manfaat-email-hosting

Tidak diragukan lagi, email adalah alat penting yang digunakan oleh seseorang atau bisnis untuk tujuan komunikasi atau pemasaran. Email telah menjadi salah satu sumber utama pemasaran bagi banyak perusahaan. Beberapa email hosting, seperti Gmail dan Yahoomail, dapat digunakan secara gratis dan banyak bisnis telah menggunakannya untuk mengoptimalkan operasi bisnis mereka. Ketahui lebih lanjut yuk di 13 Manfaat dari Email Hosting untuk Bisnis Anda

Apabila skala bisnis Anda merupakan bisnis kecil, mendapatkan email gratis dari layanan web hosting tentunya dapat membantu. Namun untuk bisnis yang sedang berkembang, layanan email gratis mungkin tidak cukup untuk meningkatkan kredibilitas mereka.

Paket email hosting yang efektif dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan membangun identitas brand Anda. Email merupakan teknik komunikasi utama dan ketika bisnis Anda mulai berkembang maka layanan email gratis mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika email hosting gratis Anda tidak cukup untuk mengontrol infrastruktur pengiriman pesan, inilah saatnya bagi Anda untuk mendapatkan email hosting sesuai kebutuhan Anda.

Bacalah artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan gambaran tentang pentingnya akun email hosting dan manfaat dari paket email untuk perusahaan manapun.

Manfaat Menggunakan Email Hosting

Akses Webmail Aman

Layanan email hosting yang aman akan mempersiapkan server email Anda untuk melakukan enkripsi data standar industri. Hal ini akan memastikan bahwa data yang dikirim dari/ke server dienkripsi saat Anda masuk ke akun Anda dan sampai Anda tidak keluar dari akun.

Beberapa perusahaan email hosting biasanya melengkapi server email mereka dengan enkripsi 128-bit yang aktif selama sesi email web Anda. Hal ini berarti bahwa data yang dikirim dari dan ke server dienkripsi. Ini merupakan protokol keamanan yang telah dikonfirmasi sehingga Anda dapat menjamin bahwa pesan rahasia Anda tidak akan diganggu dengan cara apapun.

manfaat-email-hosting-1

Akses POP dan IMAP yang Aman

Sekarang ini bisnis cenderung menggunakan email hosting karena mereka mengizinkan akses yang aman ke klien email desktop melalui POP atau IMAP. kemudian secara keseluruhan email traffic dienkripsi, begitu juga username dan password dikirim untuk verifikasi, dari klien email ke server email. Penyedia email hosting mendukung beberapa klien email populer, seperti Outlook Express dan Microsoft Outlook, Apple Mail, Eudora, dan Mozilla Thunderbird. 

Lebih Banyak Ruang Penyimpanan

Beberapa penyedia hosting menawarkan penyimpanan MB dan yang lainnya mungkin menawarkan penyimpanan GB per inbox. Perusahaan memiliki paket email hosting yang fleksibel dalam menawarkan lebih banyak ruang penyimpanan jika memang Anda membutuhkannya melalui upgrade yang mudah.

Paket email hosting yang fleksibel memungkinkan pengguna mengurangi atau meningkatkan limit ruang penyimpanan. Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang dapat disesuaikan untuk email hosting Anda.

Beberapa bisnis membutuhkan lebih banyak penyimpanan untuk memenuhi kebutuhan email marketing mereka. Penyedia juga menawarkan layanan penyimpanan kepada pelanggan sehingga jika klien tertentu menginginkan lebih banyak ruang, mereka hanya perlu menginformasikan ke penyedia server email mereka dan mendapatkan solusi penyimpanan yang tepat.

Performa yang Ditingkatkan

Menggunakan paket email hosting memastikan bahwa produktivitas perusahaan Anda dalam kondisi terbaik karena Anda dapat berinteraksi dengan lancar dengan pelanggan, pemasok di dalam atau di luar organisasi. Ada banyak cara untuk memilih terkait bagaimana Anda dapat menerima dan menyampaikan email dan tentunya hal tersebut akan berada di bawah nama domain perusahaan Anda.

Tidak Ada Lagi Spam dan Virus

Layanan email hosting yang sangat baik, berpotensi memblokir email yang merusak sebelum mereka dapat memasuki jaringan. Pemindai anti-virus biasanya diintegrasikan ke dalam SMTP gateway dari host, sementara ada banyak cara untuk menangani spam. Bisnis yang benar-benar ingin mencegah spam akan menggunakan teknik pemfilteran, seperti greylisting, blacklisting, dan whitelisting, serta memungkinkan Anda membuat konfigurasi yang mengirimkannya ke folder karantina secara otomatis daripada ke inbox Anda.

Email hosting akan memblokir spam dan malware secara efisien. Mereka akan memiliki pendekatan pemfilteran lanjutan seperti, blacklisting dan whitelisting. Bagian terbaik dari menggunakan email web hosting bisnis adalah mereka muncul dengan fitur penyaringan virus dan spam. Penyedia layanan biasanya memastikan bahwa tidak ada email spam di inbox Anda.

manfaat-email-hosting-2

Keterbukaan Terkait Komunikasi

Salah satu manfaat utama menggunakan layanan email hosting bisnis adalah layanan ini akan menjaga host email dan situs Anda tidak bergantung satu sama lain. Jika Anda menghosting keduanya di domain yang sama, ada risiko semuanya akan down dalam sekali waktu. Hal ini dikarenakan jika host Anda sedang down maka email Anda juga ikut down. Klien yang ketakutan tidak akan dapat menghubungi Anda sampai situs dibuka dan hal ini yang dapat merusak hubungan serta tingkat kepercayaan Anda dengan pelanggan.

Jelajahi Lebih dari Sekedar Pesan

Bagaimanapun klien saat ini perlu mencapai sesuatu selain hanya sekedar mengirim pesan. Dikarenakan tahapan yang ketat, perusahaan hosting sendiri dapat meningkatkan kemahiran dan profitabilitas mereka melalui berbagai device yang berguna. Dalam hal tersebut, bisa menggabungkan antara kapasitas untuk merencanakan pertemuan dan menawarkan berbagai macam materi, seperti catatan yang penting, contact data, dan jadwal.

Fitur Address Book

Address book adalah fitur berharga dari email hosting karena menawarkan kepada pengguna terkait beberapa metode yang sesuai untuk menyimpan informasi kontak agar mudah digunakan dan dipulihkan kembali. Banyak host email menyediakan 2 jenis address book, yaitu shared dan private address book, dengan layanan direktori jaringan publik. Biasanya, Anda dapat menggunakan shared address book dengan klien email apapun yang mendukung layanan direktori LDAP.

Up-Time Terjamin

Penyedia email hosting yang dapat dipercaya, selalu memastikan bahwa ada up-time yang terjamin sehingga Anda tidak memiliki masalah apapun terkait komunikasi Anda dengan klien atau mitra bisnis penting lainnya.

Bangun Otoritas dan Kepercayaan

Email hosting juga membantu Anda membangun otoritas bisnis Anda. Orang cenderung lebih mempercayai email yang berasal dari email yang dapat diandalkan dibandingkan dengan versi gratis yang bisa dari siapa saja. Kelebihan email hosting bisnis adalah memungkinkan Anda untuk membuat akun email profesional Anda ditautkan dengan nama domain perusahaan Anda.

Jika Anda ingin menghubungi pelanggan Anda menggunakan email maka disarankan untuk menggunakan alamat email profesional untuk menciptakan citra bisnis Anda yang handal dan dapat dipercaya.

manfaat-email-hosting-3

Email Forwarding

Email forwarding dapat menjadi salah satu alasan utama Anda agar harus menghubungi penyedia email hosting Anda. Dengan menggunakan email redirect, Anda dapat meneruskan email yang masuk ke seseorang sehingga tindakan tersebut diaplikasikan tanpa penundaan sedikitpun. Hal ini adalah sesuatu yang akan disukai oleh sebagian besar pemilik bisnis karena dapat menunjukkan perbedaan antara kehilangan suatu kesepakatan dan mengamankannya. Dengan menggunakan ini, Anda dapat dengan mudah meneruskan email ke beberapa kontak.

Tidak Ada Migrasi Saat Memindahkan Situs Web Anda

Berdasarkan perubahan kebutuhan dari bisnis Anda yang seiring dengan pertumbuhannya, Anda harus memindahkan situs Anda ke penyedia hosting baru. Suatu kenyataan yang menyedihkan karena terkadang perusahaan hosting tidak begitu hebat. Oleh karena itu, Anda dapat memilih untuk beralih kepada kecepatan yang lebih tinggi, harga yang lebih baik, atau alasan lainnya.

Saat Anda memisahkan email Anda, memindahkan file domain ternyata jauh lebih mudah. Keuntungan tambahan adalah email Anda masih berfungsi jika domain sedang propagasi ke server baru karena tidak ada di server itu.

Menjadi Lebih Profesional

Email hosting sangat membantu Anda untuk membuat email Anda terlihat lebih profesional. Saat Anda menggunakan nama custom domain, nama domain tersebut akan terlihat lebih profesional dan orang-orang akan menganggap konten email Anda sebagai sumber informasi yang lebih handal dan dapat dipercaya serta mereka cenderung merespons Anda.

Selain terlihat lebih profesional, ada baiknya Anda melakukan branding perusahaan Anda. Kapanpun konsumen Anda mendapatkan marketing email, nama domain akan sama dan dalam beberapa kasus, Anda juga dapat upload logo Anda sendiri dengan email tersebut. 

Manfaat tambahan dari email hosting Anda adalah selalu jauh dari tempat bisnis Anda. Oleh karena itu, jika terjadi bencana alam, gedung kantor atau server internal Anda sedang rusak, Anda masih dapat berkomunikasi dengan mudah dengan klien Anda karena email hosting Anda terletak di lokasi lain.

manfaat-email-hosting-4

Jika Anda sudah memutuskan akan menggunakan email hosting. Jetorbit menyediakan layanan email hosting bagi Anda. Sekarang Anda dapat membuat email dengan domain sendiri dengan lebih mudah, aman, dan tentunya keren! Gunakan layanan email hosting Jetorbit agar bisa mengirim email dengan @namadomainkamu.com sehingga mendatangkan kesan terpercaya dalam urusan bisnis.

Sedangkan bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “13 Manfaat dari Email Hosting untuk Bisnis Anda”

  1. […] Nah, apabila kalian penasaran apa saja sih manfaat email hosting untuk bisnis, silakan kalian langsung baca saja Manfaat Email Hosting untuk Bisnis Anda […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih ya Kak, udah berkunjung ke blog kami, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment