cemas berlebihan ketinggalan tren

Kalian pasti tak asing lagi dengan kata FOMO. Singkatnya, FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa takut merasa “tertinggal” karena tidak mengikuti aktivitas tertentu. Sebuah perasaan cemas dan takut yang timbul di dalam diri seseorang akibat ketinggalan sesuatu yang baru, seperti berita, tren, dan hal lainnya. Ingin tahu lebih detail? Okay, langsung simak sampe kelar yuk Cemas Berlebihan Jika Ketinggalan Tren? Kenali Penyebab FOMO, Ciri, dan Pencegahannya

Apa Itu FOMO?

FOMO (fear of missing out) adalah suatu kondisi yang mana seseorang kerap merasa khawatir akan ketinggalan kabar atau trend yang sedang berlangsung.

Orang-orang yang mengalaminya kerap merasa takut akan dicap ketinggalan zaman dan tak gahoel. Tak hanya itu, mereka juga beranggapan bahwa orang lain selalu bersenang-senang dan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dibanding mereka.

Kondisi ini kerap dirasakan oleh anak-anak muda, terutama bagi yang aktif di media sosial. Meski media sosial sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi, wadah ini juga bisa memberikan dampak yang kurang baik.

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi yang paling update informasi tertentu atau menunjukkan kesenangan di media sosial. Tak jarang berbagai unggahan foto dan video menimbulkan rasa iri dan membuat seseorang merasa bahwa hidupnya tak lagi menyenangkan.

FOMO juga berkaitan erat dengan perasaan untuk selalu terlibat dalam segala momen yang menyenangkan agar bisa mengabadikannya dan mengunggahnya ke media sosial.

Demi mengejar eksistensi dan pengakuan, beberapa orang bahkan sengaja memasang gambar, tulisan, bahkan menampilkan imej yang tak sesuai dengan jati dirinya.

Seperti yang dilansir VeryWellMind, perasaan FOMO ini dapat terjadi pada semua gender dan umur. Seseorang yang mengalami FOMO memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah karena terus membandingkan hidupnya dengan orang lain.

Selanjutnya, timbul pertanyaan, apakah kita termasuk yang mengalami perasaan FOMO? Kenali gejala-gejala berikut yang mungkin muncul.

  1. Selalu mengecek gadget. Kebiasaan memegang gadget seakan sudah tidak bisa dihilangkan. Seseorang yang mengalami FOMO akan selalu mengecek ponsel tepat ketika bangun tidur bahkan sebelum tidur seakan tidak mau ketinggalan berita apapun.
  2. Lebih peduli dengan media sosial daripada kehidupan nyata akibatnya muncul keinginan untuk diakui orang lain di dunia maya.
  3. Selalu ingin tahu kehidupan orang lain.
  4. Selalu ingin tahu gosip terbaru.
  5. Mengeluarkan uang melebihi kemampuan dan membeli hal yang sebenarnya tidak penting dengan dalih agar tidak ketinggalan zaman.
  6. Mengatakan “ya” bahkan di saat sedang tidak ingin. Hal ini sering terjadi ketika seseorang tidak ingin ketinggalan apapun sehingga selalu menerima setiap ajakan yang sebenarnya tidak menarik atau tidak perlu.

Faktor Penyebab Terjadinya FOMO

FOMO adalah fenomena yang muncul akibat adanya penggunaan sosial media secara berlebihan. Berikut ini ada berbagai faktor penyebab lainnya yang juga ikut andil di dalamnya:

  1. Penggunaan gadget yang berlebih.
  2. Membandingkan diri dengan orang lain.
  3. Kurang bersyukur atas apa yang dimiliki.
  4. Mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Ciri-Ciri Orang yang Terkena Fomo

Tentunya kita tidak ingin merasa tertinggal dan selalu berusaha meng-upgrade diri lebih baik lagi dan lagi kan, ya. Namun, jika perasaan tidak ingin tertinggal ini justru muncul bukan karena kebutuhan atau demi kebaikan, sebaiknya harus curiga nih karena bisa jadi itu merupakan pertanda FOMO.

Berikut ini merupakan ciri-ciri orang yang terkena FOMO:

  1. Menghabiskan banyak waktu bermain gadget.
  2. Lebih mementingkan sosial media daripada kehidupan nyata.
  3. Haus akan gosip terbaru dan informasi mengenai kehidupan orang lain.
  4. Rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi mengikuti trend terkini.
  5. Tidak keberatan untuk berkata ‘ya’ jika diajak untuk mengikuti sesuatu yang tengah ramai atau populer.
  6. Selalu ingin tahu berita terkini.

Jika dibiarkan begitu saja, FOMO dapat memberikan efek negatif yang lebih parah seperti halnya gangguan kejiwaan.

Cara Mencegah FOMO

Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya FOMO adalah sebagai berikut ini:

1. Batasi Konsumsi Media Sosial dan Penggunaan Gadget

Semakin sering kita bermain sosial media, semakin bisa kemungkinannya kita keracunan atas apa yang kita lihat. Sebab, akan selalu ada kecenderungan dalam diri kita yang mana tak pernah merasa puas terhadap apa yang kita miliki.

Apalagi sosial media adalah tempat unjuk kebolehan yang mana orang-orang tidak akan memperlihatkan hal buruk berupa kesedihan atau kesengsaraan yang tengah dihadapi. Sebaliknya, mereka akan menunjukan sesuatu yang menunjukan kebahagiaan dan kesenangan lainnya.

2. Menghargai Diri Sendiri

Fear of Missing Out lebih cenderung memiliki banyak efek negatif. Salah satu di antaranya yaitu sifat konsumtif karena kerelaan kita untuk membeli sesuatu hanya karena hal tersebut tengah banyak dibicarakan atau tengah digandrungi orang-orang. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu cash flow bulanan kalian.

3. Fokus Pada Diri Sendiri dan Tujuan yang Ingin Diraih

Berfokus pada diri sendiri serta tujuan yang ingin diraih akan membuat kalian on track pada jalur yang benar. Sebab, kalian akan berpikir dua kali untuk membuang waktu kalian pada hal-hal yang bersifat sementara dan dapat mengganggu tujuan utama kalian.

4. Mengembangkan Hobi dan Menggali Potensi dalam Diri

Dengan berfokus pada hobi dan terus belajar untuk menaikan value yang ada pada diri sendiri akan membawa pengaruh yang baik terhadap diri kita. Kita tidak akan mudah terdistraksi dengan hal ter-uptodate yang memakan banyak waktu kita dan membuat kita tergiur.

5. Banyak Bersyukur dan Selalu Berpikir Positif

FOMO menyebabkan kita berpikir yang tidak-tidak atau cenderung ke arah negatif. Oleh karena itu, silakan belajar untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kita punya dan berpikir positif. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing maka kita tidak mungkin bisa sama persi dengan mereka atau apa yang kita lihat di sosial media.

6. Ubah Konten atau Topik yang Biasa Dilihat

Mengubah konten yang biasa kita konsumsi di media dapat membawa pengaruh besar. Sebab, konten-konten inilah sumber utama kita menginginkan sesuatu atau terjebak ke dalam tren.

Okay, itulah informasi seputar FOMO, mulai dari faktor penyebab, ciri-cirinya, dan cara mencegahnya. Semoga kita semua bisa terhindar dari fenomena ini dan lebih bijak lagi dalam menanggapi trend terkini, ya. 

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment