Jadwal Upload Video FYP TikTok Tahun

Ingin konten kalian banjir viewers dan like di TikTok milik kalian? Wah, kalian wajib tahu nih terkait jadwal FYP TikTok terbaik untuk upload video. Yuk lah langsung disimak sampai kelar Ini Dia nih, Jadwal Upload Video FYP TikTok Tahun 2023.!

Apa Itu FYP TikTok?

TikTok punya fitur menarik loh pada aplikasinya, yaitu For You Page atau FYP. FYP adalah halaman rekomendasi TikTok yang muncul pertama kali saat pengguna buka aplikasi.

Halaman FYP TikTok akan menampilkan video-video pilihan yang memang viral dengan jumlah viewers tinggi. Konten-konten yang ada di FYP TikTok  juga disesuaikan dengan minat dan kebiasaan masing-masing pengguna.

Jadwal FYP TikTok Terbaru

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini jadwal jam FYP TikTok di Indonesia:

  1. Senin: 09.00, 17.00, dan 21.00

Jika berencana memposting video di hari Senin, jadwal upload TikTok terbaik adalah saat pagi hari sebelum beraktivitas, sore hari, dan malam hari menjelang istirahat, yakni pukul 09.00, 17.00, dan 21.00.

  1. Selasa: 13.00, 15.00 dan 20.00

Di hari Selasa, kebanyakan orang fokus menyelesaikan pekerjaan yang sudah disusun di hari sebelumnya. Hal ini menyebabkan waktu untuk membuka sosial media menjadi berkurang.

Nah, waktu yang tepat untuk upload video di hari Selasa adalah saat pulang kerja atau istirahat. Prime time TikTok di hari Selasa adalah sekitar pukul 13.00, 15.00, atau 20.00.

  1. Rabu: 11.00, 19.00 dan 22.00

Hari Rabu biasanya sih banyak orang mulai mencari alternatif untuk menghilangkan kepenatan saat bekerja. Waktu yang tepat untuk memposting konten TikTok adalah pukul 11.00. Sedangkan saat malam hari di kisaran pukul 19.00 dan 22.00

  1. Kamis: 12.00, 20.00, dan 21.00

Pada hari Kamis biasanya orang-orang cenderung lebih fleksibel dan mulai sering membuka sosial media. Makanya, jam upload TikTok yang bagus di hari Kamis adalah pukul 12.00, 20.00, hingga 21.00.

  1. Jumat: 11.00, 19.00, dan 22.00

Menjelang akhir pekan, biasanya banyak orang ada waktu yang lebih fleksibel. Waktu yang tepat untuk memposting konten TikTok di hari Jumat adalah saat istirahat siang pukul 11.00 dan malam hari pukul 19.00 dan 22.00. 

  1. Sabtu: 10.00, 19.00, dan 21.00

Hari Sabtu itu hari libur bagi mayoritas masyarakat. Nah, esempatan ini bisa dimanfaatkan untuk upload konten video di TikTok. Eitsss, ada banyak pilihan waktu prime time loh di hari Sabtu, di pagi hari pukul 10.00, dan malam hari pukul 19.00, dan 21.00.

  1. Minggu: 08.00, 12.00 dan 16.00

FYI, khusus di hari Minggu, bisa bebas upload konten di TikTok nih untuk memikat banyak viewers. Sebab, hari Minggu merupakan hari libur bagi banyak orang.

Waktu luang yang dimiliki pun semakin banyak dan potensi orang untuk scrolling di medsos akan meningkat. Secara umum, hampir semua waktu di hari Minggu bisa berpeluang besar untuk masuk FYP TikTok.

Faktor yang Mendukung FYP TikTok

Dilansir dari TikTok, rekomendasi video yang masuk dalam FYP TikTok dipengaruhi oleh beberapa faktor:

  1. Interaksi pengguna

Faktor pertama adalah user interaction dalam aplikasi. Akun yang kalian ikuti, video-video yang kalian sukai, komentari, dan dibagikan akan mempengaruhi konten-konten yang disajikan dalam FYP kalian.

  1. Informasi video

Hashtag dan caption adalah bentuk informasi video di TikTok yang dapat membantu sebuah konten masuk ke halaman FYP TikTok. Menggunakan hashtag yang sedang populer dapat memicu perhatian algoritma TikTok, loh.

  1. Pengaturan akun

Jika di FYP TikTok kalian lebih sering berseliweran konten-konten dari pengguna dalam negeri, itu karena pengaturan akun juga mempengaruhi algoritma TikTok untuk menampilkan video yang masuk FYP. Pengaturan seperti lokasi, negara, pemilihan bahasa, dan jenis perangkat berperan dalam mengkurasi video-video yang ditampilkan.

Cara Agar Konten Video Masuk FYP TikTok

Penasaran bagaimana caranya? 

  1. Menggunakan hashtag dengan benar

Berikut ini beberapa tips dalam menggunakan hashtag:

  • Pilih hashtag yang relevan dengan konten
  • Gunakan hashtag yang sedang populer dan kurang populer dalam postingan
  • Memakai trending hashtag di niche kalian
  • Berpartisipasi dalam hashtag challenge
  • Gunakan #fyp atau #ForYou

Oia, jangan lupa tetap gunakan hashtag yang masih relevan dengan niche konten, ya.

  1. Buat video singkat dan menarik audiens dari awal

Di TikTok ada faktor video completion rate yang mendukung ranking konten agar masuk FYP TikTok. Singkatnya, faktor ini mengukur performa konten dari segi seberapa banyak konten kalian ditonton hingga selesai.

Semakin banyak orang yang menonton video kalian sampai selesai, semakin tinggi nilai completion rate yang dimiliki. 

Untuk mencapai completion rate yang bagus, kalian kudu memikirkan bagaimana membuat konten yang singkat sekaligus menarik perhatian audiens dari awal. 

  1. Mengikuti tren di TikTok

TikTok memang dikenal sebagai aplikasi yang cepat menyebarkan tren dan membuat konten menjadi viral. Makanya kalian tidak akan kehabisan ide untuk membuat konten TikTok dengan mengikuti tren. 

  1. Tulis caption yang menarik

TikTok membatasi penulisan caption dalam 150 karakter saja. Itu sudah termasuk hashtag yang kalian tulis ke dalam caption, ya. Makanya, buat judul yang singkat saja, menarik perhatian, dan mengandung ajakan.

Anyway, jangan lupa tambahkan ajakan untuk like, komen dan share konten kalian ke pengguna lainnya.

  1. Memposting di jam prime time

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memposting konten di jam-jam aktif audiens bisa berpeluang meningkatkan viewers. Oleh karena itu, mengikuti jadwal FYP TikTok adalah salah satu cara yang tepat untuk kalian lakukan.

  1. Berinteraksi dengan kreator lain

Berinteraksi dengan creator lain adalah salah satu cara mengembangkan akun TikTok. Bisa dapat keuntungan lho dari menjalin koneksi dengan TikTok-ers yang memiliki niche yang sama. Apalagi, kalian dapat melakukan kolaborasi dengan mereka. Konten kalian bisa dilihat oleh audiens kreator yang berkolaborasi dengan kalian, dan sebaliknya.

Jadi, Sudahkah Kalian Terapkan Jadwal FYP TikTok?

Okay, jadi itulah jadwal FYP TikTok yang bisa kalian terapkan untuk memposting konten kalian agar mendapat banyak viewers

Oia, perlu kalian ketahui bahwa tidak ada cara yang menjamin sebuah konten dapat langsung viral. Tenang, kalian tetap ikuti jadwal memposting dan tips di atas sebagai solusi terbaik!

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment