Mengenal Apa Itu Proxy Server: Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja

Sharing is caring!

Ternyata ada banyak resiko yang sering kita hadapi lho saat kita mengakses internet. Oleh karena itu, pengguna internet harus waspada terkait bahaya tersebut. Apalagi jika seseorang mengakses internet tanpa menggunakan proxy. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk tentang proxy dengan baca Mengenal Apa Itu Proxy Server: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerja

Pengertian Proxy

Proxy server merupakan sebuah program komputer yang mana dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap konten dari internet atau intranet.

Proxy server bertugas untuk menjembatani dan mengendalikan aktivitas dari traffic paket data yang melewatinya. Setiap aplikasi client maupun aplikasi server, seperti FTP, web server, web browser, dan semacamnya bisa dimonitor serta dikendalikan oleh proxy server dengan adanya proxy server ini.

Saat penggunaan proxy server, biasanya diubah untuk membuat koneksi, terutama untuk koneksi pada jaringan internet menjadi lebih cepat dan juga lebih stabil. 

Jenis Proxy

apa-itu-proxy-server-1

Berikut ini merupakan jenis proxy yang mesti diketahui oleh kalian:

Transparent Proxy

Jenis proxy ini sebaiknya tidak perlu dipakai. Jenis proxy ini memberi informasi ke website jika koneksi yang dituju menggunakan proxy untuk server dan tetap akan dilanjutkan informasi dengan IP address yang kalian miliki. Oleh karena itu, alamat IP yang kalian miliki jelas terlihat di dunia maya dan tentu saja akan merugikan jika dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Alamat IP pengguna proxy ini akan dibanned secara permanen sehingga tidak dapat mengakses situs tertentu. Sangat merugikan! Namun, jika pengguna sudah mengkonfigurasikan secara khusus maka tidak akan terjadi hal seperti itu.

Anonymous Proxy

Jenis proxy ini akan mengidentifikasi dirinya sendiri menjadi proxy namun tidak mengirimkan atau meneruskan alamat IP asli yang kalian pakai saat itu. Sebagai gantinya, IP samaran akan diberikan sehingga tidak membuat kalian dicurigai.

Saat pengguna mengakses internet, alamat IP merupakan hal wajib yang harus pengguna hubungkan dengan internet. Intinya, jika menggunakan proxy ini maka alamat IP asli pengguna tidak akan diketahui dunia maya karena digantikan oleh IP samaran.

High Anoymith Proxy

Proxy ini tidak menyebut dirinya sebagai proxy free atau lainnya sehingga tidak heran jika proxy ini tidak memberi alamat IP untuk setiap penggunanya. Saat pengguna mengakses situs, alamat IP dari pengguna tidak terbaca oleh situs yang bersangkutan maupun internet, hanya terbaca sebagai klien. Secara tidak langsung, jenis proxy ini sangat merahasiakan alamat IP pengguna.

Distorting Proxy

Distorting proxy memiliki fungsi yang sama dengan anonim proxy, yakni membuat alamat IP pengguna tidak terlihat. Perbedaannya adalah anonim proxy mengubah bagian alamat IP asli sedangkan untuk jenis proxy ini adalah merekayasa IP address penggunanya. Sedangkan IP address asli yang mereka miliki bisa dilihat melalui HTTP Header.

Reverse Proxy

Reverse Proxy dipakai untuk menyediakan jalan bagi pengguna internet melalui jaringan pribadi. Fungsi utama jenis proxy ini adalah mencegah user terhubung melalui internet tanpa ada monitor sebelumnya. Proxy ini sering diaplikasikan oleh perusahaan untuk membatasi pengguna koneksi internetnya. 

Fungsi Proxy Server

Ada tiga fungsi utama proxy server, yaitu:

Connection sharing

Berfungsi sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Pada gateway juga bertindak sebagai titik dalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal, yang mana akan terhubung kepadanya dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Oleh karena itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing).

Filtering

Berfungsi sebagai sebagai Firewalll paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Oleh karena itu, dapat dikonfigurasi untuk menolak situs tertentu pada waktu tertentu.

Caching

Pada proxy server memiliki mekanisme penyimpanan objek-objek yang sudah diminta dari server-server di internet. Untuk mekanisme caching ini, akan menyimpan objek-objek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang diperoleh dari internet.

Manfaat Menggunakan Proxy

Ada beberapa alasan mengapa banyak individu dan organisasi menggunakan proxy:

Mengontrol Penggunaan Internet

Biasanya, pada perusahaan–perusahaan menggunakan proxy agar para karyawan tidak membuka situs yang dapat mengganggu produktivitas karyawan. Para orang tua akan lebih mudah mengontrol anaknya ketika sedang menggunakan internet dengan menggunakan proxy

Penyimpanan dan Kecepatan

Manfaat lainnya dari proxy ialah dapat melakukan cache sehingga saat kalian meminta data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, mereka hanya mengambil dari simpanan mereka saja. Nah, hal ini akan membuat akses internet menjadi lebih cepat tentunya. kan.

Privacy yang Terjaga

Perusahaan yang menggunakan proxy untuk browsing internet sebenarnya memiliki privacy yang lebih terjaga. Hal ini dikarenakan beberapa proxy akan mengubah alamat IP dan data informasi pribadi lainnya. Hal tersebut akan membuat server akan menerima alamat baru yang diakses lewat IP sehingga data kalian aman dan tidak mudah untuk dicuri.

Cara Kerja Proxy

Pada pengertian proxy sebelumnya, telah diketahui bahwa proxy sangat berperan penting sebagai penghubung komputer dengan internet sehingga cara kerja program ini, yaitu user akan menggunakan layanan pada server proxy kemudian akan melakukan permintaan data yang terdapat di internet (public server). Selanjutnya, proxy akan meneruskan permintaan tersebut ke internet dengan membuat server seolah-olah memintanya.

apa-itu-proxy-server-2

Jika pengguna sudah mendapatkan permintaan tadi maka proxy akan memberi respon kepada user yang mana seolah-olah ia yang menjadi public servernya. Singkatnya, server proxy dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan.

Nah, ternyata kalian bisa memanfaatkan layanan ini tidak hanya di kantor saja, kan. Kalian bisa mengaktifkan layanan proxy untuk memonitor keluarga di rumah, misal untuk mengawasi adik atau anak atau saudara yang lain.

Have a good day


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Proxy Server Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja
Artikel
Mengenal Apa Itu Proxy Server Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kita ketahui lebih lanjut yuk tentang proxy dengan baca Mengenal Apa Itu Proxy Server: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerja di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment