Apa Itu SEM

Ada yang masih belum tentang apa itu SEM? Okay, kali ini kami akan menyampaikan terkait apa sih sebenarnya SEM itu serta komponen utamanya. Langsung simak saja sampai kelar Yuk Ketahui Apa Itu SEM (Search Engine Marketing).!

Apa Itu SEM? 

Search Engine Marketing atau SEM adalah praktik memasarkan bisnis menggunakan jasa iklan berbayar. Caranya dengan memilih keyword yang sering digunakan user saat melakukan pencarian tentang produk atau jasa tertentu di Google.

Nah, saat seseorang mengakses keyword yang ditarget, website kalian muncul di halaman pertama dan memperbesar kemungkinan user bisa akses website kalian. Semakin banyak trafik yang masuk ke website, semakin besar peluang produk atau jasa kalian digunakan oleh banyak orang.

Rahasia SEM

Kekuatan terbesar SEM adalah memberi kesempatan pada pengiklan untuk bisa meletakkan ads di hadapan motivated customer saat mereka sudah siap untuk melakukan pembelian. 

FYI, tak ada media pengiklanan selain SEM yang bisa melakukan hal tersebut, loh. Makanya, SEM dianggap sangat efektif dan menjadi pilihan yang tepat jika ingin mengembangkan bisnis.

SEM Keyword Research 

Sebelum menentukan keyword apa yang bisa digunakan untuk search engine marketing campaign, ada baiknya lakukan research keyword yang komprehensif.

Pertama, perlu kalian identifikasi keyword apa saja yang relevan dengan bisnis dan yang kemungkinan besar memang digunakan oleh calon pelanggan saat mencari informasi produk atau jasa yang berkaitan dengan bisnis kalian.

Lalu, bagaimana cara melakukan riset keyword tersebut? Gunakan saja beberapa tools, seperti semrush, google keyword planner, hingga Ubersuggest. 

Kedua, riset keyword juga bisa membantu untuk mengidentifikasi negative keywords atau berbagai keyword yang harus dihindari. Negative keywords adalah kata-kata yang tidak relevan dan memberi pengaruh yang sangat kecil untuk mendorong terjadinya konversi. 

Konsep tersebut juga dikenal dengan search intent, artinya prospek atau kemungkinan seorang user melakukan pembelian (atau tindakan lain yang diinginkan; klik, subscribe, dan lain-lain) setelah user melakukan pencarian dengan istilah atau terminologi tertentu. 

Keyword High Commercial Intent 

Beberapa keyword dianggap memiliki high commercial intent atau indikasi kuat bahwa si pencari ingin membeli sesuatu, seperti:  

  • Beli 
  • Diskon 
  • Promo 
  • Gratis Pengiriman 
  • Murah 

Contoh SEM 

Berikut ini beberapa website penyedia SEM yang dapat digunakan: 

Google Ads 

Google Ads atau yang sebelumnya kita kenal dengan Google AdWords adalah platform periklanan berbayar dari Google, yang memungkinkan iklan muncul di hasil pencarian Google dan di jaringan mitra mereka. 

Facebook Ads 

Platform iklan berbayar dari Facebook yang memungkinkan untuk menargetkan audiens berdasarkan berbagai kriteria demografis dan perilaku pengguna Facebook. 

Instagram Ads 

Bagian dari platform periklanan Facebook yang memungkinkan untuk menampilkan iklan di aplikasi Instagram. 

Twitter Ads 

Platform iklan berbayar dari Twitter yang memungkinkan untuk mempromosikan konten dan akun kalian di Twitter. 

LinkedIn Ads 

Platform iklan berbayar dari LinkedIn yang fokus pada pemasaran bisnis dan profesional. 

TikTok Ads 

TikTok menyediakan berbagai opsi iklan untuk merek yang ingin mencapai audiens mereka di platform ini. 

Pinterest Ads 

Pinterest juga memiliki platform iklan yang memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka di Pinterest.

Perbedaan SEO dan SEM 

Search engine marketing merujuk pada metode search marketing berbayar, yakni sebuah sistem yang mana kalian membayar Google untuk menampilkan iklan website di SERP. 

Sedangkan search engine optimization (SEO) tidak membayar ke Google untuk mendapatkan traffic atau click. Sebaliknya, justru memperoleh spot gratis di search result dengan cara membuat konten yang relevan untuk setiap keyword pencarian tertentu. 

SEO adalah cara ampuh untuk memperoleh traffic secara natural ke website bisnis kalian. Sedangkan SEM adalah cara yang tepat untuk mendorong terjadinya konversi.

Sudah Paham tentang Apa Itu SEM, kan?

Jadi, bisa disimpulkan bahwa SEM adalah praktik memasarkan bisnis menggunakan jasa iklan berbayar.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment