Mengapa Kita Perlu Menggunakan VPN?

Mengapa Kita Perlu Menggunakan VPN?

Sharing is caring!

Virtual Private Network atau biasa disebut VPN merupakan sebuah koneksi yang memberikan privasi online dan anonimitas dengan menciptakan jaringan pribadi dari koneksi internet publik. VPN bersifat pribadi karena tujuan penggunaanya adalah untuk mengatasi masalah keamanan yang lebih serius. VPN biasa digunakan oleh perusahaan, pemerintah, dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan. Namun keberadaan VPN saat ini sudah masuk ke ranah penggunaan pribadi dengan maksud melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Fungsi VPN

  1. Mengamankan Transaksi Saat Sedang Terkoneksi dengan Internet

Anda adalah pengguna e-banking? Jika iya, maka VPN sudah pasti menjadi salah satu fitur yang wajib yang harus diaktifkan. Terlebih saat Anda berada di luar kota dan menggunakan akses internet publik, seperti wifi dan warnet. Penggunaan VPN saat kita sedang menggunakan sumber internet publik dapat menekan aktivitas pencurian data.

  1. Menutupi Aktivitas Browsing

Jika Anda memerlukan privasi saat browsing atau berselancar di internet, maka keberadaan VPN akan sangat membantu. VPN dapat membantu menutupi dan menyembunyikan aktivitas internet yang Anda lakukan sehingga history yang telah dilakukan tidak akan terdeteksi oleh orang lain.

  1. Dapat Mengakses Website yang Diblokir oleh Host atau ISP

VPN membantu Anda agar tetap dapat mengakses situs yang sudah diblokir. Fungsi ISP sendiri untuk memperluas jaringan ke pengguna dengan cara mendukung penggunaan internet secara optimal, melakukan proteksi terhadap virus saat mengakses internet, dan mengontrol speed akses internet pada user.

  1. Mengakses Konten dari Situs yang Mengalami Sensor

Beberapa konten di internet mungkin mengalami penyensoran karena alasan tertentu oleh host dan juga internet service provider. Namun dengan melakukan browsing dan juga pengaksesan internet menggunakan VPN maka Anda dapat masuk ke dalam situs yang memiliki konten yang disensor.

  1. Meningkatkan Kecepatan Download File

Pada beberapa kesempatan, VPN juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kecepatan internet. Anda dapat menggunakan VPN untuk membantu meningkatkan kecepatan download file dengan ukuran yang sangat besar di internet.

Mengapa Perlu Menggunakan VPN?

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi VPN, mungkin Anda akan semakin bertanya-tanya mengapa perlu menggunakan VPN. Seperti yang kita ketahui, saat ini kita hidup di era yang serba digital di mana semakin banyak kegiatan yang dilakukan secara online. Berkomunikasi, penggunaan e-banking, bekerja online, dan banyak kegiatan lainnya.

Dengan berbagai alasan tersebut, penting bagi kita untuk melindungi segala informasi yang kita miliki. Anda tentu tidak ingin data-data yang Anda miliki bocor ke banyak orang bukan? Terlebih jika data tersebut memang bersifat rahasia. Jika Anda tidak menyiapkan alternatif untuk mengamankan koneksi internet Anda, maka ada resiko bahwa peretas, pemerintah, penyedia layanan internet, situs-situs, rekan kerja dan pihak lain akan mengetahui lebih banyak hal tentang Anda tanpa izin Anda. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan VPN untuk melindungi data Anda dari pihak-pihak tersebut.

Ada berbagai alasan bagi orang-orang untuk mulai menggunakan VPN. Beberapa di antaranya adalah:

  • Berselancar di Internet secara Anonim

Penggunaan koneksi VPN dapat membantu Anda dalam menyembunyikan alamat IP asli dan lokasi Anda, karena alamat IP yang Anda gunakan adalah milik server VPN yang sedang terhubung dengan Anda. Pihak-pihak yang mungkin berniat jahat tidak akan dapat melacak aktivitas online Anda dan mengaitkannya dengan lokasi atau identitas Anda, berdasarkan alamat IP Anda.

  • Mencegah Perusahaan yang Ingin Mengumpulkan File tentang Anda

Kita tentu tidak asing dengan jaringan periklanan seperti Facebook, Google, dan Twitter yang selalu mengumpulkan informasi tentang Anda melalui traffic online Anda. Dengan informasi tersebut, mereka dapat menunjukkan iklan-iklan spesifik kepada Anda. Namun selain itu, informasi milik Anda juga bisa dengan bebas dijual kepada pihak ketiga. Oelh karena itu, mengenkripsi data Anda menggunakan VPN akan mempersulit jaringan-jaringan tersebut dalam mengumpulkan informasi tentang Anda. Mereka juga punya kuasa yang lebih kecil atas apa yang Anda lihat saat online.

  • Perlindungan dari Peretas dan Pemerintah

Tanpa koneksi VPN yang aman, akan lebih mudah bagi orang lain untuk berbuat kejahatan kepada Anda, seperti mencegat, melihat, dan mencuri data yang Anda miliki di dunia maya. Tanpa disadari, pihak lain dapat mengakses perangkat Anda dan menggunakan informasi pribadi Anda. Namun tenang, Anda dapat mencegah hal ini dengan penggunaan VPN karena semua traffic internet Anda akan dienkripsi.

  • Mengakses Jaringan Perusahaan Anda

Di era pandemi seperti ini, banyak perusahaan yang akhirnya bekerja secara jarak jauh atau biasa kita kenal dengan istilah work from home. Dengan adanya hal ini, beberapa orang menggunakan koneksi VPN untuk tetap bisa mengakses jaringan perusahaan meski dari rumah. Hal ini tentu akan membantu orang-orang tersebut untuk tetap bekerja secara efisien meskipun tidak berada di kantor.

Rekomendasi Penyedia Layanan VPN Terbaik

  1. ExpressVPN

ExpressVPN didirikan pada tahun 2009 dan merupakan salah satu penyedia layanan VPN terbesar. ExpressVPN menawarkan fitur kill-switch yang berguna yang mencegah kebocoran data jaringan di luar terowongan VPN. ExpressVPN menawarkan ribuan server cepat dan stabil, aplikasi untuk semua jenis perangkat, dan layanan pelanggan yang baik. 

Dengan spesifikasinya yang bisa dibilang baik, ExpressVPN bukan termasuk VPN yang termurah.

  1. Surfshark

Surfshark mampu membantu kita berselancar seperti hiu, sesuai dengan namanya. Layanan VPN Surfshark jauh lebih murah jika dibandingkan dengan penyedia layanan lain. VPN ini juga dianggap sangat kuat karena memberikan jumlah maksimum dukungan perangkat hanya dengan mendaftarkan akun. Dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa memasangnya dan terhubung dengan server VPN yang tepat. Lalu Anda juga bisa menggunakan VPN ini untuk menelusuri internet dengan alamat IP yang berbeda. Surfshark juga bisa dikategorikan sebagai VPN paling efisien untuk keluarga yang sering menggunakan berbagai jenis perangkat, karena koneksi dapat dibuat pada saat yang bersamaan. 

  1. NordVPN

NordVPN juga termasuk dalam salah satu merek yang paling dikenal di bidang VPN. NordVPN menawarkan opsi IP khusus bagi mereka yang mencari tingkat koneksi VPN yang berbeda. NordVPN menjamin keamanan data karena menggunakan sistem yang memungkinkan Anda menyembunyikan alamat IP Anda. harga yang dipasang oleh NOrdVPN juga masih terjangkau. NordVPN juga menawarkan banyak pilihan tambahan. Hal ini berguna saat Anda sudah terbiasa dengan VPN dan ingin mencari fitur-fitur spesifik untuk membantu Anda.

Nah, itulah tadi informasi terkait VPN yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan Anda dan membantu kebingungan Anda dalam menggunakan VPN. Jika Anda ingin menggunakan layanan VPN, maka hal yang paling penting yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan kebutuhan Anda. Pahami kebijakan dan syarat penggunaan oleh layanan VPN yang akan Anda pilih.

Oia Guys, membuat email dengan domain sendiri sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengapa Kita Perlu Menggunakan VPN
Artikel
Mengapa Kita Perlu Menggunakan VPN
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
VPN merupakan sebuah koneksi yang memberikan privasi online dan anonimitas dengan menciptakan jaringan pribadi dari koneksi internet publik.
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like