SEO Content Writing vs SEO Copywriting: Apa Bedanya?

Sharing is caring!

Perusahaan kalian pernah mencari seorang penulis SEO bagi brand kalian, kah? Perbedaan antara SEO copywriter dan content writer dapat mempengaruhi kesuksesan kampanye kalian, lho. Okay, baca yuk SEO Content Writing vs SEO Copywriting: Apa Bedanya?

Situs kalian siap untuk tingkat berikutnya kan dan inilah saatnya untuk menyewa seorang penulis SEO untuk memberikan konten kalian suatu dorongan besar dan mulai menempati peringkat lebih tinggi dengan mesin pencari.

Tetapi, haruskah menyewa content writer atau copywriter? Apakah ada perbedaan antara keduanya? Mereka berdua memang menulis untuk tujuan SEO sehingga apakah itu memang penting? Ya, jawabannya adalah memang penting.

Baik SEO content writing dan copywriting berkaitan dengan kata-kata di halaman tapi masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Nah, perbedaan inilah yang bisa membantu kalian dalam menentukan metode mana yang perlu diterapkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Apa Itu SEO Content?

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik meningkatkan situs untuk meningkatkan visibilitasnya ketika orang mencari topik, layanan, dan produk di mesin pencari, seperti Google atau Bing.

Tujuan utama SEO adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan karena ini hal utama yang dicari oleh bot mesin pencari ketika mereka memindai dan memberi peringkat halaman web yang paling relevan.

Di sinilah konten SEO memainkan peran kunci. Mesin pencari mencari informasi berguna yang menginformasikan, menghibur, mendidik, dan/atau memecahkan masalah bagi pengguna.

Tujuan utama SEO content writing adalah untuk membuat konten berkualitas tinggi yang berfokus pada kata kunci yang berperingkat baik di mesin pencari untuk menghasilkan lalu lintas organik ke situs.

Apa Itu SEO Copywriting?

Sebaliknya, tujuan utama SEO copywriting adalah mengubah lalu lintas menjadi prospek dan penjualan. Apakah content writing dan copywriting mampu melakukan keduanya? Sangat mampu.

Tetapi perbedaannya benar-benar terletak pada apa yang kalian coba lakukan dan metode mana yang lebih baik.

Di bawah ini ada sekelumit kalimat dari sekelompok pakar SEO Facebook tentang apa itu SEO copywriting:

seo-content-writing-1
seo-content-writing-2
seo-content-writing-3

Beberapa ahli SEO mengatakan kedua jenis tulisan itu satu dan sama. Yang lain mengatakan mereka berbeda. Yang lain mengatakan ada tumpang tindih.

Secara keseluruhan, tidak ada konsensus tentang apa itu “SEO copywriting” atau apakah itu memang ada. Namun, tidak ada keraguan bahwa istilah tersebut memang ada dan pengguna secara aktif mencarinya secara online.

Kebanyakan orang yang mencari kata kunci ini sebenarnya mencari:

  • Layanan konten situs.
  • Postingan blog.
  • Salinan iklan.
  • Seorang copywriter halaman penjualan (sales page copywriter).

Mungkin sulit untuk mengetahui kapan seseorang benar-benar mencari SEO copywriting.

Meskipun “SEO copywriting” adalah istilah yang memang dikenal namun  tetap penting untuk membedakan antara SEO content writing dan copywriting.

Hal ini karena metode yang dipilih memang harus paling sesuai dengan apa yang ingin dicapai dengan konten kalian. Begitu kalian mengetahuinya, kalian dapat menyewa tipe penulis yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Memilih Penulis yang Tepat Untuk Konten SEO

Bergantung pada kebutuhan proyek kalian, kalian akan menyewa seorang SEO content writer ketika tujuannya adalah menarik lebih banyak lalu lintas organik ke situs kalian melalui konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan kata kunci.

Seorang SEO content writer memahami optimasi mesin pencari dan tahu bagaimana menulis konten yang informatif, menarik, dan relevan. Namun, mereka tidak selalu efektif dalam hal menulis konten yang dimaksudkan untuk mendorong konversi.

Konten SEO sendiri melayani berbagai tujuan, termasuk:

  • Meningkatkan peringkat kata kunci.
  • Mendorong klik dari search engine results pages (SERP).
  • Menarik backlink yang memiliki otoritas tinggi.
  • Mengarahkan pengguna ke halaman web internal lainnya.’
  • Mengubah pengunjung situs menjadi pembeli, pelanggan, dan/atau prospek.

Oleh karena itu, kalian harus menyewa seorang SEO content writer untuk menulis konten situs kalian jika kalian ingin meningkatkan lalu lintas organik.

Konten yang bagus dapat mendorong social shares, mempertahankan pengguna di situs kalian lebih lama, dan meningkatkan konversi. Hal ini juga dapat membantu kalian untuk membangun otoritas di niche kalian dan mendorong kesadaran merek Anda.

SEO content writer biasanya menangani konten, seperti:

  • Posting blog yang ramah SEO.
  • Halaman pelayanan yang ramah SEO.
  • Konten bisnis SEO lokal.
  • PPC landing pages.
  • Konten link-building.
  • Guest post untuk SEO.
  • Ebook.

Jika perhatian utama kalian tidak menarik lebih banyak lalu lintas nih, melainkan mengubah lalu lintas berbayar dan lalu lintas yang ada menjadi penjualan dan prospek, maka kalian menyewa seorang sales copywriter.

Kapan Menyewa SEO Copywriter

Ada banyak jenis copywriter yang berbeda, sama seperti ada banyak jenis proyek yang berbeda dalam berbagai copywriting niches.

Silakan pertimbangkan semua platform berbeda di luar sana yang membutuhkan salinan; Google ads, landing page suatu situs, posting media sosial, iklan cetak, brosur, deskripsi produk, iklan Facebook, iklan billboard, halaman penjualan, halaman koleksi produk.

Ketika tujuan utama kalian adalah mengubah lalu lintas menjadi penjualan atau prospek, kalian perlu menyewa seorang copywriter yang berpengalaman. Lalu lintas ini mungkin organik tetapi mungkin juga lalu lintas media sosial, lalu lintas iklan berbayar, lalu lintas langsung (direct traffic), dan sebagainya.

Oleh karena itu, kalian akan menyewa seorang copywriter yang berspesialisasi dalam jenis salinan yang tepat, yang kalian butuhkan dan tahu terkait cara mengkonversi jenis lalu lintas tertentu tersebut.

Jenis proyek yang sering ditangani oleh copywriter, meliputi:

  • Iklan Facebook dan Instagram.
  • Postingan media sosial.
  • Kampanye email.
  • Mencetak materi pemasaran.
  • Skrip video.
  • Halaman penjualan.
  • Iklan surat kabar.
  • Deskripsi produk.
  • Landing pages non-SEO.
  • Nama bisnis dan tagline.
  • Website copy (brand messaging).
  • Whitepaper atau demo produk.
  • Tombol call-to-action.

Ingat, keberhasilan kampanye pemasaran apapun bergantung pada kemampuan copywriter untuk menulis salinan penjualan yang bisa mengkonversi. Proses pekerjaan mereka harus melibatkan riset pasar, menulis salinan yang sesuai dengan audiens tersebut, termasuk ajakan bertindak yang menarik pengguna untuk membeli.

Keterampilan yang Perlu Diperhatikan Saat Menyewa SEO Writer

Setelah kalian menentukan kebutuhan penulisan SEO dan memutuskan untuk maju dengan SEO content writer atau SEO copywriter, kalian pasti ingin memastikan bahwa kalian memilih mitra yang tepat dengan keahlian yang tepat.

Selain memilih penulis yang sesuai dengan merek kalian, kalian harus mencari keterampilan penting berikut ini:

Praktik Menulis Up-to-date SEO

Saat kalian berinvestasi pada seorang penulis untuk membantu konten kalian menjadi SEO-friendly, sangat penting bagi penulis kalian untuk mengetahui pembaruan terbaru dan mengetahui apa yang dicari oleh mesin pencari.

Pahami Copywriting Konversi

Jika meningkatkan tingkat konversi kalian merupakan tujuan utama kalian, kalian perlu bermitra dengan seorang penulis yang tahu cara menulis salinan yang luar biasa yang mana dapat mencapai tujuan tersebut.

Jangan takut untuk bertanya kepada penulis tentang tingkat konversi rata-rata dan pengalaman masa lalu mereka untuk memastikan mereka memang memiliki track record yang terbukti.

Pahami Maksud Pencarian

Maksud pencarian, yang juga bisa dikenal sebagai niat pengguna nih, merupakan tujuan utama pengguna saat mencari informasi melalui mesin pencari.

Seorang penulis SEO yang kuat harus memahami maksud pencarian dan menulis konten berkualitas tinggi untuk topik khusus kata kunci, bukan hanya kata kunci.

Jadilah Peneliti yang Teliti

Edelman Trust Barometer 2021 menunjukkan tren yang mengkhawatirkan, yakni terkait kepercayaan konsumen pada media dan institusi berada pada titik terendah yang memecahkan rekor.

seo-content-writing-4

Brand tidak mampu untuk mempublikasikan konten yang kurang dapat dipercaya dan berisiko kehilangan kepercayaan dari audiens mereka. Copywriter dan content writer sama-sama harus menjadi peneliti yang teliti (selain menjadi penulis yang kompeten).

Pahami Demografi Target Audiens

Seorang penulis yang kuat itu mampu beradaptasi dengan audiens yang berbeda.

Konten untuk konsumen usia di atas 65 memiliki nada dan gaya yang sangat berbeda dari konten yang ditujukan untuk Gen Z serta millennial. Iya, kan?

Bagaimana Mengukur Kinerja SEO Copywriting

Keberhasilan kampanye pemasaran konten atau copywriting kalian akan bergantung pada tujuan spesifik dan key performance indicators (KPI) yang kalian tetapkan.

Beberapa KPI yang paling umum digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye, meliputi:

  • Kesadaran merek.
  • Generasi pemimpin.
  • Email subscribers.
  • Ranking keywords.
  • On-site conversions.
  • Click-through rates (CTR).
  • Lalu lintas web melalui pencarian organik.
  • Social media likes, comments, dan shares.

Guys, jadi konten yang baik nih, bisa dinilai dari kinerjanya dan orang-orang yang mengkonsumsinya. Kampanye yang sama persis yang dijalankan oleh dua merek berbeda dapat berhasil atau gagal, semua bergantung pada tujuan merek. 

Have a good day

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
SEO Content Writing vs SEO Copywriting Apa Bedanya
Artikel
SEO Content Writing vs SEO Copywriting Apa Bedanya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Perbedaan SEO copywriter dan content writer mempengaruhi kesuksesan kampanye. Baca yuk SEO Content Writing vs SEO Copywriting: Apa Bedanya?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment