Rekomendasi Terbaik Plugin Migrasi WordPress

Banyak sekali plugin migrasi WordPress yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Plugin ini bisa sangat membantu para pengguna untuk melakukan proses migrasi. Okay, tak perlu lama-lama, langsung simak saja yuk 7+ Rekomendasi Terbaik Plugin Migrasi WordPress

Apa Itu Plugin Migrasi?

Migrasi WordPress adalah sebuah proses pemindahan website WordPress dari hosting lama ke hosting baru. WordPress memang memiliki banyak plugin, salah satu contohnya adalah plugin migrasi WordPress.

Plugin ini berfungsi untuk membantu penggunanya bermigrasi dari satu provider ke provider lainnya. Plugin migrasi ini akan membantu penggunanya untuk mengunduh dan mentransfer semua file yang ada pada website, seperti file tema, media, maupun database user.

Proses migrasi tanpa plugin migrasi bisa saja membuat penggunanya kesulitan dalam mengkloning websitenya. 

Nah, migrasi WordPress yang baik akan menawarkan interface yang ramah dengan tombol migrasi yang bisa diakses hanya dengan satu klik. Tool yang ada pun bisa digunakan sebagai alat back up data dan pemindahan file.

Rekomendasi Terbaik Plugin Migrasi WordPress

Berikut ini rekomendasi plugin migrasi yang sekiranya bisa dipakai kalian sebagai pengguna. 

All-In-One WP Migration

Plugin ini merupakan plugin terpopuler dan sering digunakan oleh pemilik website sebab plugin ini memiliki fitur yang komprehensif. FYI, All-In-One- WP Migration bukanlah alat backup plugin, plug ini memang dikhususkan untuk migrasi WordPress saja.

Plugin satu ini sudah teruji dan sudah bisa mendukung segala macam provider WordPress hosting, versi PHP nya, sistem operasi, dan banyak lainnya. All-In-One WP Migration pun dapat mendukung WordPress hingga versi lama sampai pada versi 3.3. Plugin ini juga bisa melewati size file dari host dengan mengimpor data yang ada secara terpotong-potong.

Namun, dalam versi gratisnya plugin ini hanya memiliki size limit sampai 512 MB saja. Apabila lebih dari itu maka pengguna harus membeli versi premium. 

Plugin ini pun mengharuskan penggunanya untuk menginstal WordPress secara manual pada lokasi baru.

Duplicator

Duplicator merupakan plugin migrasi WordPress yang diunduh oleh lebih dari 20 juta pengguna. Plugin ini bisa membantu penggunanya untuk migrasi, copy, pindah, maupun klon site dari lokasi yang lama ke site yang baru. Tak hanya itu, plugin ini juga menawarkan simple backup utility.

BackupBuddy

BackupBuddy adalah rekomendasi plugin migrasi WordPress yang sudah dipercaya sejak tahun 2010. Plugin ini memiliki fitur backup, restorasi, dan migrasi yang terjadwal secara otomatis pada suatu paket tertentu. Dengan begitu, pengguna bisa memilih jadwal untuk backup data, apa yang harus di backup, dan di mana lokasi storage mandirinya. Oia, BackupBuddy juga bisa melakukan transfer website menggunakan complete WordPress backup.

Migration Guru

Migration Guru merupakan plugin migrasi WordPress yang didirikan oleh Blog Vault dan merupakan plugin yang populer. Migration Guru menawarkan one click integration kepada pelanggannya. Dengan begitu, perpindahan website dari hosting yang satu ke hosting lainnya bisa dilakukan dengan cepat.

WP Migrate DB

Plugin ini bisa membuat ekspor serta migrasi database bisa terjadi secara cepat. Hal ini dikarenakan pada tiap migrasi hanya akan melewati 3 langkah. Pertama, mencari dan mengganti data yang diinginkan pada interface di WP Migrate DB. Selanjutnya, pengeksporan SQL. Lalu dilanjutkan dengan impor ke database yang baru dengan tool phpMyAdmin.

UpDraftPlus

Plugin ini sering digunakan untuk tool backup namun plugin ini juga mempunyai kapabilitas lebih dikarenakan bisa menyederhanakan berbagai proses. Salah satu contohnya ialah plugin ini hanya menggunakan satu klik agar bisa melakukan backup pada semua file di website.

Plugin ini sering menjadi pilihan penggunanya karena dapat melakukan backup dengan layanan Dropbox ataupun Google Drive. Namun, jika pengguna ingin bermigrasi dengan memindahkan website, pengguna harus terlebih dahulu membayar versi premium.

JetPack

Plugin ini menyediakan fitur backup yang dinamai VaultPress. JetPack juga sangat aman yang mana plugin ini memiliki fitur sekuritas yang bisa menjalankan backup website dengan lancar. Tapi proses setup-nya bisa tergolong rumit bagi pemula sebab pengguna harus memiliki dua plugin, yaitu JetPack dan akun pada WordPress.

Backup Guard

Plugin ini merupakan plugin imigrasi yang paling komplit. Plugin ini menawarkan cara mudah untuk mengembalikan serta melakukan backup migrasi pada website WordPress. Anyway, fitur dan interface yang ada pada plugin ini pun minimalis sehingga mudah digunakan.

WP Clone

WP Clone adalah plugin yang bisa mengkloning dan migrasi website WordPress secara mudah. Plugin ini tidak mengharuskan penggunanya untuk mengakses FTP jika ingin melakukan migrasi website.

Okay, dengan beberapa plugin migrasi WordPress di atas, kami harapkan dapat membantu pengguna menentukan plugin mana yang sebaiknya digunakan untuk melakukan migrasi website WordPress dengan lebih baik.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment