Mengenal CPA Marketing dan Cara Meraup Untung dari CPA

Mengenal CPA Marketing dan Cara Meraup Untung dari CPA

Sharing is caring!

Bagi kalian yang berprofesi sebagai publisher, tentunya tidak asing dong ya dengan istilah CPA. CPA merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan uang dari internet. Banyak yang bilang kalau bisnis internet menggunakan metode CPA ini cukup menguntungkan bahkan besar. Sebenarnya CPA itu apa sih? Okay, yuk baca Mengenal CPA Marketing dan Cara Meraup Untung dari CPA

Apa Itu CPA

Cost per-Action (CPA) adalah sebuah turunan dari model affiliate marketing yang mana seorang publisher akan mendapatkan komisi ketika seorang user melakukan sesuatu (action). Yang dimaksud dari sesuatu yang dilakukan oleh user adalah mengisi formulir, mendaftar sesuatu, mendownload sebuah aplikasi mobile atau pc, membeli sebuah produk melalui halaman yang disediakan oleh si pengiklan (advertiser). Komisi yang diberikan biasanya berbeda berdasarkan demografi dan wilayah yang merupakan target dari si pengiklan tersebut.

Meski besaran komisi yang diberikan berbeda-beda tapi untuk demografi yang bisa dibilang kelas A (biasanya region UK, USA, atau EU) berpotensi memberikan komisi hingga 25-ribu rupiah per-action yang dilakukan! Memang tidak semua memang jenis CPA memberikan komisi sebesar itu.

Biasanya untuk komisi sebesar itu, user diharuskan melakukan sign-up atau membeli sebuah produk. Nah, dengan potensi sebesar ini, bayangkan saja jika traffic sebuah website, misalnya memiliki 1000 UV (unique visitor) perhari. Dengan perkiraan 10% konversi lalu dikali 25-ribu, hasilnya dua setengah juta rupiah per-hari. Wow, amazing!

Dalam dunia CPA marketing ada beberapa istilah yang wajib diketahui:

  • Publisher: orang yang mempromosikan brand, produk, atau bisnis di websitenya.
  • Advertiser: suatu perusahaan atau pemilik bisnis yang meminta partnership CPA untuk mempromosikan produk atau bisnisnya. 
  • CPA Network: platform yang mewadahi atau mempertemukan Publisher dan Advertiser. 
  • Affiliate Manager (AM): orang yang bertugas membimbing Publisher dalam menjalankan bisnis CPA.
  • Komisi: keuntungan dari memasang iklan di website yang diterima oleh Publisher
  • Action: tindakan yang dilakukan oleh user pada landing page Advertiser, seperti mengisi form, download, install, mencantumkan email, atau melakukan pembelian.

Cara Kerja CPA Network

Pertama, kalian mendaftar sebagai Publisher di suatu CPA Network. Nantinya kalian akan mendapatkan link atau banner milik Advertiser untuk kalian pasang di website kalian. Pengunjung yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke halaman website milik Advertiser. Jika pengunjung tadi melakukan action yang diminta, misalnya mengisi form registrasi, kalian akan mendapatkan komisi. 

Kalian (Publisher) Memasang Link di Websitenya => Pengunjung klik link => Pengunjung diarahkan ke halaman Advertiser => pengunjung mengisi form registrasi => kalian dapat komisi.

Alasan Berbisnis CPA Layak Dicoba

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis CPA sangat direkomendasikan: 

Mudah Dijalankan

CPA Marketing adalah bisnis yang mudah dijalankan. Kalian hanya perlu memiliki sebuah website aktif dan mendaftar di CPA Network. Selanjutnya, kalian akan dibimbing oleh Affiliate Manager (AM) dan mulai mempromosikan produk di website kalian. Setelah itu, kalian hanya perlu berusaha untuk meningkatkan traffic website untuk mendapatkan komisi lebih banyak. 

Minim Modal

Salah satu alasan mengapa bisnis ini wajib dicoba adalah karena minim modal. Kalian bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bergabung sebagai Publisher di CPA Network karena yang kalian butuhkan hanyalah sebuah website.  

Peluang Untung Besar

Dengan sekali posting di website, kalian berpeluang mendapatkan keuntungan berlipat. Komisi yang diberikan juga beragam, sesuai dengan jenis action yang dilakukan. Kalian harus meningkatkan traffic website kalian untuk meningkatkan peluang untung yang lebih besar.

Jam Kerja Fleksibel

Kalian memiliki jam kerja yang sangat fleksibel lho bagi kalian yang serius menekuni bisnis ini sebagai sumber pendapatan utama, bahkan bisa kerja dengan waktu sesuka kalian. 

Kalian hanya perlu pandai dalam membuat konten yang menarik dengan keuntungan di atas Akan lebih bagus jika kalian sudah memiliki basis audience yang spesifik.

5 CPA Networks Terbaik

Berikut ini top 5 CPA Network yang bisa jadi pertimbangan saat kalian memilih CPA Network:

Peerfly

Peerfly merupakan salah satu CPA Network dengan pertumbuhan member tercepat di dunia.

mengenal-cpa-marketing-1

CPA Network ini cocok bagi pemula karena kalian akan mendapatkan manajer affiliate yang khusus membantu kalian, bahkan kalian juga akan mendapatkan training tools secara gratis untuk dipelajari.

Maxbounty 

CPA Network ini berdiri sejak tahun 2004 dan saat ini Maxbounty dikenal sebagai CPA Network yang paling populer. Maxbounty memiliki ribuan publisher dengan penghasilan yang cukup besar. Selain itu, keuntungan lain yang didapatkan dengan bergabung Maxbounty adalah akan menerima komisi secara mingguan. 

mengenal-cpa-marketing-2

Beberapa perusahaan yang terdaftar sebagai advertiser di Maxbounty adalah Microsoft, Apple, Shutterstock, Alibaba, American Express, dan lain-lain. 

ClickDealer

ClickDealer disebut sebagai CPA Network yang cocok untuk Publisher pemula. ClickDealer disebut juga memiliki beberapa Affiliate Manager yang besar, yang mana siap membantu kalian. 

mengenal-cpa-marketing-3

Nah, terkait masalah pembayaran, CPA Network ini menawarkan pembayaran tepat waktu, bahkan mereka juga menawarkan deposito. 

Globalwide Media 

Globawide Media sebelumnya dikenal dengan nama Neverblue. Globalwide Media juga merupakan CPA Network yang populer dan dikatakan sepopuler Maxbounty. 

mengenal-cpa-marketing-4

Kalau kalian mendaftar sebagai Publisher di CPA Network ini, kalian bisa memilih kategori bisnis produk yang sesuai dengan website kalian, misal E-Commerce, Education, Entertainment, Health Care, Telecommunication, dan lain-lain. 

Selain itu, kalian juga mendapat produk dan servis yang menarik, seperti tool analytic and measurement, email marketing, dan Brand Safety. 

Clickbooth

Clickbooth berdiri sejak tahun 2002 makanya Clickbooth disebut sebagai CPA Network tertua. Clickbooth disebut juga sebagai salah satu CPA Network yang terkenal. Mereka memiliki berbagai macam Advertiser dari berbagai kategori yang berbeda.

mengenal-cpa-marketing-5

Clickbooth mengklaim telah membayar lebih dari 100 miliar dolar pertahun untuk publishernya. Itulah mengapa CPA Network ini disebut sebagai favorit CPA network bagi para publisher.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis CPA 

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, kalian harus melakukan persiapan dan strategi yang tepat, yakni sebagai berikut:

  1. Memilih CPA network yang tepat, yakni perlu memperhatikan kebijakan pembayaran komisi, reputasi manajer afiliasi, syarat pendaftaran yang mudah.
  2. Memiliki website.
  3. Meningkatkan traffic website, salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik SEO.

Guys, kami merekomendasikan bisnis ini bagi kalian yang ingin mencoba peluang mendapatkan untung dari internet. Selain minim modal, kalian juga bisa kok menjalankan bisnis ini dengan fleksibel alias jam kerjanya bebas. Gimana, tertarik mencoba?

Good luck

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal CPA Marketing dan Cara Meraup Untung dari CPA
Artikel
Mengenal CPA Marketing dan Cara Meraup Untung dari CPA
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
CPA merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan uang dari internet. Okay, yuk baca Mengenal CPA Marketing dan Cara Meraup Untung dari CPA
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like