Home Server OS Terbaik di 2020 untuk Media Lovers (Linux dan Windows)

Sharing is caring!

Mencari hardware untuk home server yang sederhana bukanlah masalah besar. Anda hanya ingin casing dengan good cooling options, prosesor dan motherboard yang dapat menangani apa yang dapat dilakukan server mana pun, penyimpanan yang handal, dan internet yang baik. Yuk baca sampai selesai artikel Home Server OS Terbaik di 2020 untuk Media Lovers (Linux dan Windows)

Hal yang paling sulit adalah menentukan server OS mana yang harus Anda gunakan. Ada banyak opsi untuk dipilih dan di sini beberapa opsi terbaik untuk OS server rumah.

Berikut ini adalah 7 Home Server OS Terbaik di 2020 untuk Media Lovers

  1. OpenMediaVault

OpenMediaVault adalah home server OS terbaik dan ringan yang dibangun menggunakan PHP-AJAX. OpenMediaVault adalah solusi network-attached storage (NAS) yang dibangun pada Debian Linux dengan desain modular sehingga fitur-fiturnya dapat diperluas melalui penggunaan plugin. home-server-1

Dukungan jaringan mencakup dukungan IPv6 dan Wake On LAN. OpenMediaVault dapat mendukung hard drive dengan partisi GPT, sistem file EXT, dan tipe lebih lanjut dan beberapa fitur untuk manajemen volume. Menjadi OS server, ia mendukung SSH, FTP, TFTP, SMB, CIFS, Rsync, layanan BitTorrent, dan protokol yang dapat diperluas dengan plugin.

  1. FreeNAS

FreeNAS adalah rekomendasi pertama untuk home server OS oleh banyak orang yang memiliki pengalaman dengan small-scale servers dan rumah. FreeNAS adalah OS server paling populer yang lebih fokus pada pengguna listrik sehingga mungkin tidak disarankan untuk orang yang membuat server rumah untuk pertama kalinya.

Versi terbaru FreeNAS mendukung sistem file ZFS dengan dukungan untuk konfigurasi RAID yang berbeda tetapi membutuhkan banyak RAM. Untuk setiap terabyte penyimpanan, FreeNAS membutuhkan 1 GB RAM. Karena itu, Anda akan memerlukan perangkat keras yang lebih baru untuk membuat server. home-server-2

FreeNAS direkomendasikan jika Anda membuat server tingkat perusahaan untuk rumah atau kantor kecil Anda. FreeNAS mendukung plugin, seperti Plex, Transmission, dan Subsonic FreeNAS juga mendukung layanan cadangan, seperti PC-BSD Life Preserver, Windows Backup, rsync dan dapat mengenkripsi dan mengambil snapshot dari seluruh penyimpanan Anda. FreeNAS didasarkan pada FreeBSD.

  1. XigmaNAS (Sebelumnya NAS4Free)

XigmaNAS (sebelumnya disebut ‘NAS4Free’) sangat mirip dengan OS server FreeNAS jika Anda ingin membuat server dengan perangkat keras bertenaga rendah. Ini adalah home server OS ringan yang sangat dianjurkan untuk orang yang ingin membuat home server dengan komponen lama.

home-server-3

XigmaNAS mendukung sistem file sederhana dan canggih untuk file servers. Satu-satunya hal yang tidak ada di XigmaNAS adalah dukungan untuk plugin, seperti yang dimiliki FreeNAS dan Amahi server OS, yang dapat sangat berguna jika Anda menginginkan home server.

  1. Amahi Home Server

Amahi Home Server adalah home server OS yang paling stabil dan sederhana untuk orang-orang yang mulai membangun server rumah mereka sendiri. Amahi dibangun di atas distribusi Fedora Linux dengan interface berbasis web dan dianggap sebagai free home server OS terbaik di sebelah FreeNAS.

home-server-4

Amahi dapat melakukan apa yang bisa dilakukan oleh distribusi Server Linux tetapi dengan interface pengguna yang jauh lebih sederhana dan lebih mudah dirancang untuk pemula.

Amahi memiliki dukungan untuk beberapa aplikasi dan plugin, seperti Plex, Crashplan, Transmission, OpenVPN, Sick Beard, dan Couch Potato.

  1. Ubuntu Server

Jika Anda telah menggunakan Ubuntu atau Debian sebelum apakah Anda seorang pengembang atau desainer grafis atau editor video, Server Ubuntu juga merupakan opsi yang sangat bagus untuk home server Anda. home-server-5

Ubuntu Server sederhana untuk pengguna Linux yang nyaman dengan command-line interfaces.

Anda juga dapat mencoba Debian atau Xubuntu yang sangat ringan dan memiliki GUI yang dapat Anda akses melalui remote desktop software seperti TeamViewer dan menggunakannya seperti komputer lain.

  1. ClearOS

ClearOS adalah home server OS yang dikembangkan komunitas yang ditargetkan untuk home users, penggemar, dan pengembang. ClearOS tersedia sebagai free community edition dan paid professional edition. ClearOS menyediakan interface berbasis web minimal dengan dukungan untuk beberapa aplikasi, seperti Plex. home-server-6

ClearOS tidak menyediakan banyak fungsi seperti OS yang telah disebutkan tetapi itu baik untuk server penyimpanan file sederhana dan hanya akan direkomendasikan untuk pengembang dan bukan rekomendasi teratas untuk orang-orang yang baru mengenal home server.

  1. OpenFiler

OpenFiler adalah home server OS yang sangat bagus untuk membuat NAS atau IP storage gateway. Sangat cocok untuk membuat server dengan kebutuhan penyimpanan yang sangat besar dengan dukungan untuk berbagai protokol dan filesystems. Beberapa protokol dan sistem file yang didukungnya adalah NFS, HTTP, FTP, rsync, konfigurasi berbeda dari RAID dan sistem file jurnal dengan 8TB dan lebih banyak penyimpanan. home-server-7

OpenFiler memiliki interface web yang mudah digunakan yang cocok untuk OS server seperti ini. Ini tersedia sebagai edisi open-source yang merupakan edisi komersial dan gratis untuk bisnis.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Home Server OS Terbaik di 2020 untuk Media Lovers (Linux dan Windows)
Artikel
Home Server OS Terbaik di 2020 untuk Media Lovers (Linux dan Windows)
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Mencari hardware untuk home server yang sederhana bukanlah masalah besar. Yuk baca sampai selesai artikel Home Server OS Terbaik di 2020 untuk Media Lovers (Linux dan Windows)
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment