apa-itu-chatbot

Saat kalian ingin membeli sebuah produk secara online, biasanya ada beberapa pilihan yang ditawarkan. Nah, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan yang dapat menjawab secara cepat dan otomatis pertanyaan dari pelanggan. Layanan ini biasa disebut dengan Chatbot. Okay, yuk baca Mengenal Apa Itu Chatbot

Pengertian Chatbot

Chatbot merupakan sebuah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks atau keduanya.

Mudahnya, Chatbot ini merupakan percakapan virtual yang mana satu pihak adalah sebuah robot chat yang bertujuan untuk sarana hiburan. Fitur chatbot ini telah digunakan di berbagai industri untuk menyampaikan informasi.

Cara Kerja Chatbot

Sebenarnya bots ini bekerja dengan memindai keyword dalam input, setelah itu dibalas dengan keyword yang paling cocok atau bisa pula dengan pola kata yang paling mirip dari basis data tekstual.

Apabila pengguna mengirim suatu permintaan maka bots tersebut akan mengirim kembali respon secara spesifik yang berdasarkan pada query yang dikirim. Pada saat itu, yang perlu dilakukan hanya memberikannya perintah. Selain itu, bisa pula membuat suatu percakapan baik text atau audio.

Setelah itu para bots ini mulai mencari data yang dibutuhkan yang berdasarkan keyword yang diberikan, baik itu berbentuk text ataupun audio. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan tersebut, akan disampaikan kembali oleh mereka juga dalam bentuk teks maupun audio. Bahkan juga bisa melakukan transaksi berdasarkan perintah yang diberikan.

Kelebihan  Chatbot

Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot:

Respon Cepat

Saat kalian ingin menanyakan sesuatu hal melalui website, secara otomatis akan dijawab dengan cepat tanpa bertele-tele. Hal ini pastinya akan sangat disenangi oleh konsumen.

24/7 Hari

Biasanya untuk proses tanya jawab dilaksanakan oleh CS. Tidak sedikit adanya kendala yang didapatkan seiring pengoperasian, seperti jam kerja. Lain dengan chatbot karena teknologi ini tidak akan pernah tidur seperti manusia sehingga kapanpun ada pertanyaan maka bisa segera dijawab.

Mempermudah Bisnis

Chatbot memang cocok untuk seorang pebisnis. Hal tersebut dikarenakan tidak perlu lagi berurusan dengan pelanggan yang terkadang mengalami masalah. Dengan bantuan teknologi robot maka urusan CS bisa menjadi lebih mudah.

Meningkatkan Kualitas Customer Experience

Bot memang dapat membangun percakapan dengan pelanggan secara proaktif. Caranya ya melalui rekomendasi serta bantuan yang diberikan sehingga pelanggan merasa dibantu. Itulah kenapa bot sering dimanfaatkan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas customer experience.

Berbagai Platform Chatbot Terbaik yang Bisa Kalian Gunakan

Kami memiliki beberapa rekomendasi platform Chatbots builder terbaik untuk kalian nih bagi kalian yang ingin memanfaatkan layanan bot untuk bisnis:

MobileMonkey

apa-itu-chatbot-1

Teknologi bot ini biasanya digunakan pada Facebook Messenger, website dan SMS. Kesempatan kalian untuk memperoleh konversi tinggi akan semakin besar dengan platform ini. Ditambah lagi jika menghubungkannya dengan ad campaign, drip marketing, list kontak pelanggan, dan tools pesan broadcast.

Sayangnya pada versi gratis, kalian hanya bisa menggunakan list kontak pelanggan dan fitur yang terbatas. Kecuali, kalian  upgrade ke Premium Plan dengan harga minimal Rp 2 juta/bulan untuk menikmati fiturnya yang lengkap, termasuk kapasitas 5000 list kontak.

Botsify

apa-itu-chatbot-2

Jika kalian butuh teknologi bot yang instan dan berkualitas maka Botsify bisa menjadi solusinya. Platform ini bisa kalian integrasikan di Facebook Messenger, Slack, dan website. Meski penggunaannya memang sederhana namun tidak mengurangi kualitasnya dalam menanggapi pesan pelanggan yang kompleks.

Sekalipun ada pesan yang sulit ditangani, bot ini akan mengarahkan otomatis ke pihak CS kalian. Anyway, kalian bisa mencoba platform Botsify dengan layanan free trial untuk waktu 14 hari lho. Nah, sisanya kalian bisa upgrade ke layanan Pro dengan biaya Rp 700.000,- /bulan untuk fitur unlimited.

Vutura Chatbot Indonesia

apa-itu-chatbot-3

Platform Chatbot ini asli buatan Indonesia lho, Guys. Bangga dong dengan produk sendiri! Iya kan? Nah, Vutura ini memiliki banyak keunggulan yang juga tidak kalah dengan platform lainnya, yaitu memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk menciptakan teknologi bot secara instan. Kalian juga bisa menggunakan platform ini untuk menciptakan bot pada LINE, Facebook Messenger, Telegram, hingga website.

Kata.ai

apa-itu-chatbot-4

Selain Vutura, ada juga platform Chatbot buatan Indonesia lho, yaitu Kata.ai. Berdiri sejak tahun 2015, platform yang awalnya bernama Yesboss ini menawarkan teknologi asisten virtual alias bot dengan berbagai kelebihannya.

Kalian bisa memanfaatkan platform ini untuk mendukung dari setiap elemen bisnis mulai dari pemasaran, pelayanan, hingga sebagai alat untuk mengumpulkan data behavior audiens.

Chatbot

apa-itu-chatbot-5

Chatbot merupakan salah satu platform terpopuler yang paling banyak digunakan oleh berbagai bisnis digital di dunia. Kalian bisa mengintegrasikan Chatbot pada berbagai platform pesan singkat, seperti Slack, Facebook Messenger, LiveChat, Skype, Twitter, hingga YouTube.

Oia, kalau kalian belum merasa yakin untuk melakukan pembelian, Chatbot menawarkan layanan free trial selama 14 hari lho, Guys.

Okay Guys, gimana? Udah paham kan seluk beluk Chatbot? Pada akhirnya, dengan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk bertanya atau mengajukan permintaan terkait bisnis kalian, itu artinya kalian memang peduli dengan kebutuhan mereka. Setuju dong? 

Have a nice day and good luck!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment