Mengenal Backlink Profile, Tips Membuat, dan Manfaatnya untuk Website

Mengenal Backlink Profile, Tips Membuat, dan Manfaatnya untuk Website

Sharing is caring!

Hi, Orbiters! Semoga kalian sehat selalu dan rejeki kalian juga senantiasa lancar jaya, ya. Oia, dari kalian nih, apakah kalian pernah mencari pengertian Backlink Profile? Backlink profile itu sendiri sebenarnya adalah backlink yang berada di bagian profile sebuah web, forum, maupun social networking. Tak usah lama-lama, simak yuk Mengenal Backlink Profile, Tips Membuat, dan Manfaatnya untuk Website

Secara umum, backlink adalah link referensi dari sebuah website yang diarahkan ke website lainnya. 

Backlink adalah salah satu metrik penting yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari search engine

Bahkan, web crawl Google sampai saat ini masih menggunakan backlink atau tautan sebagai jalur untuk menelusuri konten website lalu membentuk database hasil pencarian yang relevan.

Ada beberapa jenis backlink yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi website. Beberapa jenis backlink ini bisa kalian kombinasikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Contextual backlink adalah jenis backlink terbaik yang saat ini bisa kalian dapatkan. Backlink jenis ini sangat powerfull dan disukai search engine karena dua alasan. 

Pertama, mampu memberikan kemudahan bagi user yang ingin mengetahui informasi rujukan dari sebuah artikel. Kedua, mampu membentuk skema vote and recommendation secara natural sesuai konsep web crawl.

Sayangnya, contextual backlink sangat sulit didapatkan, apalagi jika kalian ingin mendapatkan backlink dari website besar dan terkenal.

Salah satu solusinya adalah kalian bisa membayar melalui jasa backlink atau marketplace backlink. Cara ini memang masih abu-abu dan tidak natural tapi banyak perusahaan besar yang masih melakukannya.

Bagi para blogger maupun web developer, jenis backlink ini tentu sudah tak asing lagi. Kalian bisa mendapatkan backlink komentar secara gratis dari website apapun, dengan catatan mereka mengizinkan kalian untuk menaruh link.

Lalu, bagaimana terkait kekuatannya untuk optimasi website? Ternyata, backlink komentar kurang bisa diandalkan untuk mendongkrak authority sebuah website.

Namun, hal ini bisa digunakan untuk menjalin pertemanan atau sekadar branding ke sesama blogger agar website kalian semakin dikenal. 

Apa itu backlink profile? Backlink profile adalah jenis backlink yang bisa didapatkan dari aktivitas membuat akun di sebuah website atau layanan.

Contohnya, kalian bisa membuat akun di forum MOZ kemudian menyematkan link website di bagian bio atau profil, inilah yang dinamakan backlink profile.

Efektivitas backlink profile sendiri tidak terlalu powerfull untuk optimasi website di mesin pencari tapi saat ini backlink jenis ini banyak dicari untuk meningkatkan angka domain authority yang mengacu dari MOZ.

Kalian sudah tahu kah bahwa sosial media seperti facebook dan twitter juga bisa menjadi sumber backlink untuk kebutuhan optimasi website?

Bahkan, pada tahun 2014-2015 lalu, Google sempat mengumumkan algoritma Social Signal yang mana peringkat website bisa dipengaruhi oleh seberapa banyak link dibagikan di media sosial.

Untuk mendapatkan jenis backlink Guest Post sebenarnya sangat mudah karena biasanya website menyediakan fitur ini untuk saling bertegur sapa. 

Guest Post jaman dulu sangat terkenal karena bisa menjadi ajang saling mengenalkan website satu sama lain. Namun, untuk kebutuhan optimasi SEO Modern, backlink jenis ini sudah kurang powerfull.

Tipe backlink ini sebenarnya sudah mulai jarang dipraktekkan oleh para praktisi SEO tapi masih bisa dijadikan sebagai opsi.

Backlink blogroll biasanya berbentuk daftar yang terdiri dari banyak blog baik sejenis maupun tidak.

Posisinya cukup beragam, ada yang ditaruh di bagian widget sidebar atau di sebuah halaman khusus yang memang sengaja dibuat untuk menampung blogroll.

Saat ini banyak layanan yang menawarkan backlink profile. Backlink profile ini dapat membantu menaikkan posisi sebuah web di search engine, terutama search engine Google. Banyak webmaster yang menanyakan apakah backlink profile memiliki pengaruh yang besar pada peringkat website di Google karena link tersebut terpasang di bagian profile, bukan pada halaman utama web atau forum. 

Meski backlink berada di bagian profile tetapi berada dalam domain yang sama dalam domain ber-PageRank tinggi. Oleh karena itu, hal ini dapat menaikkan rangking web tersebut di search engine Google. Melakukan hal yang berulang-ulang untuk menaikkan rangking web dengan backlink profile memang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra.

Oleh sebab itu, saat ini banyak layanan yang menawarkan backlink profile bagi para webmaster dengan berbagai macam pilihan jumlah backlink. Namun, sebenarnya kalian pun bisa membuat backlink profile secara natural.

Berikut ini beberapa tips untuk membuat backlink profile yang dapat digunakan untuk web maupun forum kalian:

Variasi Keyword

Memvariasikan keyword yang ditargetkan adalah bagian terpenting dalam mengoptimalkan offpage karena dengan keyword yang bervariasi, maka search engine akan menganggap ini adalah hal yang natural.

Misal, kalian ingin menaikkan kata kunci utama yaitu “Jasa Backlink” maka dari 100 link profile yang akan dibuat nanti terdapat empat variasi turunan keyword “Jasa Backlink”, seperti “Jasa Backlink”, “Jasa Backlink Murah”, “Jasa Backlink Manual”, dan “Jasa Backlink Indonesia” yang presentasenya dapat dilakukan 50 persen untuk keyword utama dan 50 persen untuk keyword turunan.

Jangan Hanya Fokus Pada Halaman Web PageRank Tinggi

Untuk membuat search engine menilai optimasi yang dilakukan oleh webmaster terlihat natural, salah satu caranya adalah jangan hanya selalu mengejar website-website yang memiliki pagerank tinggi saja. Jika melakukan hal tersebut, search engine akan menganggap hal ini adalah paid links, yang mana di dalam TOS Google tidak diperbolehkan dan bisa berakibat fatal untuk web kalian.

Ingat Halaman Postingan

Kalian jangan hanya fokus memberi backlink hanya untuk homepage website tetapi kalian juga harus memilih halaman posting yang sekiranya cukup penting. Jangan lupa untuk memberi beberapa backlink untuk halaman tersebut, ya. Jika kalian memberikan backlink profile untuk halaman postingan kalian, Google akan mengira bahwa konten kalian yang lainnya juga mempunyai prioritas tinggi untuk masuk ke dalam kriteria penilaiannya.

Oia, cara lain yang dapat digunakan adalah mendapatkan semua jenis link. Jangan hanya fokus pada 1 atau 2 campaign SEO.

Berikut ini manfaat backlink yang bisa digunakan untuk keperluan optimasi website.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Di era modern seperti sekarang, algoritma Google sudah banyak sekali mengalami perubahan, backlink saat ini bekerja ibarat vote and recommendation yang memudahkan sistem perangkingan website di search engine.

Kalian ingin agar website kalian lebih populer di mata Google, kah? Salah satunya bisa dengan melakukan akuisisi backlink.

Tapi ingat, cara ini tidak selalu bekerja optimal di semua website, pasalnya ada 200 ranking faktor lain yang juga harus kaliqan pertimbangkan agar performa website semakin maksimal. Misalnya seperti meningkatkan kecepatan website, optimasi struktur website, kekuatan brand, kebermanfaatan konten, dan sebagainya.

Mampu Mendatangkan Traffic ke Website

Salah satu efek backlink yang bisa dilihat dalam statistik angka adalah peningkatan jumlah traffic dari referal

Sebagai contoh, ketika kalian melakukan akuisisi backlink press release di media besar seperti detik, maka pembaca artikel tersebut otomatis ada yang mengklik tautan backlink tersebut dan menuju ke website kalian .

Investasi Digital Jangka Panjang

Sebuah backlink biasanya bersifat permanen atau lifetime, pengaruhnya terhadap sebuah website juga masih bisa dinikmati asalkan link tetap hidup dan website bisa diakses.

Kalian bisa mengukur manfaat website dari segi investasi digital yang akan memberikan dampak bagi bisnis secara jangka panjang.

Okay, jadi itulah penjelasan tentang backlink profile. Semoga bisa dipahami dan juga bermanfaat, ya. Oia, satu hal yang perlu kalian ketahui, sebelum melakukan optimasi website menggunakan link building, sebaiknya kalian mengoptimalkan dulu hal-hal teknis terkait performa situs kalian.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Have a good day 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Backlink Profile, Tips Membuat, dan Manfaatnya untuk Website
Artikel
Mengenal Backlink Profile, Tips Membuat, dan Manfaatnya untuk Website
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Backlink profile adalah backlink yang berada di profile web. Yuk baca Mengenal Backlink Profile, Tips Membuat, dan Manfaat untuk Website
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like