kelebihan shared hosting

Shared hosting merupakan pilihan layanan hosting dengan harga yang lebih terjangkau sekaligus menyediakan fitur yang tak kalah lengkapnya. Kok bisa? Okay, daripada kepo, kita bahas yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Shared Hosting

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting merupakan layanan server yang mana dalam satu server digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain.

Shared hosting memiliki beberapa ketentuan bagi para penggunanya karena dalam satu server digunakan oleh banyak orang. Tujuannya agar tidak ada pengguna lain yang dirugikan karena kehabisan resource, bandwidth hingga database.

Nah, sebagai pengguna shared hosting, kalian tidak bisa melakukan konfigurasi server sebab semua management server dipegang oleh provider hosting.

Shared hosting banyak digunakan oleh pemula karena satu alasan, yakni harganya yang terjangkau.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan shared hosting:

Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan shared hosting:

1. Harganya Terjangkau

Shared hosting adalah layanan hosting yang paling terjangkau. Kalian bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp 10.000 perbulan saja. Tak heran pengguna yang ingin membuat website untuk pertama kalinya biasanya memilih shared hosting.

2. Mudah Digunakan

Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan penggunaan. Sebab, tidak perlu melakukan pengaturan server ketika pertama kali membeli layanan hosting ini. 

Selain itu, shared hosting juga mudah digunakan karena performa dan keamanan server dikelola oleh penyedia hosting. Sehingga, kalian tidak perlu belajar pengelolaan server untuk bisa menggunakan shared hosting.

3. Memiliki Sumber Daya dan Fitur yang Baik

FYI, shared hosting punya sumber daya yang cukup untuk membuat website yang jumlah pengunjungnya tidak begitu banyak. Contohnya, blog, website pribadi, dan website bisnis sederhana.

Fitur dari shared hosting juga lengkap, loh. Misalnya, ada control panel hosting yang membantu untuk mengelola file dan database website.

Beberapa penyedia hosting bahkan menawarkan domain dan SSL gratis. Dengan begitu, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bisa segera memiliki website dengan keamanan yang baik. Wow, keren kan!

4. Fleksibel

Kelebihan berikutnya saat menggunakan shared hosting adalah sangat fleksibel, terutama ketika ingin upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Jadi, kalian bisa mendapatkan peningkatan performa hosting tanpa harus kehilangan kunjungan website.

Kekurangan Shared Hosting

Ini dia beberapa kelemahan shared hosting yang perlu kalian ketahui:

1. Keamanan server kurang terjamin 

Server menjadi kurang terjamin dari segi keamanannya sebab shared hosting digunakan oleh banyak orang. Bisa saja kan orang lain tanpa sadar install plugin yang ada malware sehingga menyerang ke semua website dalam satu server.

2. Kontrol terbatas

Kalian tidak memiliki kontrol pada server untuk layanan shared hosting. Jadi bagi kalian yang suka melakukan optimasi server, kurang cocok memilih shared hosting.

3. Tidak fleksibel

Shared hosting kurang fleksibel jika kalian bermasalah seperti memiliki banyak trafik secara tetiba. Website bisa langsung suspend karena bisa berdampak pada website lainnya.

Kalian juga tidak bisa menambah disk space, RAM dan prosesor, kecuali membeli paket shared hosting yang lebih mahal.

4. Harus berbagi server

Shared hosting bisa murah karena kalian harus berbagi server dengan pengguna lain. Jika melanggar website bisa saja terkena suspend dari pihak provider.

5. Tidak cocok untuk trafik tinggi

Shared hosting tidak cocok untuk website yang memiliki trafik tinggi. Bisa saja website langsung terkena suspend karena melanggar aturan.

Jadi, silakan kalian gunakan layanan VPS atau Dedicated Server untuk kebutuhan website dengan trafik tinggi.

Simpulan

Okay, jadi, sebelum kalian memutuskan akan menggunakan jenis hosting yang sesuai bagi kalian, ada baiknya untuk mengumpulkan informasi apa itu shared hosting terlebih dahulu.

Shared hosting adalah solusi ideal yang bisa dengan mudah ditingkatkan tergantung dengan seberapa besar kebutuhan kalian.

Semoga penjelasan di atas memberikan informasi yang cukup untuk memilih hosting sesuai dengan kebutuhan kalian, ya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment