Apa Itu cURL, Fitur, Manfaat, dan Cara Kerjanya

cURL berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dengan resource lain melalui protokol HTTP, FTP serta TELNET. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk Apa Itu cURL, Fitur, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa Itu cURL?

cURL atau client URL adalah sebuah project open source yang berbentuk seperti sebuah program yang bekerja pada command line (CMD) yang saat ini sudah tersedia di library bahasa pemrograman, yaitu PHP, Python, dan sebagainya.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa cURL merupakan sebuah library yang dibungkus dalam paket “libcurl” yang dapat digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman dan dijalankan sesuai dengan command line dan juga script dalam program. 

Mengapa hal tersebut dilakukan? Tentu saja hal ini berguna untuk berinteraksi dengan web service maupun API yang bertujuan untuk mengambil apa saja data yang dibutuhkan.

Fitur-Fitur cURL

Berikut ini beberapa fitur dari cURL yang bisa dinikmati oleh user:

  • Protokol transfer data: Fitur yang dimiliki oleh cURL mendukung berbagai protokol transfer data, yaitu HTTP, HTTPS, FTP, FTPS, SCP, LDAP, dan protokol lainnya.
  • Fitur autentikasi: Fitur autentikasi meliputi Basic, Digest, dan NTLM. Dengan adanya fitur ini memungkinkan akses yang masuk akan terlindungi dengan menggunakan kredensial yang valid.
  • Fitur upload dan download: Program ini memiliki fitur untuk mengunduh dan mengunggah file dari file ke server. Selain itu, dilengkapi dengan sinkronisasi file dan juga backup file untuk memudahkan user memulihkan file milik mereka.
  • Fitur manajemen cookie: Fitur yang satu ini berguna untuk mengelola cookie yang ada pada file milik user atau memfasilitasi otentikasi.
  • Fitur proxy: Fitur proxy berguna untuk menjaga privasi atau mengatasi pembatasan yang ada pada cURL.

Manfaat dari cURL

Berikut ini beberapa manfaat dari  yang perlu kalian ketahui:

  1. Didukung lintas antar platform: manfaat pertama yang dirasakan adalah cURL tersedia di berbagai sistem operasi, yaitu Windows, Linux, mac OS, dan OS lain.
  2. Mudah untuk mengunduh dan mengunggah file: bagi yang seringkali menggunakan file maka akan memudahkan pengunduhan file dari internet, pengunggahan file dari jarak jauh, dan mendukung berbagai protokol transfer apapun yang digunakan oleh user.
  3. Sumber daya yang rendah: sumber daya yang dimiliki sangat ringan sehingga efisien untuk digunakan pada platform karena menghasilkan sumber daya yang kecil.
  4. Didukung oleh SSL/TLS: SSL/TLS juga mendukung cURL yang memungkinkan jika ingin melakukan transfer data menjadi lebih aman dan cocok jika ingin mengakses URL HTTPS.
  5. Digunakan untuk pengujian dan interaksi: dapat digunakan untuk menguji API dan melakukan interaksi dengan layanan website.

Cara Kerja cURL

Program ini memiliki cara kerja dengan beroperasi di command prompt sehingga memungkinkan user untuk berinteraksi dengan berbagai layanan website secara langsung. Selain itu, user dapat mengirim permintaan HTTP atau FTP untuk mengunduh dan mengunggah file yang terhubung dengan API tanpa harus menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Cara Instalasi cURL

Kalian pengguna mac OS? Kalian dapat menggunakan cURL yang sudah ada di instalasi. Kalian dapat membuka aplikasi terminal dan menggunakannya. Sedangkan bagi kalian pengguna Windows ada dua opsi untuk menginstal:

  • Unduh dan install cURL dari website resminya
  • Buka https://curl.se/windows/ dan unduh versi cURL terbaru untuk mendapatkan sistem yang lebih relevan.
  • Terakhir adalah kalian bisa menjalankan installer dan ikutilah beberapa petunjuknya.

Cara Mengecek Versi cURL

Ingin memeriksa versi cURL yang ada di sistem? Silakan ikuti cara berikut ini:

  • Pertama, silakan buka command prompt dan ketik perintah: curl-v
  • Kemudian enter dan akan tampil informasi mengenai versi cURL dan detail-detailnya yang dapat user lihat secara langsung.

Okay, jadi sekarang kalian sudah mengetahui fleksibilitas dari segi sistem operasi yang sudah dipaparkan di atas. Ada baiknya kalian bisa menggunakannya segera apalagi jika ingin memudahkan dalam melakukan transfer file dari server ke internet.

Semoga bermanfaat dan selamat mncoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment