan pengumpulan data.

Kegunaan sistem ERP saat ini memperluas proses dengan menyediakan kolaborasi dan solusi digital untuk terhubung secara efektif dengan mitra di luar organisasi, termasuk pelanggan, pemasok, operator, lembaga keuangan, dan sebagainya.

Manfaat Enterprise Resource Planning (ERP) bagi Bisnis

Prinsip utama ERP adalah pengumpulan data terpusat untuk distribusi yang luas. Dari prinsip utama tersebut, ERP memiliki beberapa manfaat untuk bisnis, antara lain:

Peningkatan Efisiensi

Salah satu keuntungan utama ERP adalah memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi fungsi manual dan rutin. Ini membebaskan karyawan untuk fokus ke lebih banyak tugas yang mendorong pendapatan perusahaan kalian.

Peningkatan efisiensi tentunya mengarah pada perkiraan permintaan yang lebih baik, pengurangan kemacetan produksi, waktu tunggu yang lebih singkat, dan rantai pasokan yang lebih transparan serta responsif. Belum lagi pertumbuhan bisnis dan kemampuan untuk tetap berada di depan pesaing.

Peningkatan Kolaborasi

Sistem ERP juga menghubungkan tim, meningkatkan komunikasi dan keterlibatan karyawan. Dengan sistem ERP, setiap karyawan yang disetujui memiliki akses sesuai permintaan ke data operasional, memungkinkan mereka untuk memahami semua bagian perusahaan yang bergerak dan peran yang mereka mainkan.

Pembaruan proyek secara real time semakin membantu efisiensi yang mengarah pada alur kerja yang lebih lancar dan penghematan biaya. ERP juga memungkinkan untuk berkolaborasi dengan tim yang ada di luar bisnis kalian sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih cepat.

Data Real-time dan Pelaporan yang Disempurnakan

Salah satu manfaat terbesar ERP adalah pusat data yang kuat. Sistem ERP memungkinkan kalian mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data di seluruh operasi kalian di satu lokasi terpusat, memberikan satu sumber kebenaran dan visibilitas untuk bertindak lebih strategis.

Data terpusat itu memungkinkan bisnis mengakses informasi real time dan menghasilkan laporan yang lebih berguna. Seseorang dapat membandingkan fungsi lintas departemen tanpa banyak spreadsheet atau sumber data serta memantau aspek bisnis, seperti tingkat inventaris setiap hari untuk mengontrol modal dengan lebih tepat. 

Kepatuhan Karyawan

Keuntungan kuat dari sistem ERP yang sering diabaikan adalah bahwa mereka dirancang untuk membantu melacak peraturan industri dan perubahan kepatuhan. ERP memungkinkan kalian untuk memantau para karyawan kalian sehingga karyawan otomatis akan merasa memiliki tanggung jawab ketika kalian pantau. Hal ini memungkinkan bisnis untuk tetap berada di atas dan mematuhi undang-undang, pedoman, dan spesifikasi yang relevan.

Aksesibilitas Cloud

Meskipun sistem ERP tersedia sebagai solusi on-premise, perangkat lunak cloud ERP telah menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir. Manfaat utama dari cloud ERP selain pengurangan beban pada staf TI ialah keamanan data khusus dan mobilitas.

Menggunakan solusi ERP yang dihosting di cloud berarti sistem dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan di perangkat seluler selama ada koneksi internet. Ini memungkinkan tindakan yang lebih cepat tanpa perlu anggota tim bersama.

Kekurangan ERP (Enterprise Resource Planning)

Berikut ini ada beberapa kekurangan ERP:

Biaya yang Tinggi untuk Lisensi dan Pengembangan

Solusi ERP sangat kompleks dan pengembangannya merupakan proses yang sulit dan mahal. Membangun sistem perencanaan sumber daya sesuai dengan spesifikasi pelanggan membutuhkan tim yang berpengalaman dan banyak dengan tingkat keahlian yang tinggi. Keterampilan tinggi menuntut upah tinggi perjam sehingga harga yang dihasilkan dari solusi yang dibuat khusus mungkin cukup besar dan kuat.

Harga Sistem yang Mahal

Harga sistem ERP terlalu tinggi sehingga implementasi dan pemeliharaan solusi semacam itu melibatkan pengeluaran yang lebih besar dan membutuhkan perekrutan staf teknologi tambahan.

Maka, solusi bagi kalian yang ingin mendapatkan ERP langsung siap pakai, ERP membutuhkan pembaruan rutin yang mungkin melibatkan biaya tambahan. Namun, ingatlah bahwa investasi ini pada akhirnya akan membuahkan hasil berkat peningkatan efisiensi seluruh perusahaan.

Membutuhkan Pelatihan dan Latihan

Kompleksitas software ERP membawa persyaratan tambahan bagi staf yang menggunakannya. Mempelajari setidaknya dasar-dasar sistem perencanaan sumber daya mungkin membutuhkan banyak waktu dan usaha serta membutuhkan lebih banyak untuk menguasai semua fungsinya.

Harus Dipelajari dengan Teliti

Kelemahan selanjutnya adalah ketika pengguna berpengalaman dari sistem ERP meninggalkan perusahaan, pendatang baru yang mengisi posisi mereka harus menghabiskan waktu yang bervariasi untuk mempelajarinya dari awal alih-alih langsung mulai bekerja. Namun, kalian dapat memfasilitasi proses pembelajaran dengan menyediakan manual dan program pelatihan dalam jumlah yang cukup sebelumnya.

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa sistem ERP dirancang dengan struktur data yang terpusat dan ERP dapat membantu kalian dalam memantau perkembangan bisnis Anda. Sederhananya, ERP adalah kendaraan untuk mengintegrasikan orang, proses, dan teknologi di seluruh perusahaan modern. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Siapa nih yang mau dapat uang jajan tambahan? Wah, kalian mesti  gabung ke Afiliasi Jetorbit. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Pergi ke mall karena mau hunting

Biasanya pasangan nyari sarimbit

Hai kalian yang butuh hosting

Yuk beli aja di Jetorbit

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal ERP dan Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)
Artikel
Mengenal ERP dan Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
ERP memudahkan melakukan perancangan dan pengelolaan bisnis . Simak yuk Mengenal ERP dan Manfaat Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like