jenis-domain

Jenis-Jenis Domain yang Perlu Diketahui

Sharing is caring!

Fungsi dasar dari domain salah satunya adalah dapat digunakan sebagai branding agar citra perusahaan menjadi lebih populer di kalangan konsumen. Selain itu, untuk memudahkan dalam mengakses konten atau informasi pada suatu website. Nah, apa kalian sudah tahu jenis-jenis dari domain itu sendiri? Coba ingat lagi yuk di Jenis-Jenis Domain yang Perlu Diketahui 

Jika saat ini kalian sedang merintis usaha, kalian jangan lupa untuk mengamankan nama domain brand kalian agar tidak dibeli orang lain.

Apa Itu Domain?

Nama domain web adalah urutan huruf dan/atau angka/tanda hubung yang dipisahkan oleh satu atau lebih titik (“.”), yang bertindak sebagai penunjuk ke alamat numerik (IP) unik di jaringan komputer, seperti Internet. Alamat itu mungkin menghosting secara umum konten yang tersedia, misalnya situs web atau mungkin intranet pribadi.

Nama domain web selalu diakhiri dengan ekstensi 2 atau 3 karakter. Karakter ini dapat menandakan negara yang terkait dengan alamat situs atau jenis organisasi namun hal ini tidak selalu terjadi.

Bagaimana Domain Bekerja?

Mereka beroperasi di bawah Domain Name System (DNS), yang pada dasarnya adalah buku alamat dari internet yang mana membantu mengarahkan pengunjung ke situs dengan menerjemahkan nama ke dalam urutan nomor alamat IP terkait dan menemukan tempat dimana sumber daya disimpan.

Jenis-Jenis Domain

Kalian tidak perlu menghafal semua hal di bawah ini karena bisa sedikit membingungkan. Sebagai pendaftar, biasanya yang kalian butuhkan untuk membedakannya hanyalah nama domain, yakni istilah populer yang digunakan secara kolektif untuk second dan third level domain beserta subdomain.

TLD – Top Level Domains

Domain ini berada pada level tertinggi dalam struktur DNS di internet. Ada beberapa jenis TLD, yaitu:

ccTLD – country code Top Level Domains

Domain dua huruf ditetapkan untuk lokasi geografis, misalnya .au berarti Australia. Ketika awal ditunjuk, biasanya hanya penduduk suatu negara yang dapat mendaftarkan ccTLD mereka yang sesuai. Namun selama bertahun-tahun, beberapa negara telah mengizinkan pihak di  luar negara mereka untuk mendaftarkan nama situs, contohnya adalah Tuvalu (.tv).

gTLD – generic Top Level Domains

TLD generik merupakan jenis domain paling terkenal, termasuk .com, .net, .biz, .org, dan .info dan ini dapat didaftarkan oleh siapa saja serta di mana saja di dunia ini. Namun, beberapa gTLD baru yang baru dirilis memiliki berbagai batasan.

IDN ccTLD – internationalized country code Top Level Domains

Suatu top-level name dengan format yang dikodekan secara khusus, yang mana  memungkinkan untuk ditampilkan dalam kumpulan karakter non-Latin atau karakter khusus.

Di bawah TLD ada berbagai level lainnya, yakni:

Second level

Tepat di bawah TLD dalam hierarki DNS, misal .com.au

Third level

Tepat di bawah second level dalam hierarki DNS, misal domainregistration.com.au

Perbedaan antara second dan third level bisa sedikit membingungkan. Misalnya, hotmail.com dianggap sebagai domain second level tetapi hotmail.com.au akan digolongkan sebagai third level.

Subdomain

Bagian dari nama domain dengan peringkat lebih tinggi dalam hierarki DNS, misal: domainregistration.com.au.

Beberapa layanan menawarkan subdomain “registration” tetapi biasanya tidak ideal untuk bisnis dan mungkin harus dihindari untuk membuat situs komersial karena pendaftar dari nama hierarki atas memiliki kendali atas alamat tersebut. Memiliki nama domain kalian sendiri juga dapat membantu kredibilitas.

Seperti yang telah disampaikan bahwa memahami perbedaan jenis-jenis domain sebenarnya tidak terlalu penting tetapi sesuatu yang perlu kalian ketahui karena berkaitan dengan cara mendaftarkan nama domain. Hal tersebut juga merupakan ide yang baik untuk mengambil beberapa tips dalam memilih domain sebelum kalian memulai proses pencarian dan pendaftaran.

Jetorbit memiliki semua kebutuhan domain Anda untuk menjadikan bisnis Anda lebih dikenal dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan ekstensi domain. Jetorbit juga menyediakan beberapa domain promo tentu dengan harga murah. Jangan sampai terlewatkan!


Selain itu, sebelum Anda membeli domain, ada baiknya cek ketersediaan nama domain karena siapa tahu nama domain yang Anda inginkan sudah dimiliki oleh pihak lain. Begitu juga dengan pelayanan di Jetorbit, menyediakan layanan untuk cek nama domain sehingga bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Sedangkan bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Jenis-Jenis Domain yang Perlu Diketahui
Artikel
Jenis-Jenis Domain yang Perlu Diketahui
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Nah, apa kalian sudah tahu jenis-jenis dari domain itu sendiri? Coba ingat lagi yuk di Jenis-Jenis Domain yang Perlu Diketahui di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo