apa-itu-database

Pernahkah kalian berpikir, saat kalian mengakses aplikasi secara online atau offline nih, apakah sistem proses penyimpanan data memang sangat kompleks? Apakah memang cukup ribet? Nah, database sendiri merupakan istilah teknologi jaringan komputer yang memiliki banyak manfaat berupa penyimpanan data. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk Mengenal Apa Itu Database, Jenis, dan Manfaatnya

Apa Itu Data

Data dapat berupa fakta yang berkaitan dengan objek apapun yang menjadi pertimbangan, seperti nama, usia, tinggi badan, berat badan, dan sebagainya. Atau, beberapa data yang berkaitan dengan kalian, seperti gambar, video, pdf, dan lain-lain. 

Apa Itu Database

Database adalah kumpulan data yang sistematis serta dapat mendukung penyimpanan elektronik dan manipulasi data. Basis data memudahkan pengelolaan data.

Salah satu contoh di kehidupan sehari-hari adalah penyedia layanan listrik menggunakan daftar data untuk mengelola penagihan, masalah terkait klien, menangani data kesalahan, dan lain-lain.

Jenis Database

Ada 5 jenis database yang selama ini beroperasi di perangkat kita, nih. Nah, dari 5 jenis database tersebut, terdapat 15 macam produk yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis database beserta fungsinya:

Operational Database

Operational Database atau biasa disebut dengan database OLTP (On Line Transaction Processing), berguna untuk mengelola data yang dinamis secara langsung atau real-time.

Jenis ini memungkinkan para pengguna dapat melakukan, melihat, dan memodifikasi data. Modifikasi tersebut bisa berupa mengubah, menambah, menghapus data secara langsung melalui hardware yang digunakan.

JSON

apa-itu-database-1

JSON (JavaScript Object Notation) adalah format file yang menggunakan teks untuk pengiriman data. Format ini sangat umum digunakan pengguna untuk pertukaran data layaknya berkomunikasi cepat melalui web browser dan web server bahkan sinkronisasi data bisa dilakukan secara real-time.

Format JSON sendiri berasal dari pemrograman JavaScript. JSON memiliki format bahasa yang berbeda dari lainnya. Diketahui bahwa semua file JSON selalu menggunakan ekstensi khusus berupa “.json”.

XML

apa-itu-database-2

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa program markup yang memiliki aturan untuk memberikan dua kode dokumen berbeda yang bisa dibaca oleh manusia dan dibaca oleh komputer. Melalui XML, akan menghasilkan format data berupa teks yang dapat digunakan untuk merepresentasikan struktur basis data. Selain itu, sinkronisasi data dapat dilakukan secara real-time oleh pengguna.

Bahasa program ini sangat cocok digunakan untuk menangani basis data pada web browser dan web server. Struktur yang digunakan XML dinilai banyak memiliki kesamaan dengan format JSON.

Database Warehouse

Database Warehouse adalah sistem basis data yang biasa digunakan untuk pelaporan dan analisis data. Sistem ini dianggap sebagai komponen inti dari business intelligence. Database Warehouse merupakan repository sentral data yang terpadu dari satu atau lebih sumber yang berbeda. Database tersebut juga menyimpan data terkini dan historis dengan satu tempat yang digunakan untuk membuat laporan analisis.

Data yang tersimpan di warehouse awalnya diunggah dari sistem operasi. Data bisa melewati penyimpanan operasional dan memungkinkan untuk pembersihan data. Proses tersebut menjadi operasi tambahan, sekaligus dapat memastikan kualitas data sebelum digunakan di warehouse sebagai pelaporannya.

Microsoft SQL Server

apa-itu-database-3

Microsoft SQL Server adalah sistem basis data yang dibangun oleh Microsoft. Sebagai server database, sistem ini merupakan produk software yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data sesuai permintaan aplikasi lainnya. 

Distributed Database

Distributed Database adalah basis data yang perangkat penyimpanannya tidak terpasang pada perangkat komputer yang sama. Basis data tersebut disimpan di beberapa perangkat komputer yang terletak di tempat yang sama atau tersebar melalui jaringan komputer lainnya yang saling berhubungan.

Sistem ini tidak sama dengan sistem paralel yang menggabungkan erat dan bersistem data tunggal. Sistem ini terdistribusi melalui situs yang tergabung dan tidak memiliki komponen fisik.

Melalui administratornya, basis data dapat mendistribusikan sekumpulan data di beberapa lokasi yang berada di server jaringan terorganisir. Basis data yang terdistribusi, dapat meningkatkan kinerja bagi end user dengan membiarkan transaksi melalui proses mesin yang banyak sehingga tidak fokus pada satu mesin saja. Hal ini karena sistemnya yang begitu unik.

Microsoft Access (Office)

apa-itu-database-4

Microsoft Access adalah sistem DBMS yang menggabungkan Microsoft Jet Database Engine dengan alat pengembang software. Microsoft Access menyimpan data dengan formatnya sendiri. Melalui software ini, pengguna dapat mengimpor atau menghubungkan langsung ke data yang tersimpan di database lainnya.

Microsoft Access sangat cocok digunakan pada sistem informasi dengan distributed database. Anyway, karena penyimpanan file tidak membutuhkan server database aktif sehingga bersifat portable.

Relational Database

Relational Database atau basis data relasional adalah basis data yang mengorganisir berdasarkan model hubungan data. Banyak sekali software yang menggunakan sistem ini untuk mengatur dan memelihara basis data melalui hubungan setiap data. Umumnya, semua sistem menggunakan Structured Query Language (SQL) sebagai bahasa pemrograman untuk pemeliharaan basis data dan query.

MySQL

apa-itu-database-5

MySQL adalah sebuah sistem untuk manajemen basis data relasional. Banyak sekali produk-produk IT yang dibuat dengan menggunakan komponen utama MySQL. Aplikasi seperti WordPress, Google, Flickr, Youtube, Facebook, Joomla, phpBB, Drupal, dan MODx, menggunakan sistem ini untuk manajemen basis data relasional mereka.

PostgreSQL

apa-itu-database-6

Sistem ini berfungsi untuk menyimpan data secara aman dan dapat mengembalikan data tersebut sebagai respon atas request dari aplikasi lainnya. PostgreSQL dapat bekerja melalui aplikasi mesin tunggal kecil hingga aplikasi internet besar beserta pengguna yang banyak secara bersamaan.

Sistem ini biasa digunakan pada sistem operasi mac OS server karena pengaturannya sudah tersedia secara default. Sistem operasi lainnya seperti Windows dan Linux juga dapat ditemukan dengan mengubah pengaturannya.

MariaDB

apa-itu-database-7

MariaDB adalah sistem yang dikembangkan dari MySQL. Pengembangan ini bertujuan untuk mempertahankan kompatibilitas yang tinggi dari MySQL dan cocok dengan API MySQL beserta perintah-perintahnya. MariaDB memiliki mesin penyimpanan XtraDB untuk mengganti InnoDB.

MongoDB

apa-itu-database-8

MongoDB adalah software database yang berorientasi pada dokumen cross platform dan open source. MongoDB menggunakan dokumen yang mirip dengan skema JSON. Oleh karena itu, sistemnya diklasifikasikan ke dalam program basis data NoSQL.

Oracle Database

apa-itu-database-9

Oracle Database adalah sistem relation database selanjutnya yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Oracle. Dalam penggunaannya, sistem Oracle mengacu pada struktur memori server-side sebagai sistem area globalnya. Sistem area global dapat menyimpan cache, perintah SQL, dan informasi pengguna. Selain itu, sistem ini memungkinkan untuk menyimpan riwayat transaksional, seperti redo log online.

SAP HANA

apa-itu-database-10

SAP HANA adalah sistem lain yang berorientasi pada kolom dan hubungan antartabel. Sistem ini memiliki fungsi utama sebagai database server yang menyimpan dan mengambil data sesuai permintaan aplikasi. Selain fungsi tersebut, SAP HANA juga dapat melakukan analisis lanjutan, seperti analisis prediksi, pemrosesan data spasial, analisis teks, analisis streaming, pencarian teks, dan pemrosesan data grafik.

IBM Db2

apa-itu-database-11

IBM Db2 adalah sistem lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan IBM. Melalui sistem ini, model relasional dapat terdukung. Hanya saja, versi terbarunya IBM Db2 memiliki multi-fungsi yang mendukung fitur relasional dan nonrelasional, seperti JSON dan XML.

MemSQL

apa-itu-database-12

MemSQL adalah sistem manajemen basis data SQL terdistribusi dan in-memory. Sistem ini juga termasuk ke dalam sistem manajemen basis data relasional (RDBMS). MemSQL berfungsi untuk mengkompilasi SQL ke dalam kode mesin melalui proses pembuatan kode atau code generation.

Interbase

apa-itu-database-13

Interbase adalah sistem RBMS yang berbeda dengan produk lainnya. Sistem ini memiliki footprint yang minim, persyaratan administrasi yang hampir nol, dan arsitektur multi generasi. Interbase dapat digunakan di sistem operasi Windows, macOS, Linux, Solaris, iOS, dan Android.

Firebird

apa-itu-database-14

Sistem basis data relasional terakhir adalah Firebird. Firebird adalah sistem SQL yang open source dan berjalan di sistem operasi mac OS X, Windows, Linux, dan sistem operasi lainnya yang unik. Basis data Firebird juga merupakan cabang dari open source Borland Interbase pada tahun 2000. Hanya saja sejak versi Firebird 1.5, kode yang dibuat sebagian besar telah ditulis ulang.

End-User Database

SQLite

apa-itu-database-15

SQLite adalah sistem manajemen basis data yang ada pada library pemrograman C. SQLite bukan merupakan mesin database client server. SQLite tertanam ke dalam program akhir sehingga cocok digunakan dalam mendukung penyimpanan data akhir end user.

SQLite sangat populer digunakan sebagai software database untuk penyimpanan lokal atau klien melalui software aplikasi, seperti peramban web. Sistem ini merupakan sistem yang paling banyak digunakan melalui sistem operasi, peramban web, dan sistem embedded yang lebih luas seperti ponsel.

Manfaat Database

Ada beberapa manfaat database, yaitu:

Kecepatan dan kemudahan

Sistem database memberikan kemampuan dalam seleksi data menjadi satu kelompok yang terurut dengan cepat. Instrumen tersebut menghasilkan pencarian informasi yang dibutuhkan dan bisa ditemukan dengan cepat. Kecepatannya juga dipengaruhi oleh jenis database yang digunakan. Setiap jenis database memberikan kemampuan yang berbeda-beda.

Multi-user

Database memberikan kemudahan akses bagi banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Sistem tersebut memungkinkan akses suatu dokumen ke lebih dari satu pengguna sehingga kinerja mesin dan jaringan dimudahkan melalui multi-user karena penyimpanan hanya terdiri satu unit yang dapat diakses secara bersamaan.

Keamanan data

Sistem database melalui bahasa pemrogramannya telah dibuat secara safety. Melalui instrumen password membuat data tersebut hanya bisa diakses kepada pihak yang diizinkan. Manajemen tersebut telah diaplikasikan pada hampir seluruh jenis sistem database sehingga menjadikan keamanan data merupakan hal prioritas bagi layanan sistem database.

Penghematan biaya perangkat

Memiliki satu database terpusat sudah cukup bagi perusahaan besar yang membutuhkan pengumpulan data secara ringkas. Hal ini membuat perusahaan tidak membutuhkan ruang penyimpanan di tiap tempat yang berbeda. Melalui jaringan internet, cabang perusahaan di daerah terpencil pun bisa melakukan akses data yang ada di pusat.

Kontrol data terpusat

Database tidak membutuhkan server lebih dari satu dalam penggunaannya. Cukup satu server terpusat untuk menyimpan data sehingga data tersebut bisa diakses oleh banyak pengguna. Hal ini memberikan harga murah bagi perusahaan untuk investasi ruang penyimpanan data penting perusahaan.

Perusahaan tidak perlu membuat suatu data di tiap divisi jobnya. Setiap divisi bisa mengumpulkan data khusus melalui satu server yang ditentukan sehingga laporan untuk atasan menjadi lebih ringkas.

Mudah membuat aplikasi

Nah, kaitannya terhadap perusahaan nih, jika perusahaan membutuhkan aplikasi input data yang baru, programmer tidak perlu membuat ulang struktur database. Hal ini karena sudah cukup untuk mengenali aplikasi input data yang baru dengan menggunakan struktur database yang dibuat sebelumnya 

Guys, setelah membaca sampai selesai, jadi tahu bahwa ternyata banyaknya manfaat database ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi manusia dalam membantu pekerjaannya, ya. Selain itu, hal tersebut yang menjadikan instrumen ini sangat penting bagi programmer dalam membuat suatu aplikasi web atau hardware.

Oya Guys, ngomong-ngomong tentang optimasi performa website nih, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas lho, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit ya. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment