Cara Daftar TikTok Shop dan Tips Jualan Laris Manis

Salah satu fitur TikTok yang memungkinkan user-nya menghasilkan uang adalah TikTok Shop, sebuah fitur bagi user untuk berjualan di TikTok. Trus, bagaimana cara berjualan di TikTok Shop? Bagaimana cara agar jualannya laris manis? Tak usah pakai lama, simak yuk Cara Daftar TikTok Shop dan Tips Jualan Laris Manis

Cara Daftar TikTok Shop

Silakan ikuti cara daftar TikTok Shop sampai mengaktifkannya di bawah ini.

1. Kunjungi situs TikTok Shop Seller

Cara mengaktifkan TikTok Shop yang pertama adalah membuka laman situs TikTok Shop Seller Center di perangkat kalian. Setelah itu, kalian perlu mendaftarkan akun sebagai seller TikTok. Kalian bisa memilih menggunakan akun pribadi atau membuat akun TikTok seller baru.

2. Login/daftar akun TikTok Seller

Jika belum pernah mendaftar sebagai seller, kalian dapat mendaftar menggunakan akun TikTok yang dimiliki dengan mengklik opsi Sign up with TikTok Account. Jika sudah pernah terdaftar sebagai seller, tinggal login saja ke akun tersebut.

It’s oaky jika belum punya akun TikTok. Kalian bisa mendaftar dengan alamat email dan nomor handphone dengan klik opsi Sign up with Phone & Email.

3. Lengkapi informasi toko

Setelah berhasil login dan mendaftar akun seller, tahap selanjutnya adalah melengkapi informasi toko untuk memaksimalkan penjualan. Kalian harus melengkapi data ini sebelum bisa menambahkan produk-produk ke TikTok Shop. Isi lokasi toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi, setelah itu klik Start to add products.

4. Verifikasi TikTok Shop

Sebelum produk bisa dijual di TikTok Shop, kalian harus memverifikasi dokumen dulu. Klik Verify documents pada homepage lalu klik Upload Documents.

Cara Daftar TikTok Shop

Lengkapi data-data yang dibutuhkan mengenai penjual. Isi jenis bisnis, apakah korporat atau perorangan. Jika perorangan, perlu memverifikasi data pribadi seperti KTP atau passport. Selanjutnya harus mengupload foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan foto menampilkan KTP dengan jelas dan ukuran file tidak melebihi 10 MB.

Nah, informasi yang sudah kalian isi tidak dapat diubah kembali nantinya. Jadi, pastikan mengisi data-data dengan benar, ya. Jika sudah selesai, klik Submit. Setelah proses verifikasi selesai, akun TikTok Shop kalian sudah bisa digunakan untuk menjual produk.

TikTok akan memverifikasi kartu identitas yang diunggah terlebih dahulu. Proses verifikasi biasanya tidak butuh waktu lama.

5. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Cara berikutnya yaitu menambahkan produk ke toko. Jika toko kalian sudah berhasil diverifikasi, kalian bisa mulai menambahkan produk yang akan dijual ke TikTok. Caranya adalah kembali ke homepage, kemudian klik opsi Add First Product lalu Add Product.

Cara Daftar TikTok Shop

Untuk upload produk ke TikTok Shop, lengkapi dulu deskripsi produk yang akan dijual. Isi nama produk, kategori, dan pilih brand atau tambahkan brand baru ke TikTok Shop.

Jika ingin menambahkan brand baru, kalian harus upload dokumen kepemilikan atau hak penjualan (kalau kamu sebagai reseller). Jika tidak punya, pilih saja No brand.

daftar tiktok

Setelah itu, upload foto produk dan berikan deskripsi produk untuk memudahkan pelanggan berbelanja. Kalian bisa upload hingga maksimal 9 foto. TikTok juga menyarankan untuk upload foto dengan rasio 1:1 agar gambar terlihat jelas.

Selanjutnya, scroll ke bawah dan isi informasi tentang detail variasi produk. Jika menjual produk dengan berbagai macam variasi, seperti warna, ukuran, rasa, dan sebagainya, isi di kolom Variation.

tiktok

Setelah itu, perlu juga mengisi informasi fisik mengenai produk, seperti berat dan dimensinya (opsional). Poin ini berguna dalam menentukan biaya ongkos kirim untuk masing-masing kurir yang didukung oleh TikTok Shop.

Selain informasi fisik produk, bisa juga memasukkan informasi mengenai garansi produk dan cara mengklaimnya (jika tersedia). Hal ini bersifat opsional sehingga bisa mengosongkannya.

Setelah selesai, bisa memilih untuk menyimpannya sebagai draft atau langsung mempublikasikan produk. Klik opsi Publish untuk langsung menerbitkan produk.

6. Hubungkan ke rekening bank

Jangan lupa hubungkan rekening bank dengan TikTok Shop untuk mendapat penghasilan dari toko kalian. Caranya adalah kembali ke homepage lalu pilih opsi Link Bank Account lalu klik Link Account. Lanjutkan ke proses selanjutnya hingga selesai untuk menautkan rekening ke TikTok Shop.

jualan

Tips Produk Laris Manis di TikTok Shop

Berikut ini tips agar produk kalian laris manis di TikTok Shop:

1. Buat katalog produk yang eye-catching

Katalog produk akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli. Oleh karena itu, kalian harus memastikan katalog produk kalian eye-catching dan menarik perhatian. Sehingga, saat followers dan penonton kalian tergugah untuk melihat bahkan membeli produk yang ditawarkan.

2. Tulis judul produk maksimal 34 karakter

Pastikan judul produk kalian ditulis maksimal 34 karakter agar nama produk kalian dapat ditampilkan tanpa terpotong. Kalian buat copywriting yang dapat menarik calon pembeli. Selanjutnya, informasi detail dari produk bisa dimasukkan di deskripsi produk.

3. Pasang link di bio TikTok

Deskripsi di bio TikTok dapat diisi dengan 80 karakter. Kalian bisa memaksimalkannya untuk menggambarkan diri kalian loh, perusahaan kalian, dan apa yang ditawarkan. Kalian juga bisa menambahkan emoticon, CTA (call to action), dan tautan yang mengarahkan ke halaman tertentu. Ingat, di bio TikTok hanya dapat menambahkan satu tautan yang dapat diklik sehingga pertimbangkan dengan baik link yang akan dicantumkan.

4. Promosikan TikTok Shop di konten 

Ikon tas belanja yang menunjukkan toko kalian tidak terlihat jelas sehingga terkadang penonton tidak menyadarinya. Oleh sebab itu, bisa mempromosikan di konten kalian agar penonton dapat aware bahwa kalian menjual produk di TikTok Shop. Beri tahu juga ya ke mereka bahwa mereka dapat berbelanja langsung dari aplikasi TikTok.

5. Tautkan produk pada video

Fitur TikTok Shop memungkinkan untuk menautkan produk jualan kalian di video yang dibuat. Hal ini tentu sangat menguntungkan sebab kalian bisa beriklan tanpa harus membuat video iklan. Video konten kalian bisa berisi apapun dan tetap dapat menautkan produk yang ditawarkan.

6. Bekerja sama dengan influencer

Salah satu bentuk promosi yang dapat menghasilkan banyak pembeli adalah bekerja sama dengan influencer. Jumlah pengikut dan penonton yang banyak dari TikTok seorang influencer, dapat menjangkau audiens yang lebih banyak juga. Sehingga, dapat meningkatkan penjualan produk kalian.

Sudah Paham Cara Daftar TikTok Shop, kan?

Jadi itulah cara daftar TikTok Shop supaya kalian bisa berjualan produk-produk terbaik kalian di TikTok. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan beberapa tips untuk membuat produk yang dijual laris manis dan dilirik oleh para konsumen.

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya πŸ™‚

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment