contoh-newsletter

Newsletter memegang peran penting dalam dunia digital marketing lho Guys karena orang-orang akan tertarik untuk membuka isi email marketing jika newsletter yang disampaikan memang menarik dan bagus. Iya, kan? Terus, contoh newsletter yang dapat menarik perhatian banyak orang, yang seperti apa sih? Oke, baca yuk Contoh Newsletter Yang Dapat Kalian Jadikan Sebagai Acuan

Contoh Newsletter Yang Dapat Dijadikan Acuan

Berikut ini contoh newsletter yang dapat kalian pakai:

Litmus

Litmus juga membuat newsletter yang unik dengan desain yang menarik lho sehingga dapat menarik para pelanggan selain menyajikan juga konten-konten menarik agar dapat dikonsumsi oleh para pembacanya.

contoh-newsletter-1

Anyway, desain dari newsletter Litmus ini bisa dibilang sangat sederhana karena memang tidak terlalu ramai dengan berbagai paduan warna yang mencolok.

Selain itu, copywriting yang digunakan oleh Litmus juga bisa membuat orang menjadi penasaran dan tertarik untuk mempelajari template email secara langsung.

Litmus juga menambahkan CTA (Call to Action) yang sederhana, dengan cara mengajak pembaca untuk mempelajari tentang template lebih banyak dengan mengklik link tersebut.

Yelp

Membuat konten yang relevan dengan audiens kalian merupakan salah satu rahasia untuk membuat newsletter menarik.

Nah, di dalam email marketing, kalian juga dapat mengelompokkan target pelanggan yang ingin dijangkau sehingga kalian bisa membuat konten yang relevan dengan pelanggan kalian.

Yups, Yelp bisa melakukan semua itu dengan baik sehingga newsletter yang mereka buat terlihat sangat menarik dan berkesan.

contoh-newsletter-2

Contoh newsletter yang dibuat oleh Yelp tersebut adalah menyajikan informasi yang spesifik, yakni dengan menargetkan pelanggan yang berdomisili di Boston.

Salah satu hal yang dapat ditiru dari newsletter Yelp adalah kalian harus tahu terkait minat pelanggan kalian.

Oya, jika kalian mengetahui kalau ada kelompok pelanggan yang mempunyai minat sama maka silakan kategorikan mereka ke dalam daftar email berbeda lalu buatlah konten yang sesuai dengan minat pelanggan tersebut.

Moz

Moz terlihat berbeda dengan yang lain dalam membuat newsletter karena Moz memilih untuk memilih artikel yang bagus guna ditampilkan di newsletter.

contoh-newsletter-3

Kalian dapat melihat bahwa newsletter yang dibuat oleh Moz cenderung lebih menampilkan artikel dari berbagai topik yang berbeda, yang mana telah mereka pilih sedemikian rupa.

SXSW

SXSW merupakan acara musik dan film yang diadakan setiap tahun di Austin, Texas. Nah, acara ini menggunakan newsletter yang menarik untuk mendorong para pembaca agar mendaftar dan hadir dalam acara tersebut.

contoh-newsletter-4

SXSW lebih fokus pada desain visual yang menarik untuk dilihat oleh mata bahkan tulisan yang ditampilkan pun sangat sedikit. Satu hal yang perlu kalian ketahui nih, jurus handal dari newsletter ini ternyata terletak di CTA-nya, yakni dengan menampilkan diskon dan di sampingnya terdapat tombol ‘Register Now‘

BrainPickings

BrainPickings merupakan blog tentang sastra, sains, seni, filsafat, dan banyak topik seputar pikiran serta perasaan manusia. 

Blog maupun email newsletter BrainPickings mengadopsi tema yang sama. Kombinasi warna putih, hitam, dan kuning memenuhi seluruh tampilan. Jadi, kalian bisa mendapatkan kesan mengakses blog ketika membuka newsletter. Begitupun saat ketika kalian membuka versi blog maka kesannya membaca newsletter. So amazing!

contoh-newsletter-5

BrainPickings memiliki satu keunggulan yang tak dimiliki newsletter lainnya, yakni kontennya yang begitu padat dan berisi. Konten di sini bukan hanya dalam bentuk teks saja tetapi juga video dan ilustrasi visual. One more, newsletter BrainPickings sangatlah panjang.

Pocket

Pocket adalah aplikasi sekaligus layanan berbasis web. Software ini dibuat agar pengguna internet bisa menyimpan tautan konten-konten menarik, baik dalam bentuk artikel, video, maupun berbagai konten lain yang ada di internet.

Setelah disimpan, pengguna Pocket tak perlu khawatir kehilangan konten yang ingin dinikmati karena mereka memang bisa membukanya sewaktu-waktu ketika membutuhkan.

Newsletter yang dikirim berisi rekomendasi berbagai konten menarik di internet.

Untuk memastikan agar rekomendasi tersebut relevan, Pocket melihat tipikal konten yang kalian simpan di aplikasinya. Oleh karena itu, tak aneh jika newsletter Pocket sengaja menyajikan begitu banyak rekomendasi konten.

contoh-newsletter-6

Newsletter Pocket berisi beberapa judul konten serta rangkuman singkatnya. Di bawah setiap rekomendasi konten, terdapat tombol Save to Pocket. Dengan mengklik tombol tersebut maka konten yang dipilih secara otomatis masuk ke daftar simpan akun Pocket. 

Pocket juga membantu kalian untuk mendapatkan konten menarik lho agar kalian juga getol dalam memakai aplikasinya.

Pinterest

Pinterest tetap mempertahankan kekhasan platformnya. Apalagi kalau bukan dengan tampilan seperti kartu. Hal ini menjadikan Pinterest tak membutuhkan desain atau kata-kata manis di dalam newsletter-nya. Inilah ciri khas Pinterest yang terlihat jelas. 

contoh-newsletter-7

Tak hanya menonjolkan ciri khas, tampilan card Pinterest juga memiliki peran ganda. Ia juga bisa menjadi tombol CTA (Call to Action) yang efektif dan efisien.

Trello

Menaruh judul “Newsletter” di sebuah newsletter itu membosankan dan tidak kreatif. Judul tersebut membuat pembaca berasumsi bahwa newsletter yang dikirim pasti berisi promosi, berita membosankan, bahkan spam. Kemungkinannya justru pembaca mengabaikan newsletter atau bahkan berhenti berlangganan.

Nah, sebagai gantinya, kalian bisa mencontoh newsletter dari Trello. Trello tak memasang tulisan “newsletter” atau headline sekalipun. Ketika membuka newsletter dari Trello, perhatian kalian akan langsung tertuju pada tampilan ilustrasi visualnya yang amazing dan senada dengan branding Trello.

contoh-newsletter-8

Selain itu, newsletter Trello tak mengandalkan banyak tulisan kata-kata untuk bercerita, justru hanya menampilkan satu kalimat tanya dan satu kalimat ajakan yang menggiring pembaca kepada titik utama yang mereka inginkan:CTA (Call to Action).

Jika newsletter kalian juga diarahkan untuk mencapai tujuan yang sama, tentu inspirasi dari Trello ini patut dicoba.

Nah Guys, dari artikel ini, kalian bisa belajar best practice dari contoh newsletter yang dicontohkan. Satu prinsip yang perlu dipegang ketika membuat newsletter adalah jadikan pelanggan sebagai pusat perhatian.

Good luck and have a good day


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment