Image Hosting untuk Mengatasi Disk Space Terbatas

Hosting memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai media storage, termasuk foto. Trus, bagaimana jika disk space website habis karena terlalu banyak gambar? Kalem, ada solusinya! Okay, tak usah banyak basa-basi, langsung simak saja yuk 7+ Image Hosting untuk Mengatasi Disk Space Terbatas, Gratis!!

Apa Itu Image Hosting?

Image hosting adalah tools yang dapat membantu untuk mengunggah dan meng-host gambar di internet dengan mudah. Tools ini merupakan alternatif bagi yang disk space-nya sudah hampir penuh.

Kalian dapat mengunggah dan menyimpan foto apa saja tanpa mengkhawatirkan disk space yang penuh hanya karena gambar saja dengan menggunakan image hosting. 

Sebab, pada website atau hosting, disk space berfungsi bukan hanya sebatas menyimpan informasi umum, seperti konten gambar, teks, atau pun video saja, tetapi juga tempat untuk menampung file yang berhubungan dengan operasi dan interface website, termasuk di antaranya CSS, PHP, dan JavaScript.

Keuntungan Menggunakan Image Hosting

Keuntungan yang bisa diperoleh bila menggunakan image hosting adalah:

  • Image hosting dapat digunakan untuk membagikan foto dengan mudah dan cepat.
  • Image hosting dapat digunakan sebagai backup storage untuk mencadangkan foto-foto yang penting sehingga resiko foto hilang hanya sedikit saja.
  • Image hosting dapat membantu mengakses foto kapan saja dan di mana saja menggunakan perangkat yang berbeda selama masih terhubung dengan koneksi internet.
  • Image hosting dapat membantu untuk mengurangi space usage.
  • Image hosting dapat membantu website tetap bekerja dengan baik tanpa mengurangi kapasitas website. Dengan begitu, kinerja server menjadi lebih ringan sehingga website dapat berjalan dengan cepat.
  • Menggunakan layanan hosting ini membuat gambar tetap dapat tampil sempurna tanpa menguras kapasitas website. Alhasil, kinerja server juga jadi lebih ringan dan website pun tetap dapat bekerja dengan cepat.
  • Image hosting juga dapat membantu mengedit foto sesuai keinginan dan preferensi kalian dengan mudah. Hal ini bergantung pada brand atau jenis hosting yang digunakan.

Macam-macam Platform Image Hosting

Ada banyak macam platform image hosting yang bisa digunakan, yakni sebagai berikut:

Dropbox

Sesuai namanya, platform ini menyediakan kotak boks (perakun) sebagai tempat untuk menjatuhkan (drop) foto dan langsung masuk tersimpan ke dalam cloud dan bisa diakses kapan saja. Dropbox menawarkan kapasitas gratis hingga 2GB.

Selain itu, beberapa kelebihan dropbox yang lain adalah:

  • Memiliki versi mobile yang bisa memudahkan dalam menggunakannya.
  • Membagikan foto dengan mudah kepada klien, kolega, dan teman.
  • Menyimpan semua jenis file (gambar, teks, video, dan lain-lain.).
  • Sinkronisasi automatis dengan rol kamera smartphone.

Google Photos

Google photos yang menawarkan storage gratis hingga 15GB. Platform ini bisa sinkronisasi langsung dengan akun google kalian (Gmail, Gdrive), membuat kalian bisa menghemat banyak waktu (dan klik) saat mengakses atau berbagi gambar.

Platform ini dilengkapi dengan fitur yang sangat bagus untuk membuat kolase dan animasi foto sendiri yang disesuaikan pada foto-foto yang telah diunggah. Oia, Google Photos memiliki fitur cerdas yang bisa mengatur beberapa hal dalam mengatur foto sesuai kategori, seperti berdasarkan lokasi, tanggal, atau bahkan jumlah orang yang muncul.

PostImage

PostImage memungkinkan untuk mengunggah beberapa gambar sekaligus dan menetapkan ukuran serta tanggal kedaluwarsa untuk file.

PostImage bisa mengubah ukuran gambar ke dalam serangkaian dimensi yang sudah ditentukan, termasuk penggunaan yang populer, seperti avatar (100×75), papan pesan (648×480), monitor 15 inci (800×600), dan monitor 21 inci (1600×1200).

Oia, kalian juga dapat memilih untuk membatasi jangka waktu berapa lama gambar akan tersedia secara online, mulai dari satu hari, seminggu, atau sebulan.

ImgBox

ImgBox memiliki interface yang sangat cepat. Jika menggunakan ImgBox, kalian tidak perlu membuat akun dulu tapi cukup dengan klik upload, foto kalian akan langsung terunggah.

FYI, untuk setiap gambar yang diunggah, kalian akan mendapatkan tautan yang dapat dibagikan, bersama dengan kode HTML dan BB untuk disematkan di website mana pun.

Flickr

Flickr adalah salah satu situs hosting gambar gratis tertua dengan miliaran foto yang dibagikan pada jutaan user/grup. Platform ini memiiki eksposur untuk fotografer yang sangat besar.

Selain penggunanya yang banyak berjumlah jutaan dengan mayoritas pengguna profesional, kelebihan flickr adalah memiliki fitur pengeditan untuk menyempurnakan gambar sebelum memposting.

Flickr memiliki kapasitas maksimal 1.000 foto dan bisa membagikan foto yang diunggah di Flickr ke platform lain melalui RSS feeds, email, dan sebagainya.

Imgur

Imgur memiliki kapasitas penyimpanan foto tanpa batas yang merupakan situs hosting gambar gratis favorit bagi para Redditor (pengguna reddit).

Selain mengupload foto untuk Imgur community (publik), bisa juga mengunggahnya untuk private. Foto akan disimpan selama yang kalian inginkan dan kalian selalu dapat membagikannya secara pribadi menggunakan URL.

500px

500px hampir sama seperti Flickr. Selain sebagai hosting, 500px juga bisa menjadi media sosial tempat membagikan foto-foto kalian kepada sesama pengguna. 500px memiliki kapasitas total maksimal 2.000 foto dan maksimal 7 foto/seminggu.

500px adalah platform yang tepat untuk membangun jaringan fotografi (teman, kolega, dan mentor) dan mempelajari keterampilan baru yang berharga dari komunitas. Platform ini juga memiliki fitur statistik performa gambar untuk menganalisis foto-foto.

Selain itu, 500px digunakan oleh banyak editor majalah, kurator seni, dan perusahaan yang ingin menemukan gambar yang bagus. Jika memilih paket bulanan berbayar, kalian bisa menjual foto-foto kalian dan menghasilkan uang.

Free Image Hosting

Seperti namanya, Free Image Hosting gratis dan simpel. Kalian hanya perlu mengunggah gambar dan membagikan tautannya ke mana saja.

Kalian tidak perlu membuat akun dan foto akan tersimpan secara permanen di situs ini. Pengguna platform ini dapat menelusuri daftar foto berdasarkan negara bagian dan kota sehingga meningkatkan peluang untuk ditemukan dan menemukan klien lokal.

Jadi, kalian tertarik menggunakan image hosting yang mana, nih? Atau, kalian justru sudah menggunakan image hosting dari yang sudah disebutkan di atas? Sharing yuk 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment