internet-marketing

Internet Marketing Untuk Bisnis Kecil

Sharing is caring!

Secara umum, internet marketing mencakup strategi dan taktik promosi apapun yang dijalankan oleh bisnis online untuk mencapai target market. Saat ini, sebagian besar konsumen mencari informasi secara online sebelum membeli produk atau menggunakan layanan sehingga semua bisnis harus hadir secara online. Baiklah, baca sampai selesai yuk tentang Internet Marketing Untuk Bisnis Kecil.

Jenis dan Taktik

Internet marketing semestinya efektif dan terjangkau serta harus menjadi bagian dari rencana bisnis dan strategi marketing. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis kecil kalian dan tentunya untuk menjangkau pembeli potensial secara online.

  1. Website: website adalah cara terbaik untuk membangun identitas brand kalian. Mereka dapat menggunakan elemen video, teks, gambar, dan audio untuk menyampaikan pesan perusahaan serta menginformasikan kepada pelanggan yang ada dan calon pelanggan tentang fitur serta manfaat produk atau layanan perusahaan.
  2. Search Engine Marketing (SEM): SEM melibatkan marketing melalui search engines, baik dengan meningkatkan peringkat alami (organik) situs melalui search engine optimization (SEO), membeli iklan pay-per-click (PPC), atau membeli pay-for-inclusion (PFI) daftar di direktori website, yang mirip dengan daftar yellow page offline.
  3. Email Marketing: Email dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaga hubungan antara bisnis kalian dengan pelanggan. Kalian dapat membeli alamat email pelanggan dan calon pelanggan tetapi hasil terbaik biasanya berasal dari email yang dikumpulkan di website kalian. Kalian dapat membujuk orang untuk memberi kalian email mereka melalui penawaran gratis yang berkualitas. Setelah mendapatkan email mereka, kalian dapat mengirimkan buletin, penawaran khusus, dan informasi lain yang mungkin menarik bagi pasar sasaran kalian.
  4. Display Advertising: Kalian dapat membeli ruang iklan di website lain yang mana memenuhi target pasar kalian. Penetapan harga tentu bervariasi, bergantung pada volume traffic ke website dan ukuran serta penempatan iklan kalian.
  5. Publicity: Menampilkan bisnis kalian di outlet media dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan baru tetapi berhubungan dengan orang yang tepat untuk mewujudkannya terkadang sulit. Kalian selalu dapat mengirimkan dan memposting press release untuk berita dan pengumuman dari bisnis kalian melalui layanan distribusi press release online. Meskipun press release dapat berfungsi namun juga memakan waktu dan seringkali diabaikan.
  6. Community Participation: Kalian dapat membuat atau berpartisipasi dalam forum atau grup diskusi seputar bidang keahlian kalian untuk menjadikan diri kalian sebagai pemimpin pemikiran di bidang tersebut. Kalian dapat menjawab pertanyaan, memposting komentar, mengungkapkan pendapat, atau membuat pengumuman di forum diskusi juga merupakan cara yang bagus untuk terhubung serta membantu target pasar kalian.
  7. Content Marketing: Menulis artikel atau posting blog yang terkait dengan bisnis kalian lalu mengirimkannya untuk dipublikasikan di website lain merupakan cara hebat lainnya untuk mencapai target market kalian secara gratis. Mengirimkan artikel eksklusif ke situs tertentu masih dapat menuai banyak manfaat termasuk SEO, meningkatkan kredibilitas kalian, dan menjangkau pasar yang mungkin tidak diketahui sebelumnya oleh kalian.
  8. Social Media Marketing: Dalam dunia yang semakin terhubung, yang mana konsumen mengharapkan perusahaan tempat mereka berbisnis untuk terlibat dengan mereka, media sosial adalah cara ideal untuk berinteraksi dengan prospek dan pelanggan. Kunci sukses social media marketing adalah berfokus pada platform tempat yang mana kalian kemungkinan besar akan menemukan target market kalian, baik itu Instagram, Twitter, LinkedIn, Facebook, atau Pinterest. Untuk memastikan kalian tidak membuang-buang waktu dengan upaya media sosial Anda, kembangkan strategi dan rencana konten serta alat riset yang akan membantu mempermudah posting.

Biaya

Sebagian besar marketing di internet dapat dilakukan secara gratis tetapi terkadang ada baiknya kalian mengeluarkan sejumlah uang untuk opsi yang terlihat efektif dan profesional. Misalnya, meskipun kalian bisa mendapatkan web hosting secara gratis namun itu tidak disarankan. Idealnya, kalian harus membayar web hosting untuk memastikan bahwa website kalian tidak mengalami downtime serta nama domain profesional.

Selain itu, kalian sebaiknya mempertimbangkan pasar dan anggaran kalian untuk opsi berbayar lainnya. Melakukan iklan pay-per-click (PPC) melalui situs-situs, seperti Google AdWords atau iklan Facebook, dapat efektif dengan jenis konten menarik yang tepat.

Hosting murah siap mengorbitkan website kalian dengan cepat. Dapatkan hosting gratis domain dan SSL juga disertai dengan bantuan yang handal akan memudahkan kalian mengonlinekan bisnis! Jetorbit menyediakan paket web hosting murah dan terbaik yang bisa diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Nah itu Guys sekilas insight dari kami terkait internet marketing yang dapat kalian pilih untuk diaplikasikan di bisnis kalian. Jika kalian memiliki opsi lain dan telah terbukti efektif di bisnis kalian, sharing yuk ke kawan-kawan di kolom komentar 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Internet Marketing Untuk Bisnis Kecil
Artikel
Internet Marketing Untuk Bisnis Kecil
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Internet marketing mencakup strategi dan taktik promosi yang dijalankan oleh bisnis online. Baca yuk Internet Marketing Untuk Bisnis Kecil
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo