mengenal-apa-itu-disclaimer

Kalian aware kah saat melihat atau membaca disclaimer di website, blog, video YouTube, atau di suatu film? Sebenarnya disclaimer itu apa sih dan gimana cara membuat disclaimer yang baik? Okay, cari tahu jawabannya yuk dengan baca Mengenal Apa Itu Disclaimer: Pengertian, Fungsi, dan Tips Membuat Disclaimer Dengan Baik

Apa Itu Disclaimer

Disclaimer adalah penolakan atau pernyataan bahwa kalian tidak bertanggung jawab terhadap sesuatu. Disclaimer juga bisa diartikan sebagai pernyataan formal yang menyatakan bahwa kalian tidak memiliki keterlibatan langsung dan tidak bertanggung jawab atas suatu hal.      

Bagi sebuah bisnis, disclaimer dimaksudkan untuk melindungi kalian maupun bisnis kalian dari tindakan hukum serta klaim kewajiban tertentu. Tujuan disclaimer di sini adalah untuk membatasi aspek kontrak maupun hak dan kewajiban hukum dari konten tersebut.

Contohnya, kalian memiliki produk kecantikan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Kalian bisa menuliskan dalam disclaimer karena kalian tidak menjamin bahwa semua tipe kulit akan cocok untuk menggunakan produk tersebut.

Fungsi Disclaimer

Beberapa fungsi dasar dari disclaimer adalah sebagai berikut:

Mencegah Tuntutan Pelanggan

Fungsi disclaimer adalah mencegah terjadinya tuntutan hukum terhadap perusahaan kalian ketika terjadi sesuatu pada konsumen. Dapat dikatakan bahwa pernyataan disclaimer juga dapat menghalangi keinginan pelanggan untuk mencari kompensasi hukum dari perusahaan kalian.

Membantu Kalian Menang di Mata Hukum

Jika kalian berada dalam situasi yang tidak menguntungkan karena tuntutan konsumen di meja hijau, disclaimer bisa menjadi salah satu alat bukti untuk membantu agar terbebas dari tanggung jawab dan tuntutan tersebut. 

Mengurangi Tanggung Jawab

Sejujurnya, tidak ada disclaimer yang sepenuhnya dapat melindungi produk atau layanan bisnis dari tuntutan konsumen. Namun, setidaknya disclaimer berfungsi untuk mengurangi tanggung jawab kalian untuk mengganti rugi apa yang dialami konsumen.

mengenal-apa-itu-disclaimer-1

Contohnya, kalian sudah mencantumkan disclaimer bahwa produk pencerah wajah tersebut tidak cocok untuk kulit wajah sensitif. Salah satu konsumen yang memiliki kulit sensitif ternyata tetap menggunakan produk kalian. Nah, perusahaan kalian memiliki wewenang untuk tidak bertanggung jawab atas apa yang dialami konsumen tersebut karena terjadi di luar kuasa kalian.

Terlihat Profesional

Disclaimer memberikan kesan profesional kepada produk dan layanan yang kalian tawarkan, lho. Selain itu, bisnis kalian juga akan dipandang patuh hukum oleh para konsumen.

Tips Membuat Disclaimer yang Baik

Yuk kita ulas beberapa tips membuat disclaimer untuk bisnis kalian:

Jelaskan Detail Produk atau Layanan Kalian

Pastikan dulu jika kalian menjelaskan produk atau layanan bisnis secara detail. Contoh, dengan menambahkan keterangan detail bahwa produk atau layanan tersebut bagus digunakan untuk siapa dan tidak disarankan untuk siapa.

Sampaikan juga bahwa kalian tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di luar kuasa kalian, terutama jika konsumen tetap melakukan hal yang sudah kalian tulis di disclaimer.

Sampaikan Bahwa Kalian Adalah Pemilik Hak Cipta Produk Atau Layanan 

Disclaimer harus mencerminkan bahwa kalian adalah pemegang hak cipta sah dari semua materi bisnis kalian. Artinya, orang lain tidak dapat menggunakan, menduplikasi, menerbitkan, atau mencetak ulang tanpa persetujuan tertulis dari kalian.

Berhak Mengganti Informasi di Situs Bisnis Kalian

Selanjutnya, silakan jelaskan bahwa kalian sewaktu-waktu bisa mengubah konten produk atau layanan kalian. 

Sebuah disclaimer memang bukan sesuatu yang perlu ditegakkan secara aktif. Namun, secara potensial dapat melindungi kalian jika tindakan hukum diambil terhadap situs kalian. Jadi, sudah membuat disclaimer, kah?

Have a good day

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment