apa itu quora marketing

Guys, menurut kalian nih, apa yang kalian butuhkan saat melakukan online marketing? Jika kalian sudah memahami pentingnya memiliki authority di dunia online maka kalian harus tahu nih tentang Quora marketing. Simak sampai selesai yuk Mengenal Apa Itu Quora Marketing

Quora merupakan platform yang membuat kalian mendapatkan authority dengan lebih cepat dan mudah di industri online yang kalian pilih saat ini.

Cara melakukan online marketing kini semakin variatif. Namun, bukan berarti ini mudah mengingat kompetisi semakin ketat antar online marketer. Yang dibutuhkan bukan hanya sekedar seberapa banyak orang tahu siapa kalian dan bisnis apa yang kalian jalankan.

Kalian juga harus sekaligus membangun kepercayaan dari mereka. Caranya dengan membangun brand yang kuat dan ini bisa kalian mulai dengan menerapkan Quora Marketing.

Sekilas Mengenai Quora

Sebelum membahas lebih jauh tentang Quora Marketing, kalian perlu tahu apa itu Quora. Jadi, sebenarnya ini platform digital yang sudah lama sekali dibuat, yaitu sejak tahun 2009. Di platform ini, pengguna bisa melakukan tanya jawab mengenai topik apapun.

Ada lebih dari 300.000 topik yang dibicarakan di Quora. Nah, sekarang bayangkan jika kalian menjadi ahli di salah satu topik tersebut. Tentu kalian akan menjadi rujukan lebih dari 300 juga pengguna bulanan yang aktif di Quora. Wah, kalian akan dianggap sebagai seorang profesional di bidang tersebut. Inilah alasan mengapa Quora mudah sekali untuk menaikkan authority.

Anyway, kalian bisa memulai membuat tulisan berdasarkan niche yang benar-benar kalian kuasai. Saran nih untuk kalian, konsistenlah untuk membuat tulisan berupa artikel yang menjadi jawaban atas apa yang banyak ditanyakan di topik tertentu. Kalian juga bisa sekaligus menjawab pertanyaan dari para pengguna Quora. Oia, sesekali bisa mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs yang kalian gunakan untuk menawarkan produk atau membangun brand, lho.

Jadi, kalian sudah punya bayangan kah terkait Quora ini platform seperti apa dan mengapa penting untuk online marketing?

Kenapa Harus Quora?

Sebagai seorang marketer atau pemilik brand, Quora dapat menambahkan nilai yang penting dalam kampanye marketing, berikut alasannya:

  • Dengan Quora, brand bisa mendapatkan exposure dari jutaan pengunjung situs setiap bulannya.
  • Kalian dapat mempraktikkan keahlian kita terhadap berbagai topik yang dikuasai.
  • Kalian bisa mendapatkan insights dari para ahli yang berasal dari berbagai bidang industri.
  • Kalian dapat memberikan jawaban langsung terhadap siapapun konsumen yang mencari informasi mengenai layanan, produk, atau bisnis yang dikelola.
  • Kalian bisa membagikan konten dari website lainnya, termasuk situs milik brand kalian, dalam topik yang sesuai dengan profil kalian.

Strategi Penerapan Quora Marketing

Pertanyaan selanjutnya nih, seperti apa sih strategi marketing yang harus dilakukan di Quora? Okay, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Buat Akun Seprofesional Mungkin

Hal pertama yang harus kalian lakukan tentunya adalah daftar. Kalian harus membuat akun dan optimasi sehingga terlihat profesional. Silakan tuliskan nama asli kalian lengkap dengan email serta alamat website kalian.

Pastikan dua data ini tidak kalian lewatkan ya karena pada dasarnya Quora digunakan untuk mendapatkan traffic ke website bahkan pengguna menghubungi kalian melalui email yang kalian sertakan tersebut.

Pilih Topik di Industri Kalian

Di akun kalian tersebut, silakan tuliskan topik yang paling kalian kuasai. Mengapa? Karena poin ini akan membuat pengguna lain mengetahui siapa kalian. Tuliskan topik apa yang dikuasai serta topik apa yang akan kalian bahas di Quora. Pilih topik yang spesifik agar memudahkan pengguna tahu keahlian kalian itu ada di mana.

Mulai Aktif Mengajukan Pertanyaan

Oia, kalian perlu memulai mengajukan pertanyaan karena Quora itu platform tanya jawab. Pilih topik lalu ajukan pertanyaan. Silakan tunggu hingga ada pengguna lain yang menjawab pertanyaan tersebut.

Semakin banyak yang memberikan jawaban maka artinya banyak orang yang tertarik di topik tersebut. Nah, setelah ada jawaban, berikan apresiasi dengan cara klik “Upvote” yang tepat ada di bawah tombol jawab.

Memberikan Jawaban yang Lebih Lengkap

Selain mengajukan pertanyaan, kalian juga bisa memberikan jawaban atas pertanyaan lainnya. Mungkin satu pertanyaan dari pengguna akan direspon oleh puluhan atau bahkan ratusan pengguna lainnya.

Okay, agar kalian stand out, silakan berikan jawaban yang paling lengkap. Jawaban seperti ini yang akan membuat authority kalian semakin cepat naik.

Bagaimana Cara Menggunakan Quora untuk Kepentingan Marketing

Merangkum segala potensi pemasaran yang dapat dimanfaatkan bagi brand, berikut ini ada beberapa cara menggunakan Quora untuk kepentingan pemasaran brand profesional dan bisnis kalian:

  • Buat profil yang baik sehingga orang-orang yang ingin mempelajari tentang brand kita bisa mendapatkan informasi yang cukup dan tertarik mengklik website atau jejaring sosial yang dimiliki.
  • Ikuti topik Quora yang berkaitan dengan industri. Jadilah partisipan aktif dalam topik-topik ini dengan mengunggah pertanyaan-pertanyaan yang membuat konsumen berpikir dan sediakan jawaban yang penting. Jangan lupa masukkan link ke konten-konten yang ada di situs kalian untuk informasi selanjutnya sesuai dengan kebutuhan agar tidak dianggap spam.
  • Cari individu di Quora dan jalin hubungan baik dengan mereka. Caranya, cukup melihat jawaban-jawaban terbaik dan pengikut dari topik tertentu. Klik follow.
  • Buat dan berkontribusilah dalam board yang membahas topik-topik tertentu di industri. Bagikan konten di Quora secara rutin untuk membangun aset informasi yang berharga supaya konsumen potensial di Quora mengikuti brand yang kalian kelola.
  • Manfaatkan QuestionsPro untuk menemukan pertanyaan yang relevan dan mengecek jawaban secara otomatis. Meski perangkat tersebut masih dalam tahap beta namun dapat memudahkan kita mengelola Quora.

Nah, kalian sudah tahu kan bagaimana cara menerapkan strategi Quora marketing? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Oia Guys, Jetorbit bertekad membantu rekan UMKM untuk bisa memiliki website serta berjualan produk atau jasanya secara online. Waow, keren kan! Jadi, kalian Tetap Bisa Jualan Dari Rumah!

Selain dari Marketplace, dengan memiliki website sendiri nih, kalian dengan mudah dapat mengatur website karena website adalah jati diri usaha kalian.

Kalian akan dapatkan website gratis selama 3 bulan.

Oia, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment