istilah-bisnis-online

Munculnya berbagai istilah dalam bisnis online, terutama di online shop, sebenarnya seiring dengan semakin maraknya proses jual-beli secara online. Tentunya istilah-istilah tersebut berawal dan berkembang dari proses jual-beli offline.  Terkadang, sebagian orang awam belum mengetahui arti dan maksud dari istilah tersebut. Oleh karena itu, kami mencoba merangkum istilah-istilah yang sering muncul dalam bisnis online, salah satunya online shop. Yuk ketahui lebih lanjut dengan baca Istilah-istilah di Dalam Bisnis Online Yang Perlu Anda Ketahui  sampai selesai.

Istilah-istilah di Dalam Bisnis Online

Untuk lebih memudahkan pencarian kalian terkait dengan istilah bisnis online, silakan baca sampai selesai list di bawah ini ya!

Buyer

Buyer artinya adalah pembeli, yang mana buyer membeli barang atau jasa dengan sejumlah uang atau berupa alat tukar lainnya.

Seller

Seller adalah penjualnya. Si penjual yang ada di toko online bisa dikatakan pemilik toko yang disebut dengan istilah seller, yang menjual produk atau jasa secara online.

Reseller 

Reseller ini merupakan penjual yang menjual barang milik orang lain dengan kata lain reseller tidak memiliki stok barang jualan.

Supplier

Dalam istilah jualan online, supplier diartikan sebagai pihak yang menyediakan stok barang untuk dijual oleh penjual.

Biasanya berupa pabrik atau perusahaan yang memiliki banyak stok barang dan memberi kesempatan kepada pelaku bisnis online, seperti dropshipper maupun seller untuk kerjasama dengan ikut menjualkan barang mereka.

Dropship

Penjualan yang dilakukan dengan melibatkan tiga pihak, bisa dikatakan sebagai perantara antara supplier dan buyer/konsumen.

Sistem kerjanya adalah jika ada pemesanan barang maka penjual akan menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang ke pembeli. Peran ini biasa disebut dengan istilah dropshipper, yaitu orang yang menjualkan barang supplier.

Trusted Seller

Istilah ini diperuntukan untuk toko atau penjual yang artinya penjual terpercaya. Hal ini merupakan pengakuan berupa kepercayaan dari banyak orang terhadap penjual.

WS (Wholesale)

Sering digunakan oleh penjual yang menunjukan bahwa toko penjual merupakan distributor yang siap melayani penjual ke reseller.

Biasanya pembelian produk secara besar-besaran dengan harga yang jauh lebih murah sehingga reseller akan mendapatkan keuntungan lumayan besar.

COD (Cash on Delivery)

Sering disebut juga dengan bayar di tempat yang artinya proses jual beli dengan sistem pembayaran dilakukan pada saat barang yang dibeli sudah sampai tujuan.

Oleh karena itu, pembeli bisa ngecek langsung barang yang dibeli pada saat barang sampai, selanjutnya melakukan pembayaran.

TRF/TF/XFR

Kata-kata TRF/TF/XFR merupakan singkatan dari transfer yang artinya transfer pembayaran.

Hal ini berkaitan dengan metode pembayaran, yang mana pembeli bisa mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual.

DP (Down Payment)

DP artinya uang muka atau bisa disebut dengan uang jaminan. Hal ini sering kita jumpai di istilah bisnis online.

Pembeli harus melakukan pembayaran sebagai bentuk tanda jadi ke barang yang dipesan. Pembayaran pun disesuaikan dengan ketentuan dari si penjual, bisa sebesar setengah atau seperempat dari harga barang yang dipesan.

Nah, biasanya sistem DP yang berada di jualan online berupa barang Pre Order.

FP (Full Payment)

FP ini kebalikan dari DP, yang mana pembeli harus melakukan pembayaran sesuai dengan harga barang yang dibeli secara penuh (full).

Restock

Restock dalam online shop menunjukan bahwa barang tersebut sedang dalam produksi ulang.

Oleh karena itu, jika kalian menemukan barang restock pada saat belanja online, sebaiknya tanyakan dulu kepada penjual berapa lama barang bisa tersedia agar tidak terlalu lama menunggu.

Ready Stock

Ready stock merupakan barang yang diperjualbelikan dan tersedia di tangan penjual sehingga siap untuk dikirim ke pembeli.

Oleh karena itu, penjual bisa langsung mengirim barang pesanan dari pembeli tanpa harus memesan lagi. Waktu yang dibutuhkan sampai barang tiba di tujuan pembeli bergantung dengan ekspedisi pengiriman.

Sold Out

Sold out menunjukan barang tersebut telah habis terjual. Biasanya barang ini hanya tersedia beberapa saja, tidak terlalu banyak.

Kalian tidak bisa melakukan pembelian barang yang sudah Sold Out, terkecuali penjual melakukan restock.

PO (Pre Order)

PO adalah pemesanan suatu barang dimana barang ini harus dibuat atau dipesan terlebih dahulu oleh seller.

Misalnya, barang yang dipesan berupa sepatu khusus hari spesial pernikahan sehingga seller harus mendesain terlebih dahulu, kemudian sepatu tersebut bisa dikirimkan kepada pembeli.

Namun, seller akan melakukan pembuatan barang tersebut setelah pembeli telah melakukan pembayaran terhadap barang yang dipesan tersebut.

Ongkir

Ongkir merupakan singkatan dari ongkos kirim yang artinya membicarakan mengenai tarif ongkos kirim.

Setiap pembelian online terdapat ongkir yang harus dibayar oleh pembeli. Nah, sebaiknya sebelum melakukan pembelian, sebaiknya cek terlebih dahulu ongkirnya.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Banyak ditemui penjual sering mencantumkan kata OEM pada deskripsi produknya. Artinya adalah barang tersebut merupakan barang original dari pabrik yang dikemas tidak terlalu bagus.

Banyak pihak yang melakukan ini dengan cara membeli barang original kemudian mengolahnya, selanjutnya dijual kembali dengan mengatasnamakan brand produk tersebut.

Pembelian produk seperti ini memang sangat beresiko makanya sebaiknya kalian membeli barang yang benar-benar original.

ONS (One Night Service)

ONS dalam belanja online maksudnya adalah barang yang dipesan dapat menggunakan jasa pengiriman cepat, yaitu maksimal dalam satu hari.

Biasanya barang yang dipesan dengan layanan ini berada di kota yang sama atau dengan estimasi pengiriman satu hari.

Tracking

Tracking merupakan proses pelacakan untuk mengetahui lokasi barang yang dibeli dengan menggunakan resi.

PM (Private Message)

Kalian pasti pernah menemukan istilah PM di berbagai situs jual beli online. PM artinya adalah pesan pribadi, yang mana si penjual dan pembeli bisa langsung berkomunikasi langsung untuk membahas produk tertentu.

BC (Broadcast Chat

BC artinya pengiriman pesan ke banyak orang. Hal ini sering dilakukan oleh penjual yang biasanya untuk menawarkan barang dengan promo menarik terhadap para pelanggannya.

PnP (Plug and Play)

Istilah PnP dalam online shop menunjukan bahwa barang yang diperjualbelikan merupakan barang yang dapat langsung dipasang atau digunakan ketika terjadi transaksi jual beli.

Biasanya barang yang menggunakan istilah PnP ini berupa sparepart kendaraan bermotor sehingga pembeli bisa langsung memasang sparepart yang dibeli. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan oleh penjual.

PL (Price List atau Preloved)

Istilah PL dalam jual beli online dikenal dengan dua arti, bisa Price List dan bisa juga Preloved. Tentunya kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda.

Price List sendiri memiliki arti daftar harga beberapa barang atau jasa yang dijual oleh toko. Biasanya istilah PL disini digunakan oleh pemilik toko untuk menjelaskan harga barang jualannya secara singkat tanpa harus panjang lebar.

Preloved artinya adalah barang bekas namun perlu kalian ketahui bahwa barang yang dimaksud adalah barang-barang bekas dengan kondisi seperti baru sehingga masih sangat layak untuk digunakan.

BM (Black Market)

BM atau Black Market adalah istilah untuk menyebutkan barang yang tidak resmi atau ilegal. Barang BM biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya.

Barang BM tidak memiliki asuransi sehingga apabila terjadi kerusakan dan sebagainya, pembeli tidak bisa melakukan klaim.

Membuat Toko Online sekarang makin mudah lho, Guys! Kalian bisa membuat website yang dikhususkan untuk menjual barang atas jasa yang kalian miliki, dengan mempercayakannya ke Jetorbit. Kalian bisa request desain toko online kalian sesuai dengan kepribadian kalian atau sesuai dengan tema produk yang kalian pasarkan.

Percayakan ke kami dan kalian rasakan hasil terbaik dari kami!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 4

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment