Mengenal Apa Itu Branding dan Pentingnya Bagi Bisnis

Mengenal Apa Itu Branding dan Pentingnya Bagi Bisnis

Sharing is caring!

Apa sih yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar Aqua? Apa kalian termasuk salah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang mengidentikkannya dengan air mineral, bahkan jika produk tersebut berasal dari merek lain? Hal itu karena merek Aqua yang kuat dalam industrinya. Okay, baca yuk Mengenal Apa Itu Branding dan Pentingnya Bagi Bisnis

Jika kalian ingin merek milik bisnis dikenal seperti Aqua, kalian perlu membangun citra positif merek yang tepat.

Apa Itu Branding

Sebelum memahami arti branding, kalian ketahui dulu yuk pengertian merek atau brand. Menurut American Marketing Association, merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah produk atau jasa yang membedakan dengan yang lain.

Maka dari itu, branding adalah segala usaha untuk menciptakan sebuah brand. Dapat dikatakan bahwa proses menentukan misi, visi, serta logo dapat dikategorikan sebagai branding.

Unsur Dalam Branding

Unsur-unsur dalam branding yang perlu kalian perhatikan adalah sebagai berikut:

Visi Misi

Visi dan misi merupakan sebuah pondasi dari merek jasa maupun produk yang kalian miliki. Kedua hal tersebut bisa diartikan sebagai suatu hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Visi sendiri merupakan sebuah tujuan jangka panjang yang ingin kalian capai dari merek yang kalian buat. Sedangkan misi merupakan sebuah solusi yang dapat memecahkan masalahnya.

Logo dan Jargon

Logo merupakan wajah dari sebuah merek. Oleh karena itu, dalam membuat logo  membutuhkan beberapa elemen, termasuk warna, tulisan, bentuk, dan beberapa hal lain yang bisa diidentifikasikan dengan mudah dan jelas oleh target pasar kalian nantinya.

Sedangkan jargon juga dibutuhkan agar calon pelanggan nantinya lebih paham mengenai merek seperti apa yang ingin kalian tawarkan.

Website

Selanjutnya kalian membutuhkan sebuah website resmi agar merek kalian bisa terkenal dengan lebih mudah. Hal ini tentunya karena menyesuaikan era digital yang sudah merebak ke seluruh penjuru dunia.

Anyway, kalian tidak harus menggunakan website tersebut sebagai toko online karena  kalian bisa saja menggunakannya sebagai profil perusahaan. Nantinya kalian bisa menampilkan berbagai jasa maupun produk yang ingin ditawarkan. Satu hal yang tidak kalah penting, kalian memiliki konten yang mudah dipahami agar brand kalian semakin diminati.

Manfaat Branding Untuk Bisnis

Branding merupakan salah satu kunci utama kesuksesan sebuah bisnis dan dalam industri apapun. Berikut ini merupakan alasannya:

  1. Merek akan terkenal dengan mudah: branding yang tepat akan membuat merek kalian terkenal. 
  2. Memberikan bisnis kalian posisi yang kuat dalam industri: dalam jangka panjang, usaha memperkuat merek akan menempatkan bisnis kalian pada posisi yang strategis dalam industrinya.
  3. Kepercayaan terhadap merek kalian akan meningkat: brand yang dikenal secara positif akan lebih dipercaya dan lebih mudah menarik pelanggan baru. Selain itu, pelanggan lama juga akan betah berbisnis dengan kalian jika kualitas dan citra merek terjaga. Setuju, dong.
  4. Mendukung pemasaran merek itu sendiri: usaha pemasaran kalian akan lebih mudah jika memiliki merek yang sudah dipercaya. Apalagi konsumen yang puas dengan produk atau layanan kalian juga merekomendasikannya ke orang lain, tentunya akan menambah jumlah konsumen kalian.

Tips dan Trik Ampuh dalam Membangun Sebuah Brand

Berikut ini beberapa poin yang dapat membantu kalian dalam memperkuat brand dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya:

Berikan tujuan di balik arti brand kalian

Kalian bisa menambahkan atau menyebutkan apa saja, selain jargon, yang menjadi tujuan di balik brand kalian dibuat. Kalian bisa menyertakan keunikan tanpa kehilangan value dari brand tersebut. 

Menjaga konsistensi brand 

Salah satu tanda bahwa brand dapat bertahan lebih lama adalah konsistensinya dalam berbagai hal. Hal ini mencakup desain logo, ide, warna, maupun gaya bahasa.  

Menjaga konsistensi brand juga tak hanya dalam hal desain logo brand tersebut tapi juga menyangkut kualitas produk sebuah brand. Apalagi jika produk kalian sudah memiliki pesaing yang cukup signifikan.

Memanfaatkan sosial media untuk promosi

Sosial media nyatanya cukup bagus untuk melakukan branding sebuah produk terkait strategi dalam pemasaran. Jika kalian memiliki akun sosial media untuk melakukan branding, hal itu akan memudahkan pelanggan setiap kali pelanggan menggunakan merk kalian karena bisa menandainya di sosial media.

Kalian juga bisa menaikkan omset penjualan menggunakan sosial media. Gunakan saja sosial media sebagai wadah untuk melakukan promosi dengan cara membagikan konten-konten yang menarik.

Memberi apesiasi pada pelanggan

Silakan kalian memberi sebuah apresiasi ke beberapa pelanggan setia. Kalian bisa saja mengungkapkan rasa terimakasih kepada konsumen kemudian memberikan sistem poin kepada mereka. 

Perhatikan kompetitor 

tips dan trik yang satu ini bisa dilakukan setelah menggunakan beberapa tips dan trik branding di atas. Kalian bisa melakukannya dengan cara mengawasi seperti apa pergerakan para pesaing.

Jika kalian tidak melakukannya, bisa saja strategi branding yang kalian gunakan mirip dengan kompetitor lainnya. Hal ini tentunya merugikan karena dapat membuat target pasar menjadi bingung.

Gunakan influencer marketing

Untuk melakukan tips dan trik yang satu ini, kalian bisa bekerja sama dengan para influencer agar mereka mau mempromosikan produk kalian.

Teknik influencer marketing ini sendiri sangat cocok digunakan saat launching sebuah produk baru. Dengan begitu, produk kalian bisa menjadi populer dengan jangkauan yang cukup luas.

Sponsorship

Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua pelaku bisnis memiliki modal yang cukup dalam memberikan sponsor dalam sebuah acara. Padahal, memberikan sponsor dalam suatu acara bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan apa itu branding.

Jenis-Jenis Branding

Berikut ini ada 5 jenis branding yang paling populer:

Product Branding

Product branding adalah jenis branding yang paling umum digunakan. Kalian pasti sudah sering melihatnya di mana-mana, mulai dari website, media sosial, TV, koran, dan billboard.

Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan produk yang baru diluncurkan atau meningkatkan penjualan produk lama. Biasanya yang ditampilkan adalah fitur-fitur produk, harga produk, variasi produk, dan nilai-nilai lain yang bisa menjadi keunggulan kompetitif.

Personal Branding

Jika ada orang yang menggunakan namanya sendiri sebagai brand maka itu adalah bentuk personal branding.

Biasanya metode ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki status tertentu. Intinya, yang dituju adalah brand awareness alias popularitas. Media yang paling umum digunakan adalah media sosial. 

Corporate Branding

Corporate branding adalah jenis branding yang bertujuan untuk mempromosikan suatu perusahaan. Biasanya yang dipromosikan adalah nilai-nilai perusahaan, etos kerja, sejarah perusahaan, atau misi perusahaan sehingga konsumen bisa mengenal perusahaan lebih dalam.

Media yang digunakan bisa bermacam-macam, seperti PR (public relation), media sosial, website, dan sponsor event.

Geographical Branding

Tagline “Pesona Indonesia”, jika kalian perhatikan nih, iklannya berisi keindahan alam dan budaya Indonesia. Nah, inilah contoh geographical branding.

Jadi, geographical branding adalah jenis branding yang menonjolkan keindahan, keunggulan, dan keunikan suatu wilayah. Biasanya jenis branding ini digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang terkait dengan bidang pariwisata.

Banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan geographical branding, mulai dari video, akun sosial media, dan portal berita.

Co-Branding

Co-Branding adalah jenis branding yang dilakukan bersama-sama oleh dua brand atau lebih.

Tujuannya yaitu untuk menarik minat dari seluruh bisnis yang terlibat sehingga jangkauan konsumennya menjadi lebih banyak. 

Dalam melakukan branding, kalian perlu melakukan dengan konsisten. Jadi, jangan heran jika membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal ini agar kalian mampu menjangkau konsumen dengan cara-cara seperti yang telah dijelaskan di atas. Semangat, Guys!

Have a good day


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Branding dan Pentingnya Bagi Bisnis
Artikel
Mengenal Apa Itu Branding dan Pentingnya Bagi Bisnis
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa sih yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar Aqua? Brand? Branding? Baca yuk Mengenal Apa Itu Branding dan Pentingnya Bagi Bisnis
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like