inspirasi desain website terbaik

Sekarang makin banyak perusahaan maupun bisnis yang berfokus ke arah digital. Hal ini menjadikan website menjadi aspek yang sangat penting karena menjadi tempat para pelanggan untuk melakukan interaksi dengan pemilik bisnis. Makanya, desain website kalian harus mampu menarik minat dan rasa penasaran agar orang-orang mengunjungi website kalian. Tak perlu lama-lama, simak yuk 10+ Inspirasi Desain Website Terbaik

10+ Desain Website Terbaik untuk Inspirasimu

Beberapa desain website yang bisa menjadi inspirasi kalian yaitu:

1. Awwwards

Dalam Awwwards, kalian bisa menemukan katalog web design yang variatif dan sudah di-review oleh graphic designer terkemuka.

desain website terbaik

Kalian bisa menemukan inspirasi web design yang cocok untuk situs kalian di sini, loh.

Katalog template di Awwwards juga sudah dikelompokkan berdasarkan aspek gaya desain, kegunaan, kreativitas, mobile version, dan jenis konten yang paling cocok untuk model desain tersebut.

2. CSS Nectar

Template-template inspirasi web design di CSS Nectar di-review dan dikurasi oleh para ahli untuk menampilkan hasil terbaik.

desain website terbaik

CSS Nectar juga memiliki pilihan filter terperinci yang mencakup kategori industri, fitur, negara asal, dan pencarian berdasarkan warna.

Makanya, kalian akan lebih mudah mencari dan mendapatkan contoh desain web yang sesuai dengan keinginan.

3. Best Website Gallery

Best Website Gallery (BWG) menawarkan galeri inspirasi web design yang lengkap dan ekstensif serta berkualitas tinggi.

best web gallery

Menurut Web Flow, BWG memiliki lebih dari 2.000 sampel yang bisa dinavigasi melalui fitur search, filter, dan tag unik serta mendetail.

Kalian bisa dengan cepat menemukan inspirasi web design yang diinginkan berdasarkan gaya, pendekatan desain, fungsionalitas, sampai filter berdasarkan warna. Menariknya lagi, galeri platform ini menyediakan screen capture berkualitas tinggi dari tiap contoh web design.

4. The Best Design

The Best Design menawarkan contoh web design cukup lengkap supaya kalian bisa dapatkan inspirasi yang lebih beragam.

the best design

Situsnya sederhana, straightforward, dan mudah digunakan. Menurut 99 Designs, the Best Designs selalu memperbarui sumber inspirasi desainnya setiap hari yang bisa kamu cek di Design of The Day.

5. Behance

Behance merupakan bagian dari perusahaan kreatif Adobe.

behance

Tak heran jika galeri Behance menyediakan begitu banyak inspirasi web design yang variatif dan luas. Untuk memudahkan pencarian, Behance diperkuat dengan fitur search yang sangat spesifik.

Kalian bisa mencari sebuah desain berdasarkan kerangka waktu dibuat, popularitas, tipografi, copywriting, dan/atau lokasinya. Situs ini juga memiliki filter and sort yang unik, yaitu “Most Appreciated” untuk memunculkan template-template terbaik dari mata para desainer handal.

Selain itu, Behance punya fitur mood boards untuk menambah dan mengatur template yang sesuai dengan kriteria website buatan kalian. 

6. SiteInspire

Sebagai web designer, kalian mungkin butuh inspirasi contoh web design yang sangat spesifik untuk sebuah industri atau model bisnis tertentu.

Nah, SiteInspire adalah galeri besar dengan koleksi template website bersistem tagging dan pencarian yang paling lengkap.

Kalian bisa mem-filter dengan beberapa tag sekaligus sehingga mendapatkan hasil pencarian akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan. Kombinasi yang dihasilkan dari pencariannya pun jadi beragam.

Jadi, kalian bisa mendapatkan beberapa hasil yang menarik dan mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Selain itu, SiteInspire memiliki fitur “tambahkan ke koleksi” supaya kalian bisa menyimpan contoh desain yang disuka dan mengaturnya sesuai kebutuhan di masa mendatang.

7. Designspiration

Designspiration mirip seperti Pinterest, kalian bisa menemukan berbagai macam contoh web design dari berbagai sumber.

designspiration

Kalian juga bisa memilih dan menyimpan contoh-contoh yang sesuai dengan kesukaan kalian. Dengan cara inilah feed kalian akan disesuaikan oleh sistem untuk memunculkan contoh-contoh desain berdasarkan selera kalian. 

8. Admire the Web

Admire the Web adalah galeri berisi contoh web design yang sangat berlimpah dan dikurasi dengan baik.

admire the web

Sistem filter, sort, dan tagging canggih sehingga kalian bisa cepat menemukan desain yang diinginkan.

Menariknya, Admire the Web juga memiliki fitur “similar content” yang menampilkan hasil-hasil serupa dan cocok dengan pencarian kalian sebelumnya.

9. CalltoIdea

Bisa dibilang, CalltoIdea adalah situs inspirasi web design yang super lengkap.

calltoidea

Situs ini tak cuma menampilkan koleksi contoh-contoh desain website tapi memungkinkan kalian untuk mencari desain berdasarkan tujuan yang spesifik.

Misalkan, contoh desain untuk halaman yang error (404 Not Found), halaman pembelian/transaksi, dan desain untuk dashboard admin.

10. Zyro

Jika ingin mencari inspirasi desain yang minimalis, coba mampir ke Zyro, yuk. 

zyro

Kalian dapat menemukan desain website yang modern dengan beragam tema untuk blog personal ataupun e-commerce.

Zyro pun memudahkan para web designer untuk mengintip contoh desainnya dengan fitur preview. Kalian tinggal geser kursor ke template yang diinginkan, nanti akan ada pop up screen yang menampilkan desainnya tanpa harus kalian klik. 

Setelah menemukan template yang cocok di hati, kalian bisa langsung mengedit dan menggunakannya secara gratis.

11. TemplateMonster

Theme market bisa menjadi tempat terbaik untuk mencari inspirasi desain website. Jika memiliki budget dan menemukan tema yang menarik hati, kalian pun dapat langsung membeli tema tersebut.

templatemonster

Ditambah lagi, developer tema biasanya mengaplikasikan ilmu-ilmu desain terbaik ketika membuat produknya. Dengan begitu, user nonteknis dapat memodifikasi dan menggunakan templatenya dengan mudah tanpa harus berurusan dengan struktur tema secara keseluruhan.

Meski kebanyakan dari tema premade terasa biasa saja, TemplateMonster menawarkan serangkaian pilihan tema dan kategori yang dapat dipilih. Dengan lebih dari 32.000 template yang tersedia, kalian hampir tidak akan kehabisan contoh desain web untuk inspirasi mendesain situs website.

12. Website Agensi Portfolio

Jika butuh ide tampilan website yang tampilannya profesional, kalian dapat mengacu pada website agensi portfolio. Kalian dapat melihat bagaimana para ahli dalam bidang ini menghadapi tantangan dalam mendesain website dan sekaligus mempelajarinya. Situs ini juga menjadi sumber terbaik untuk menilik beberapa tren desain web terkini.

desain website terbaik

Selain itu, portofolio-portofolio ini begitu enak dilihat sehingga kalian bisa mengacu pada portofolio di situs ini sebagai inspirasi mendesain website.

13. GoodUI

Bagi kalian yang ingin mengoptimasi desain websitenya demi peningkatan konversi, GoodUI dapat menjadi tujuan selanjutnya.

desain website terbaik

GoodUI memiliki berbagai fitur untuk mengoptimasi halaman web apapun, termasuk:

  • Ide desain gratis — homepagenya menyediakan daftar panjang ide yang dapat kalian uji di situs web kalian sendiri.
  • Blog yang menarik — lihat bagaimana perusahaan seperti Amazon dan Netflix melakukan A/B testing di situs mereka, dan banyak lagi.
  • Contoh praktik UI  — temukan pola untuk diterapkan di halaman arahan, keranjang belanja, formulir, tombol CTA, dan banyak lagi.

Faktor-Faktor yang Membuat Desain Web Dinilai Baik

Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian lakukan ketika sedang mendesain website:

Prioritaskan User Mobile

Desain yang tidak mobile-responsive dapat memberikan dampak buruk kepada search ranking situs. Nantinya, hal tersebut akan mempengaruhi conversion rate, penjualan dan tujuan lain yang sudah direncanakan dari awal.

Inilah beberapa cara untuk meningkatkan mobile user experience:

  • Pilih tema responsif — sehingga halaman web dapat dengan mudah beradaptasi dengan ukuran layar apapun, besar dan kecil.
  • Pilih single-page layout — hal ini dioptimalkan untuk aktivitas scrolling. Single-page layout merupakan solusi paling nyaman untuk menavigasi melalui konten web pada perangkat yang lebih kecil.
  • Buat tombol dengan jelas — tombol-tombol ini harus cukup besar untuk diidentifikasi dan diklik dengan jari.

Buat Desain yang Simpel dan Rapi

Silakan ikuti tips berikut jika kalian ingin menyederhanakan tampilan desain website:

  • Cukup tampilkan elemen yang penting — cukup tampilkan elemen yang paling penting, dekorasi yang tidak penting dapat membuat halaman terkesan padat dan mengalihkan fokus user dari informasi utama.
  • Buat ruang untuk whitespace — pastikan bahwa semua konten yang ditampilkan tidak terlalu berdekatan, menyisakan ruang untuk kejelasan.

Buat Website Menjadi Mudah Dibaca

Salah satu caranya adalah meningkatkan kualitas tampilan website agar kontennya mudah dibaca. Langkah ini dapat dilakukan dengan hirarki tipografi. Idenya adalah mengatur konten teks berdasarkan tingkat pentingnya suatu konteks. Dengan cara ini, info terpenting akan mendapatkan paling banyak perhatian.

Untuk mengaplikasikan hirarki tipografi, kalian perlu membagi konten ke dalam kategori-kategori berikut ini:

  • Headline utama — headline utama harus mewakili poin kunci konten kalian, seperti halnya slogan bisnis. Headline harus besar dan ditempatkan di atas.
  • Subheadline — poin yang mendukung headline utama. Mereka harus dalam ukuran font yang sedikit lebih kecil. Mereka juga digunakan untuk menandakan bagian halaman.
  • Paragraf — paragraf haruslah berisi informasi singkat dari subheadline. Tulisan pun dibuat ringkas dan diketik dalam font yang dapat dibaca.

Selain itu, menggunakan warna dengan kontras yang tinggi untuk menggaris bawahi informasi penting dapat mengarahkan pandangan pengunjung agar fokus ke topik yang ditandai.

Buat Website Mudah untuk Dinavigasikan

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengoptimasi navigasi situs:

  • Buat menu navigasi yang familiar — desain umum seperti bilah menu horizontal dapat membuat pengguna lebih mudah mengunjungi situs web kalian.
  • Buat link dan tombol yang deskriptif — dengan jelas menunjukkan apa yang akan ditemukan pengunjung ketika mereka menuju ke halaman tertentu.
  • Pertimbangan untuk mengaplikasikan three-click rule — idealnya, semua halaman dan informasi harus dapat diakses dalam tiga klik dari beranda.

Konsisten dengan Desain Kalian

Konsisten dengan desain website kalian itu penting. Jangan sampai user merasa seperti mengakses website berbeda tiap kali mengunjungi halaman baru.

Apalagi, elemen yang berulang pada tiap halaman dapat membuat website atau brand kalian lebih mudah diingat.

Cobalah untuk konsisten dengan satu palet warna yang terdiri dari satu warna dominan dan dua warna pendamping.

Warna dominan adalah warna yang menunjukkan identitas website atau brand kalian, sedangkan warna pendamping akan melengkapinya. Kalian dapat menggunakan tool seperti Paletton untuk menemukan kombinasi warna yang tepat.

Selain itu, jangan masukkan beberapa tema ke dalam satu website, ya. Tak hanya merepotkan saat mengimplementasi tema tetapi juga membingungkan bagi pengunjung situs kalian.

Okay, jadi itulah beberapa rekomendasi desain website terbaik. Tentunya masih ada banyak desain lainnya. Namun, poin yang paling penting pastikan desain tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tujuan kalian dalam membuat website. Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment