Jenis-Jenis Protokol pada Jaringan Komputer

Sharing is caring!

Artikel sebelumnya telah diulas tentang pengertian protokol jaringan serta fungsi dari protokol jaringan. Kali ini kami akan sedikit mengulas terkait Jenis-Jenis Protokol pada Jaringan Komputer. Baca sampai selesai ya Gaes…

Jenis Protokol

Jenis protokol jaringan komputer yang dapat diterapkan di perangkat keras, perangkat lunak serta kombinasi keduanya adalah sebagai berikut:

  1. Ethernet

Suatu metode akses yang digunakan berupa CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).

  1. Localtalk

Perusahaan Apple mengembangkan jenis protocol ini yang ditujukan untuk komputer macintosh dengan metode CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access/Collision Avoidance).

  1. Token Ring

Perusahaan IBM mengembangkan jenis protocol ini dengan metode akses pengiriman informasi yang berada di dalam satu lingkaran protokol.

  1. FDDI (Fiber Distributed Data Interface)

Digunakan untuk menyambungkan beberapa komputer dengan tipe area lokal meliputi wilayah jarak jauh. Token dan topologi ring kembar merupakan metode yang digunakan.

  1. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Jenis standar komunikasi data yang terdiri dari sekumpulan protokol. Selain itu, juga dipakai oleh komunitas internet secara global.

  1. UDP (User Datagram Protocol)

Merupakan lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi unreliable dan connectionless antara host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

  1. ICMP (Internet Control Message Protocol)

Sistem operasi komputer jaringan menggunakan jenis protokol ini untuk mengirim sebuah pesan kesalahan pada jaringan yang digunakan.

  1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

WWW (World Wide Web) menggunaka  jenis protocol ini sebagai sebuah identitas utama dalam jaringan internet untuk mengakses website.

  1. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

HTTP mempunyai jenis protokol versi aman, yakni HTTPS. HTTPS dijadikan sebagai sebuah protokol komunikasi dari WWW.

  1. FTP (File Transfer Protocol)

Jenis protokol ini berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk mengirimkan berkas komputer antarmesin di dalam sebuah internetwork.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Jenis-Jenis Protokol pada Jaringan Komputer
Artikel
Jenis-Jenis Protokol pada Jaringan Komputer
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kali ini kami akan sedikit mengulas terkait Jenis-Jenis Protokol pada Jaringan Komputer. Baca sampai selesai ya Gaes hanya di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment