Internet Service Provider: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Sharing is caring!

Sejak hadirnya internet di tengah kehidupan manusia, kehidupan menjadi lebih praktis dan mudah. Hal-hal yang tadinya terasa sulit sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Nah, disitulah ISP banyak berperan. Okay, kita ketahui lebih lanjut yuk dengan baca Internet Service Provider: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja 

Pengertian Internet Service Provider (ISP)

Secara umum, Internet Service Provider (ISP) adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai media online.

Kalian tidak bisa mendapatkannya secara gratis karena ini adalah layanan berbayar. Internet Service Provider memang lebih familiar dengan sebutan provider internet karena pengucapannya lebih mudah. Iya kan?

Jaringan yang ditawarkan oleh ISP memang luas, artinya baik itu pengguna internasional maupun lokal bisa terhubung secara global. Oleh karena itu, data bisa mengalir melalui jaringan data transmisi dari satu tempat ke tempat yang lain. Ada banyak jalur transmisinya, bisa melalui sinyal radio, modem, kabel, dan jalur lainnya. Dalam pelayanan berbayar dari ISP tentu akan ditarik biaya bulanan yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu modem dan broadband.

Pada koneksi kategori dial up atau modem memang biayanya tergolong murah dan ada juga yang gratis, lho. Sedangkan media transmisi yang digunakan adalah kabel telepon biasa dan bisa dipasang di kantor maupun rumah.

Kategori yang kedua adalah broadband atau jalur lebar, biasanya transmisi akan menggunakan internet nirkabel, modem, satelit, dan lainnya. Memang yang jenis ini lebih cepat tapi biayanya lebih mahal.

Fungsi Internet Service Provider (ISP)

Fungsi dari ISP secara singkat adalah untuk mendistribusikan jaringan koneksi sehingga klien dan pengguna bisa mengakses segala informasi yang ada pada internet.

ISP juga mempunyai beberapa fungsi lainnya, seperti:

  • Menyambungkan klien atau pengguna layanan mereka ke gateway internet terdekat.
  • Penyedia perangkat modem dan antena yang digunakan untuk koneksi internet berjenis dial-up connection.
  • Melakukan pembatasan akses dan juga kuota internet bagi beberapa user.
  • Mempermudah akses internet bagi user di seluruh penjuru Indonesia.
  • Memajukan teknologi internet dan akses internet untuk daerah-daerah terpencil yang ada di Indonesia.
  • Memungkinkan klien untuk melakukan komunikasi online berupa suara maupun surat elektronik.

Cara Kerja Internet Service Provider (ISP)

Cara kerja ISP tergolong cukup sederhana. Penyedia internet hanya tinggal menunggu pengguna jasa internet untuk mengirim permintaan koneksi dan akses.

Selanjutnya, internet provider akan melakukan routing jaringannya ke perangkat yang digunakan oleh pengguna layanan tersebut. Perangkat ini bisa berupa access point, modem, desktop maupun smartphone.

Setelah proses routing jaringan ini selesai, pengguna bisa langsung menggunakan dan menikmati akses internet sesuai dengan kebutuhan.

Contoh ISP di Indonesia

Berikut ini adalah daftar Internet Service Provider di Indonesia:

  1. Indihome: salah satu internet provider terpopuler dari Telkom Indonesia, Indihome menawarkan banyak jenis layanan, seperti koneksi wifi rumah, telepon kabel, sampai tv kabel.
  2. IM2: internet provider yang berasal dari PT Indosat, jasa layanan yang ditawarkan oleh IM2 adalah koneksi internet keperluan pribadi atau komersial.
  3. Centrin: layanan internet provider dengan akses internet yang cepat dan stabil dengan fitur-fitur yang canggih, seperti koneksi fiber optic dan 24/7 support.
  4. First Media: perusahaan ISP yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu pelopor internet cepat Indonesia,  harga dan layanan yang ditawarkan hampir sama dengan provider Indihome.
  5. Astinet: access service dedicated to internet atau Astinet adalah layanan yang berasal dari perusahaan Telkom Indonesia, biasanya digunakan untuk penggunaan internet skala besar.

Sebagai pengguna aktif internet, mengetahui apa itu ISP adalah salah satu hal yang sebaiknya dilakukan agar lebih memahami seluk beluk internet. Tentuny pilihan ISP bergantung pada kebutuhan kalian 🙂

Stay safe and keep healthy

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Internet Service Provider Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja
Artikel
Internet Service Provider Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
ISP kini banyak berperan. Okay, kita ketahui lebih lanjut yuk dengan baca Internet Service Provider: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment