Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing

Sharing is caring!

Apakah kalian pernah kesulitan untuk menemukan data-data yang hilang atau yang terhapus dari perangkat kalian? Tenang, sekarang kalian tak perlu khawatir untuk kehilangan data-data penting. Kalian bisa menggunakan Cloud Computing sebagai solusi dalam menyimpan data penting. Selain itu, kalian juga bisa membuka data kalian dari mana saja lho selama terhubung ke internet. Tak usah berlama-lama, yuk simak saja sampai selesai Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing adalah sebuah proses yang mana kalian bisa menjalankan tugas dari jarak jauh melalui internet di pusat data yang tersedia secara komersial. Secara sederhana, ini adalah akses ke beberapa layanan komputasi, seperti server, database, perangkat lunak, analitik, dan lain-lain melalui internet dan semua orang bisa langsung mengakses Cloud Computing dari perangkat mana saja.

Contoh dari cloud computing adalah Google Drive. Kalian bisa menyimpan data-data di Google Drive. Nah, saat kalian lupa membawa perangkat kalian untuk mengerjakan sesuatu, kalian bisa langsung mengakses Google Drive melalui perangkat siapa saja tanpa harus melalui perangkat kalian yang tertinggal. 

Kelebihan Teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan

Layanan melalui internet yang canggih saat ini tanpa harus menggunakan bantuan alat fisik disebut cloud. Istilah cloud computing atau “komputasi awan” telah digunakan secara luas selama beberapa tahun terakhir. Ketika semua berubah ke arah era digital, ada peningkatan dalam penyimpanan data. Kalian tak perlu lagi menyimpan data di perangkat pribadi.

1. Penghematan Biaya

Jika kalian khawatir tentang mahalnya biaya untuk beralih ke cloud computing, kalian tak sendirian. 20% perusahaan khawatir tentang biaya awal penerapan server berbasis cloud. Wajar saja jika kalian merasa khawatir terkait pemberian harga awal yang mahal. Namun, ada baiknya kalian mempertimbangkan keuntungan sistem cloud yang pastinya setimpal dengan yang kalian bayarkan.

2. Keamanan

Banyak perusahaan memiliki masalah keamanan dalam sistem penyimpanan data. Oleh karena itu, jika kalian lebih ingin menyimpan dengan aman data perusahaan kalian nih, sebaiknya pilih penyedia layanan cloud computing yang terjamin keamanannya seperti halnya di Jetorbit, yang mana menjamin keamanan data-data perusahaan kalian.

3. Fleksibilitas

Jika kalian atau karyawan bidang IT memiliki waktu yang minim untuk fokus pada penyimpanan data karena misal ada pekerjaan-pekerjaan lain maka solusi terbaik adalah dengan menggunakan cloud computing. Kalian bisa menikmati pekerjaan sesuai porsi kalian dan membiarkan karyawan bidang TI kalian mengerjakan tugasnya tanpa harus memikirkan bagaimana membuat ruang penyimpanan cloud sendiri.

Hal ini semua berkat cloud computing yang menawarkan fleksibilitas bagi penggunanya. Kalian tetap bisa mengaksesnya dari mana saja, tak perlu terbebani atau merasa khawatir dengan hal-hal yang sudah dilakukan oleh cloud computing.

4. Mobilitas

Cloud computing memungkinkan akses seluler ke data perusahaan kalian melalui ponsel sehingga menjadi lebih mudah. Kalian bisa memilih cloud computing karena bisa diakses melalui smartphone kalian. Jangan khawatir jika ada staf kalian punya jadwal sibuk atau ada yang tinggal jauh dari kantor perusahaan karena karyawan kalian dapat menggunakan fitur cloud computing untuk tetap up-to-date dengan klien dan rekan kerja.

5. Wawasan

Di era digital sekarang ini, tentu kalian akan semakin menyadari bahwa “Data adalah uang.” Semua data-data dari transaksi pelanggan kalian begitu penting karena menyangkut bisnis yang dijalankan. Jika tak beralih ke cloud computing, pasti akan sangat merepotkan jika harus menyimpannya di perangkat internal kalian. Dengan kata lain, cloud computing dapat meningkatkan wawasan kalian dalam penyimpanan data.

6. Keberlangsungan Bisnis

Melindungi data dan sistem kalian adalah bagian penting dari perencanaan kelangsungan bisnis. Baik kalian mengalami bencana alam, listrik mati, atau krisis lainnya, menyimpan data di cloud akan memastikannya bisa dicadangkan dan dilindungi di lokasi yang aman. Kalian bisa terus menjalankan bisnis kalian seperti semula dan meminimalkan kerusakan atau kehilangan data-data penting kalian.

Kekurangan Teknologi Cloud Computing

Berikut ini ada beberapa kekurangan teknologi cloud computing yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika memilih cloud computing.

1. Perjanjian Privasi dan Perjanjian Tingkat Layanan

Kalian harus memiliki perjanjian yang sesuai dengan penyedia layanan kalian sebelum pelayanan cloud computing dimulai. Ada resiko yang harus ditanggung jika tidak memperhatikan perjanjian tersebut. Kalian harus membaca seksama apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing pihak dalam bentuk perjanjian tingkat layanan (SLA). kalian harus membaca SLA dan memastikan bahwa kalian memahami apa yang kalian setujui sebelum kalian menandatanganinya. Pastikan bahwa kalian memahami tanggung jawab penyedia layanan serta kewajiban kalian sendiri.

2. Keamanan dan Perlindungan Data

Perhatikan bagaimana data kalian diamankan dan disimpan saat pelayanan cloud computing melakukan outsourcing ke pihak ketiga. Cloud computing memiliki celah keamanan dan perlindungan data saat data tersebut dialihkan ke pihak ketiga.

Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan perjanjian yang diuraikan dengan jelas oleh penyedia layanan kalian dan harus membahas mitigasi risiko tata kelola dan keamanan. Perjanjian itu harus mencakup siapa yang memiliki akses ke data dan langkah-langkah keamanan yang diterapkan untuk melindungi data kalian.

3. Lokasi Data

Penyedia layanan cloud computing seringkali berlokasi di luar Indonesia. Sebelum menggunakan cloud computing, kalian harus menyelidiki di mana data kalian disimpan dan undang-undang privasi serta keamanan mana yang akan berlaku untuk data tersebut.

4. Perundang-undangan dan Regulasi

Kalian harus mengetahui persyaratan legislatif dan peraturan Indonesia saat menyimpan data pribadi. Kalian juga perlu mengetahui persyaratan undang-undang dan peraturan di lokasi geografis tersebut. Jika data kalian disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab, kalian bisa langsung melaporkannya dengan undang-undang terkait.

5. Konektivitas Internet

Seperti yang diketahui bahwa dalam cloud computing, setiap data (gambar, audio, video, dan lain-lain) disimpan di cloud. Makanya untuk dapat mengaksesnya, kalian perlu menggunakan koneksi internet. Jika tidak memiliki konektivitas internet yang baik, kalian tak dapat mengakses data ini.

6. Penguncian Vendor

Penguncian vendor adalah kelemahan terbesar cloud computing. Kalian mungkin menghadapi masalah saat mentransfer layanan dari satu vendor ke vendor lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan berpindah dari satu cloud ke cloud lainnya karena vendor yang berbeda menyediakan platform yang berbeda.

7. Kontrol Terbatas

Seperti yang kalian ketahui, infrastruktur cloud sepenuhnya dimiliki, dikelola, dan dipantau oleh penyedia layanan sehingga selaku pengguna cloud kurang memiliki kendali atas fungsi dan pelaksanaan layanan dalam infrastruktur cloud.

Cloud computing merupakan sebuah terobosan baru dalam penyimpanan data. Kalian tak perlu lagi panik jika komputer atau smartphone kalian dicuri oleh orang lain dan data-data penting kalian hilang begitu saja. Cloud computing bisa membantu kalian untuk menyimpan data tersebut di internet. Nah, kalian hanya membutuhkan internet untuk mengakses datanya.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing
Artikel
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian bisa menggunakan Cloud Computing sebagai solusi menyimpan data penting. Yuk simak Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Cloud Computing
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like