Mana Pilihan yang Terbaik: Freenom atau Paid Domain?

Freenom membantu individu dan bisnis yang memiliki anggaran terbatas untuk memiliki keberadaan online dengan menyediakan domain tanpa biaya. Lalu, perbedaanya dengan paid domain apa ya? Okay deh, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk pembahasan selengkapnya tentang Mana Pilihan yang Terbaik: Freenom atau Paid Domain?

Apa Itu Freenom?

Freenom adalah penyedia layanan domain gratis yang dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia.

Tujuan utama Freenom adalah membantu individu dan bisnis yang memiliki anggaran terbatas untuk memiliki keberadaan online dengan menyediakan domain tanpa biaya.

Oia, penting untuk diingat bahwa Freenom memiliki keterbatasan, yaitu dalam pilihan ekstensi domain yang tersedia. Freenom menawarkan ekstensi domain yang mungkin tidak sepopuler ekstensi-ekstensi yang lebih umum, seperti COM, NET, atau ORG.

Sebaliknya, Freenom menawarkan ekstensi seperti CF, ML, TK, GA, atau GQ yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Perbedaan Freenom dan Paid Domain

Freenom memiliki fungsi yang sama dengan paid domain lainnya, yang mana dapat digunakan untuk website, blog, atau bahkan akun email.

Jika menginginkan kontrol penuh, kalian dapat menggunakan server nama kalian sendiri (DNS). Ekstensi domain yang dapat didaftarkan secara gratis saat ini mencakup berbagai pilihan.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua domain tersedia tanpa biaya. Domain yang dianggap “Khusus” memiliki keterbatasan dan hanya dapat dibeli dengan harga yang bervariasi, yang akan ditampilkan saat memeriksa ketersediaannya.

Sementara itu, domain-domain lainnya bisa didaftarkan secara gratis atau dibeli. Di bawah ini tabel perbandingan di antara dua opsi Freenom dan Paid domain:

Freenom atau Paid Domain

Eitss, ada perbedaan yang lain:

freenom

Mana yang Terbaik, Freenom vs Paid Domain?

Wait, sebelum membuat keputusan, yuk lihat perbandingan di bawah ini dari segi kelebihan dan kekurangannya: 

Kelebihan Freenom

  • Tidak Butuh Biaya Awal: Tidak butuh biaya awal untuk pendaftarannya sehingga cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.
  • Tersedia Melalui Platform Populer: Beberapa platform populer seperti Blogspot dan WordPress masih menawarkan subdomain gratis kepada pengguna mereka dan hal ini memudahkan pembuatan website tanpa biaya.
  • Permanen (Dalam Batas Wajar): Alamat website yang didapat dari freenom dapat tetap digunakan secara permanen, selama pengguna tidak melanggar syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia layanan.
  • Bisa Menghasilkan Uang: Meski gratis, domain ini tetap bisa digunakan untuk membuat website yang menghasilkan uang, memberikan peluang bagi pengguna untuk menjalankan bisnis online tanpa biaya awal yang signifikan.

Kekurangan Freenom

Berikut ini beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan: 

  • Kurang Unik: Alamat freenom seringnya memiliki panjang yang lebih dari biasanya, yang mana hal ini dapat mengurangi kesan unik dan profesionalitas website. Alamat yang terlalu panjang juga membuatnya lebih sulit untuk diingat oleh pengunjung.
  • Menurunkan Kredibilitas Brand/Perusahaan: Penggunaan freenom dapat menurunkan kredibilitas sebuah brand atau perusahaan di mata pengunjung. Hal ini karena freenom sering dianggap kurang profesional, terutama oleh bisnis yang berorientasi pada profit.
  • Pembatasan dalam SEO: Sering tidak dapat dioptimalkan untuk SEO dengan baik. Mereka tidak dapat terhubung ke hosting dengan performa tinggi dan hal ini dapat mengganggu performa SEO website. Selain itu, website dengan freenom jarang muncul di peringkat tinggi pada hasil pencarian untuk topik tertentu.

Kelebihan Paid Domain

Berikut ini beberapa kelebihan dari paid domain:

  • Terlihat Profesional: Menggunakan paid domain membuat website terlihat lebih profesional di mata pengunjung. Setiap pembelian nama domain butuh identitas dan alamat email aktif kalian sehingga kepemilikannya dapat dipastikan sehingga memberi kesan kepercayaan dan profesionalitas.
  • Banyak Pilihan Ekstensi Domain: Kalian dapat memilih dari berbagai ekstensi domain yang sesuai dengan identitas website kalian. Misalnya, bisa memilih .store untuk toko online, dan sebagainya, sehingga memberikan kesan khusus dan relevan dengan konten yang ditawarkan.
  • Mudah Diingat: Penggunaan paid domain memudahkan audiens untuk mengingat suatu alamat website. Adanya ekstensi domain yang sesuai, kalian bisa memperoleh keunggulan dalam hal kemudahan ingatan dan pengakuan merek.
  • Pembuatan Email Domain: Paid domain memungkinkan untuk membuat email dengan domain kalian sendiri, yang dapat memberikan kesan unik dan profesional bagi bisnis kamu. 

Kekurangan Paid Domain

Berikut ini ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  • Harga Tahunan: Salah satu kekurangan utama dari paid domain adalah biaya yang harus ditanggung secara tahunan. Harga ini menjadi kendala bagi banyak orang yang ingin mendaftarkan domain, khususnya bagi pemilik anggaran terbatas.
  • Harga Fantastis untuk Domain Premium: Selain itu, ada jenis paid domain yang memiliki harga fantastis karena keunikannya, seperti domain dengan hanya dua hingga empat karakter (yang dikenal sebagai domain premium). Oleh karena itu, jika memiliki domain premium, kalian harus siap untuk membayar dengan jumlah yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga domain biasa.

Pertanyaannya adalah mana yang sebaiknya dipilih?

Jika kalian seorang pemula yang baru memulai website sederhana maka menggunakan freenom mungkin sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Sedangkan jika kalian seorang pebisnis atau blogger yang ingin mengambil langkah lebih maju, sangat disarankan untuk mempertimbangkan membeli paid domain.

Hal ini karena dengan paid domain, kalian dapat menghubungkannya dengan penyedia hosting sehingga dapat memilih layanan hosting terbaik untuk mendapatkan performa website yang optimal.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian. Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment