apa-itu-bandwidth

Apa Itu Bandwidth?

Sharing is caring!

Zaman digitalisasi saat ini, mengharuskan kita untuk menggunakan internet dalam keseharian kita. Apakah kita pernah mengetahui secara detail istilah-istilah yang digunakan saat penggunaan internet? Yuk cari tahu selengkapnya istilah-istilah tersebut dengan baca sampai selesai Apa Itu Bandwidth?

Pengertian Bandwidth

Definisinya adalah jumlah maksimum data yang dikirim melalui koneksi internet dalam jangka waktu tertentu.

Bandwidth sering disalah artikan sebagai kecepatan internet padahal sebenarnya bandwidth adalah volume informasi yang dapat dikirim melalui koneksi dalam jumlah waktu yang terukur (dihitung dalam megabits per second/Mbps).

Apa Bedanya?

Beberapa istilah internet sangat mirip sehingga sering membingungkan satu sama lain.

Perbedaan Bandwidth vs Speed

Bandwidth adalah seberapa banyak informasi yang Anda terima setiap detik, sedangkan speed adalah seberapa cepat informasi itu diterima atau diunduh. Mari kita bandingkan dengan analogi mengisi bak mandi. Jika kran bak mandi memiliki bukaan yang lebar, maka lebih banyak air dapat mengalir dengan kecepatan lebih cepat dibandingkan jika pipanya lebih sempit. Bayangkan saja air sebagai bandwidth dan laju aliran air sebagai kecepatan (speed).

Perbedaan Bandwidth vs Latency

Latency terkadang disebut sebagai delay atau ping rate. Ini adalah kelambatan yang Anda alami saat menunggu sesuatu dimuat. Jika bandwidth adalah jumlah informasi yang dikirim per detik, maka Latency adalah jumlah waktu yang dibutuhkan informasi tersebut untuk dikirimkan dari sumbernya kepada Anda.

Perbedaan Bandwidth vs Throughput

Throughput adalah seberapa banyak informasi yang benar-benar dikirimkan dalam waktu tertentu. Jadi jika bandwidth adalah jumlah maksimum data, maka throughput adalah seberapa banyak data itu sampai ke tujuannya (dengan mempertimbangkan latensi, kecepatan jaringan, kehilangan paket, dan faktor lainnya).

Berapa Bandwidth Saya?

Setelah menjelaskan terkait apa itu bandwidth, sekarang bagaimana Anda tahu berapa banyak yang Anda miliki dan apakah itu cukup?

Jika Anda menyukai streaming video HD, download file besar, dan menikmati permainan multiplayer, Anda mungkin perlu mempertimbangkan paket kecepatan 100 Mbps ke atas. Sedangkan untuk semua aktivitas lain seperti streaming musik, surfing dan video conferencing apapun di atas 25 Mbps sudah cukup. Besarnya bandwidth yang Anda butuhkan, bergantung juga pada seberapa besar Anda bisa bersabar dengan adanya potensi buffering dan kecepatan yang sedikit lebih lambat ketika orang lain juga bersaing untuk mendapatkan bandwidth pada waktu yang bersamaan.

Mengapa Bandwidth Penting

Di lokasi tertentu, seperti rumah atau kantor, ada batasan terhadap bandwidth. Hal tersebut bisa diibaratkan bahwa hanya ada beberapa space di dalam suatu saluran pipa untuk mengalirkan data. Dikarenakan alasan inilah, banyak perangkat di satu lokasi harus berbagi bandwidth. Beberapa perangkat, seperti televisi, adalah bandwidth hogs, sementara tablet biasanya menggunakan jauh lebih sedikit. Meskipun speed dan bandwidth tidak dapat saling dipertukarkan, namun bandwidth yang lebih besar memang sangatlah penting jika level speed yang sedang berjalan memang harus dipertahankan levelnya atau standar speednya memang harus seperti itu pada beberapa perangkat.

Bagaimana Mengukur Bandwidth

Sementara bandwidth secara tradisional dinyatakan dalam bits per second (bps), tautan jaringan modern memiliki kapasitas yang lebih besar, yang mana biasanya diukur dalam jutaan bit per detik (megabits per second atau Mbps) atau miliaran bit per detik (gigabits per second atau Gbps).

Koneksi bandwidth bisa jadi simetris, artinya kapasitas datanya sama di kedua arah untuk upload atau download data, atau asimetris yang artinya kapasitas download dan upload tidaklah sama. Dalam koneksi asimetris, kapasitas upload biasanya lebih kecil daripada kapasitas download.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Bandwidth?
Artikel
Apa Itu Bandwidth?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Yuk cari tahu selengkapnya istilah-istilah dalam penggunaan internet dengan baca sampai selesai Apa Itu Bandwidth? hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo