Rekomendasi Terbaik Layanan Security Website

Penting untuk mengetahui apakah website yang dijalankan aman dan layanan security website apa yang sesuai. Okay, langsung simak saja yuk 5+ Rekomendasi Terbaik Layanan Security Website

5+ Rekomendasi Layanan Security Website

Berikut ini 5+ rekomendasi layanan security website yang perlu kalian ketahui:

  1. Let’s Encrypt – Sertifikat SSL

Sertifikat Secure Sockets Layer (SSL) adalah file data kecil yang menciptakan koneksi terenkripsi dan aman antara host website dan browser individu. SSL memastikan bahwa data yang dibagikan antara kedua pihak tersebut aman dan pribadi, melindungi informasi dari para peretas.

Website yang menggunakan protokol SSL memiliki domain yang dimulai dengan https://. Memiliki sertifikat ini pada website sangat penting, terutama jika pengguna melakukan aktivitas pertukaran informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit atau unduhan file yang aman. SSL inilah yang nantinya akan menunjukkan kepada pengunjung bahwa kalian sedang mengambil langkah-langkah untuk melindungi informasi mereka.

Oia, Google juga memberi prioritas kepada website dengan URL https:// dalam peringkat pencariannya. Dalam melakukan browser pada Google Chrome, akan diberitahu kepada pengguna tentang keberadaannya melalui ikon gembok di bilah URL. Google akan segera memberitahu jika melakukan pencarian di situs yang tidak aman dan merekomendasikan untuk menuju situs yang berbeda.

  1. Cloudflare – Web Application Firewall

Web Application Firewall (WAF) menganalisis lalu lintas website masuk untuk aktivitas yang mencurigakan dan memblokir ketika melakukan browser berdasarkan serangkaian aturan yang telah ditentukan sebelumnya. WAF dapat melindungi dari serangan yang ditargetkan secara umum, seperti DDoS, cross-site scripting, dan injeksi bahasa pencarian terstruktur (SQL). 

Cloudflare adalah layanan WAF yang akan menyaring lalu lintas masuk dan melindungi situs dari para pelaku jahat. Layanan ini menggunakan alat pembelajaran mesin yang kuat untuk belajar dari serangan terhadap 25 juta situs yang dilindunginya. Sehingga, proses pemindaiannya terjadi secara otomatis dan tidak butuh masukan tambahan. Namun, jika melihat bahwa ada serangan berulang dan spesifik terhadap situs, kalian dapat menentukan serangkaian aturan sendiri dan memblokir alamat IP tertentu.

  1. Google CDN – Jaringan Pengiriman Konten Global

Jaringan pengiriman konten (CDN) adalah sistem dari server-server yang terhubung dan membuat situs dapat diakses serta dimuat dengan cepat bagi pengguna di seluruh dunia. Dari segi keamanan, CDN global pada situs sangat penting karena hal ini memastikan bahwa server pusat tidak terlalu terbebani oleh traffic. Server yang terlalu padat dapat membuat situs lebih rentan terhadap serangan spam, loh.

Cloud CDN adalah layanan cepat dan handal yang dengan cepat dan aman mengirimkan konten situs kepada pengguna di seluruh dunia. Hal ini dilakukan melalui alamat IP anycast yang diakui secara global yang dapat mengurangi kecepatan muat situs dan mengoptimalkan kinerja last mile. Hal ini membuat semua konten situs tersedia, bukan hanya elemen-elemen yang dimuat pertama kali di situs kalian.

  1. LogicMonitor – Layanan Pemantauan website

Salah satu cara paling sederhana untuk memastikan keamanan website adalah dengan menggunakan layanan pemantauan website, yakni Website Monitoring Service (WMS). Alat-alat ini memantau kinerja situs, seperti gangguan halaman, serta kerentanannya yang mengancam keamanan situs. Pada dasarnya, WMS mengidentifikasi masalah secara proaktif sehingga bisa mengatasinya sebelum menjadi masalah yang sulit diatasi.

LogicMonitor adalah alat WMS yang mendapat peringkat tinggi. Ini adalah SaaS hibrida, artinya ia beroperasi di cloud dan sebagai alat ringan di dalam jaringan situs. Layanan ini memantau situs dan membuat dashboard analitik yang menjelaskan kinerja situs dan memberitahu kalian tentang ancaman yang ada atau yang akan datang.

  1. Duo Security – Autentikasi Dua Faktor

Otentikasi dua faktor adalah solusi keamanan sederhana untuk melindungi diri dari serangan yang ditargetkan, seperti upaya masuk dengan paksa. Sementara alat lainnya berfokus pada keselamatan situs. Solusi keamanan ini memastikan bahwa hanya orang yang memiliki alat keamanan situs, seperti administrator, yang dapat mengaksesnya.

Duo security melindungi berkas-berkas aman dan data-data sensitif dengan menggunakan dua sumber untuk mengonfirmasi identitas pengguna yang masuk ke situs. Otentikasi keamanan ini seperti kode sandi yang dipilih serta pemberitahuan login pada perangkat lain.

Solusi ini merupakan layanan otentikasi dua faktor yang memastikan akses aman bagi administrator atau pengguna situs. Ini menggunakan otentikasi multifaktor, akses jarak jauh dengan VPN aman, dan kebijakan akses adaptif untuk memberikan atau menolak akses berdasarkan peran pengguna.

  1. SiteGround – Hosting Situs Aman

Hosting adalah kerangka website kalian makanya kalian dapat memiliki situs yang aktif. Tanpa hosting, situs kalian tidak akan ada. SiteGround adalah pilihan yang bagus ketika mencari penyedia web hosting dengan pendekatan keamanan terutama. 

Platform SiteGround dibangun dengan mempertimbangkan keamanan dan kecepatan serta memiliki semua fitur keamanan yang dibutuhkan situs. Fitur ini berupa SSL gratis yang terpasang secara default, WAF cerdas bawaan pada semua server, pencadangan harian yang didistribusikan secara geografis pada semua paket, pemantauan server 24/7, sistem antibot berbasis kecerdasan buatan, PHP yang dikelola, laporan keamanan bulanan yang komprehensif, alat dan plugin keamanan khusus WordPress, dan banyak lagi. 

Oia, pengguna SiteGround dapat menambahkan Site Scanner perusahaan, domain, dan URL untuk mencegah unggahan dan penggunaan berkas berbahaya dan memastikan website terlindungi dengan baik. Semua situs WordPress yang hosting di SiteGround dapat memanfaatkan fitur keamanan khusus WordPress tambahan seperti:

  • Pembaruan otomatis WordPress yang dikelola dengan plugin dan opsi terjadwal
  • Plugin Keamanan SiteGround yang telah memenangkan penghargaan yang sudah terpasang pada semua paket
  • Staging WordPress yang aman dengan pencadangan otomatis saat dipublikasikan
  1. Dropmysite – Cadangan website

Elemen penting lainnya untuk situs adalah memiliki cadangan berkas situs jika terjadi peretasan berencana untuk beralih penyedia hosting. Mencadangkan situs adalah cara untuk memastikan bahwa berkas kalian tetap aman dan tersedia ketika dibutuhkan. Meski memungkinkan untuk mencadangkan berkas secara manual atau mungkin melalui penyedia hosting, Dropmysite menawarkan proses otomatis, loh.

Dropmysite adalah alat cadangan dan pemulihan yang handal yang menggunakan kredensial SFTP, FTP, atau RSYNC. Kredensial ini berfungsi untuk mencadangkan dan menyimpan berkas situs ke dalam basis data cloud secara aman. Prosesnya sepenuhnya otomatis dan dilengkapi dengan opsi pemulihan satu klik untuk berkas dan konten situs yang mungkin sengaja terhapus.

Jadi, silakan kalian pilih layanan keamanan yang telah direkomendasikan di atas karena dapat membantu untuk menjaga situs web tetap aman.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment