Mengenal Apa Itu One Time Password (OTP)

Sharing is caring!

Saat harus log in atau bertransaksi pada suatu aplikasi, kalian akan menerima kode-kode yang harus dimasukkan pada waktu tertentu. Kode tersebut juga memiliki jangka waktu aktif, yang tidak dapat kalian masukkan jika telah melewati waktu tersebut. Kode inilah yang disebut sebagai one time password. Okay, baca yuk Mengenal Apa Itu One Time Password (OTP)

Pengertian OTP (One Time Password)

One time password atau OTP adalah kode verifikasi sekali pakai berupa angka yang dikirimkan lewat SMS dan email. Biasanya, kode OTP berupa 6 digit angka yang akan hangus dalam 2 sampai 5 menit dan hanya bisa digunakan sekali. 

Kode ini biasanya digunakan untuk proses autentikasi data login atau transaksi bank. Saat ini, OTP selalu diberlakukan dalam setiap transaksi dan setiap aktivitas umum di masyarakat sehingga banyak masyarakat yang semakin familiar dengan kode OTP ini. Hal ini untuk menghindari masalah, seperti pencurian data maupun penyalahgunaan akun.

Kode OTP adalah salah satu bagian dari two way authentication yang menambah layer proteksi data kalian di internet.

Singkatnya, karakteristik kode one-time-password atau OTP adalah sebagai berikut:

  • Hanya bisa digunakan satu kali.
  • Biasanya berbentuk angka dan karakter.
  • Tidak bisa digunakan dalam durasi waktu yang panjang.
  • Umumnya digunakan untuk melindungi transaksi uang online.
  • Bersifat sangat rahasia.

Cara Kerja One Time Password

Techtarget menjelaskan bahwa pada prinsipnya, sistem one time password memberikan urutan angka yang akan muncul berdasarkan waktu dengan rumusan tertentu.

Hal tersebut telah ditetapkan dan disinkronisasikan antara server OTP dengan token OTP. Selanjutnya, nomor atau kombinasi tersebut dikirimkan melalui berbagai media sesuai preferensi pengguna. 

Media tersebut bisa SMS, email, atau telepon. Kombinasi huruf dan angka yang dikirimkan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi. Jika sesuai, pengguna dapat masuk dan menggunakan aplikasinya. Jika salah, pengguna dapat meminta OTP untuk dikirimkan kembali.

Oya, perlu diketahui bahwa hanya kalian yang mendapatkan kombinasi kode tersebut karena one time password adalah kode yang dikirimkan ke media personal, seperti SMS dan email. Makanya, jangan sampai memberikan kode tersebut kepada pihak lain, ya.

Tips Melindungi One Time Password Supaya Tetap Aman

Ketika kalian mendapatkan kode OTP maka yang harus dilakukan adalah kalian melakukan pengamanan yang ketat supaya bisa melindungi kode OTP sehingga transaksi yang dilakukan bisa benar-benar baik.

Cara yang bisa dilakukan supaya akun yang kalian miliki aman adalah:

  1. Harus selalu waspada juga teliti. Misalnya, ada nomor asing menghubungi kalian serta mengaku suatu pihak perwakilan suatu bank. Nah, kalian patut curiga sebab bank menggunakan nomor yang jelas juga alamat yang cukup jelas saat menghubungi. Ada nomor yang telah tertera di website suatu bank bahkan dari alamat twitter, facebook page, instagram, email. 
  2. Kalian jangan memberikan kepada siapa saja atas kode OTP yang kalian terima sebab dikhawatirkan akan menjadi celah terjadinya tindakan penipuan.
  3. Silakan kalian mengganti password dan PIN yang kalian miliki secara berkala. Usahakan membuat PIN yang berbeda dari yang sebelumnya dan berbeda dari setiap kartu yang kalian punya. Selain itu, jangan menggunakan PIN yang mudah diketahui.
  4. Jangan membiarkan kartu kalian ada di tangan orang lain tanpa seizin kalian. Hal ini dilakukan supaya bisa mencegah informasi diambil dan dicatat orang lain. Meski lengkap dengan teknolog chip, namun dengan adanya informasi yang ada di kartu tersebut, misalkan nomor ATM, maka bisa digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  5. Lakukanlah temporary block ketika kartu kalian tidak sedang digunakan.
  6. Jangan lupa melakukan aktivitas aplikasi supaya apapun transaksi yang telah terjadi bisa terdeteksi pada aplikasi yang kalian gunakan.

Guys, bisa dikatakan bahwa menggunakan OTP jauh lebih aman daripada kata sandi statis biasa. OTP juga mempunyai kelebihan, yaitu mampu menggantikan informasi login otentikasi atau dapat digunakan sebagai tambahan untuk menambah lapisan keamanan. Okay, semoga bermanfaat ya 🙂

Staf safe and keep healthy


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu One Time Password (OTP)
Artikel
Mengenal Apa Itu One Time Password (OTP)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Saat log in, kalian menerima kode yang harus dimasukkan pada waktu tertentu. Kode ini disebut OTP. Baca yuk Mengenal Apa Itu One Time Password
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment