Mengenal Dark Web, Lapisan Internet Paling Mengerikan

Mengenal Dark Web, Lapisan Internet Paling Mengerikan

Sharing is caring!

Apakah kalian sudah tahu apa itu dark web? Dark web atau darknet adalah sebuah bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk mengaksesnya, kalian butuh software tertentu yang bisa membuatmu anonim dan tidak dapat dilacak. Tak usah berlama-lama, simak yuk Mengenal Dark Web, Lapisan Internet Paling Mengerikan

Tiga Lapis Visibilitas

Secara umum internet dibagi menjadi tiga kategori umum yaitu surface web, deep web, dan dark web. Jejaring siber ini menyimpan informasi yang tidak banyak dikunjungi oleh pengguna internet pada umumnya, kecuali surface web.

Diumpamakan internet adalah gunung es yang memiliki tiga lapis visibilitas.

Lapisan teratas, “Surface Web”, mengacu pada situs web yang dapat diakses melalui mesin pencari, contohnya situs web Jetorbit yang sedang kalian akses saat ini.

Lapisan kedua, “Deep Web”, mengacu pada situs web yang memuat data kepemilikan yang dapat diakses sekelompok orang. Contoh tipe situs ini adalah intranet perusahaan, publikasi berbasis langganan, dan basis data akademik atau pemerintah.

Lapisan terdalam disebut sebagai “Dark Web”. Situs web yang termasuk dalam lapisan ini hanya dapat diakses melalui Jaringan Pribadi Virtual atau VPN (Virtual Private Network). 

Apa Itu Dark Web?

Dark web menjadi lapisan internet yang paling mengerikan. Situs web yang termasuk dalam dark web hanya dapat diakses melalui Jaringan Pribadi Virtual atau VPN (Virtual Private Network).

Kunjungan ke berbagai situs web ini biasanya dienkripsi dan penggunaan VPN, memungkinkan penyembunyian identitas kalian sehingga memberikan anonimitas yang diinginkan.

Dark web adalah “dunia bawah tanah internet”. Data curian dari jaringan milik perusahaan, seperti informasi pribadi pelanggan, rekam kesehatan, dan sebagainya, adalah beberapa tipe data yang umum dijual di dark web demi mendapat keuntungan.

Menginvestigasi dan menembus dark web bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini karena banyak situs dan forum di dark web hanya memberikan akses kepada sekelompok pengguna yang dipilih secara ketat.

Biasanya pengguna diharuskan untuk menyelesaikan beberapa tugas dari administrator atau dalam beberapa kasus, disyaratkan pernah melakukan kejahatan. 

Situs-situs tersebut juga tersaji dalam server “bulletproof” yang tidak mudah diakses. Fitur-fitur tersebut berisi pengetahuan teknis tentang cara mengakses dark web, menjamin terjaganya kerahasiaan, dan anonimitas para penggunanya.

Nah, ada fakta unik nih yang perlu kalian ketahui tentang dark web. Ternyata, faktanya dark web ternyata tidak sepenuhnya untuk melakukan kejahatan, lho.

Ada beberapa orang yang menggunakan dark web, seperti pemerintahan, jurnalis, advokat, hingga pegawai perusahaan internet, seperti Facebook, DuckDuckGo, dan ProPublica.

mengenal dark web 1

Meski demikian, dark web memang lebih banyak disalahgunakan.

Sebenarnya, siapa saja bisa mengakses dark web menggunakan Tor Browser yang gratis. Browser tersebut dimodifikasi oleh Firefox sehingga mendapatkan extension untuk privasi dan keamanan. Dark web lebih dikenal dengan konten gelap alias konten ilegal dan terkadang mengganggu untuk sebagian besar pengguna internet.

Okay, jadi daripada harus bernegosiasi demi pengembalian data yang dicuri atau menunggu hasil investigasi atau perlawanan hukum yang berkepanjangan, akan lebih baik jika perusahaan-perusahaan maupun individu-individu mewaspadai cara data mereka disimpan dan digunakan oleh pihak lain yang dapat mengaksesnya.

Oia, kenalan yuk sama Aplikasi Ujian Online milik Jetorbit, Ujione! Berbasis Cloud Pertama di Indonesia! Jadi, bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS dan juga Web. kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server/hosting lagi, lho. Pokoknya mudah! 

Selain itu, kami juga menyediakan VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Dark Web, Lapisan Internet Paling Mengerikan
Artikel
Mengenal Dark Web, Lapisan Internet Paling Mengerikan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Untuk mengaksesnya, kalian butuh software tertentu. Tak usah berlama-lama, simak yuk Mengenal Dark Web, Lapisan Internet Paling Mengerikan
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like