Apa Itu Topologi Mesh: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Apa Itu Topologi Mesh: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Sharing is caring!

Ada berapa jenis topologi jaringan komputer yang kalian tahu, nih? Apakah kalian sudah familiar dengan topologi mesh? Nah, bagi yang belum familiar, baca sampai selesai yuk Apa Itu Topologi Mesh: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Topologi mesh sendiri merupakan jenis topologi yang dibangun dengan cara memasangkan link di antara semua node yang ada di dalam jaringan tersebut.

Pengertian Topologi Mesh

Topologi Mesh merupakan sebuah jaringan komputer yang mana untuk bentuk koneksi antara perangkat komputer akan saling berhubungan secara langsung pada satu jaringan saja. Topologi jenis ini sering disebut sebagai topologi jala, untuk masing-masing komputer hanya ada pada satu dalam jaringan bisa berkomunikasi secara langsung.

apa-itu-topologi-mesh-1

Hal ini dikarenakan jaringan saling terhubung satu sama lain atau seringkali disebut sebagai dedicated link. Secara umum, topologi ini sengaja dibuat pada jaringan dengan skala yang tidak terlalu besar tapi membutuhkan komunikasi antara perangkat dalam waktu yang lebih cepat meskipun jarang digunakan.

Karakteristik Topologi Mesh

Topologi mesh sendiri memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

  1. Perangkat yang ada di dalam jaringan akan saling terhubung satu sama lainnya.
  2. Kabel yang digunakan dalam berkomunikasi secara langsung dengan node lainnya di dalam jaringan cukup banyak.
  3. Pada setiap node, setidaknya ada 2 atau lebih dari port I/O.
  4. Konfigurasi dalam setiap node akan berbeda di dalam berkomunikasi.

Cara Kerja Topologi Mesh

Cara kerja dari topologi mesh adalah pada setiap node yang ada di dalam jaringan akan saling terhubung karena penggunaan kabel yang langsung ke node yang dituju. Oleh karena itu, data yang mengalir tersebut akan dapat langsung menuju node yang dituju sehingga data tersebut akan mengalir pada jaringan topologi mesh dengan cepat. Data dapat mengalir langsung ke node yang dituju tanpa harus melewati node lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh

Kelebihan topologi mesh

  1. Topologi mesh mempunyai hubungan dedicated link yang mana dapat menjamin jika data akan langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lainnya sehingga data tersebut dapat mengalir lebih cepat sampai tujuan.
  2. Jenis topologi mesh ini adalah robust, yaitu jika terjadi gangguan di dalam koneksi komputer A dan komputer B karena adanya kerusakan pada kabel koneksi yang ada di antara komputer A dan komputer B maka gangguan tersebut tidak akan mengganggu koneksi yang ada di komputer A dengan lainnya.
  3. Pada topologi mesh, security dan privacy dapat terjamin baik karena komunikasi yang terjalin di antara kedua komputer tidak bisa diakses dengan komputer lainnya.
  4. Mudah dalam hal mengidentifikasikan masalah kerusakan yang terjadi antarjaringan komputer.

Kekurangan topologi mesh

  1. Membutuhkan kabel dan port I/O yang lebih banyak sehingga semakin banyak komputer yang ada di dalam jaringan topologi mesh sehingga akan membutuhkan lebih banyak kabel serta port I/O.
  2. Sulit dalam melakukan instalasi serta konfigurasi dikarenakan setiap komputer harus terkoneksi langsung.
  3. Jaringan komputer yang menggunakan topologi mesh akan sangat banyak menggunakan kabel, sehingga tentu saja membutuhkan sebuah ruangan yang cukup besar ketika akan membangun jaringan komputer tersebut.
  4. Biaya yang diperlukan untuk perawatan topologi jaringan ini lebih banyak dibandingkan jaringan lainnya.
  5. Jaringannya yang tidak praktis

Okay Guys, jadi itu penjelasan mengenai pengertian topologi mesh, karakteristik, cara kerja, dan kelebihan serta kekurangannya. Tentu saja pemilihan topologi jaringan perlu kalian sesuaikan dengan beberapa faktor yang ada sehingga bisa tepat dalam penggunaannya.

Stay safe and keep healthy


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Topologi Mesh Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan
Artikel
Apa Itu Topologi Mesh Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian sudah familiar dengan topologi mesh? Bagi yang belum familiar, baca yuk Apa Itu Topologi Mesh: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like