Hasil Pencarian Peringkat Instagram

Sharing is caring!

Kalian pernah dengan serius mempelajari bagaimana Instagram memberikan peringkat pada hasil pencarian dan bagaimana kalian dapat mengoptimalkan konten untuk menentukan peringkat kata kunci target? Okay, kita telusuri lebih lanjut yuk dengan baca Hasil Pencarian Peringkat Instagram

Pimpinan Instagram, Adam Mosseri, menjelaskan bagaimana aplikasi memberi peringkat pada hasil pencarian dan membagikan beberapa praktik terbaik SEO Instagram.

Cara Instagram memberi peringkat hasil pencarian memang berbeda karena bergantung pada pengguna dalam memasukkan teks. Sedangkan explore tab misalnya, itu justru mengisi konten secara otomatis.

Jadi, Instagram bertujuan untuk mengatur hasil pencarian berdasarkan apa yang paling relevan bagi pengguna individu.

Mosseri menjelaskan: “Katakanlah Anda tertarik untuk menemukan gambar luar angkasa setelah melihat bulan biru. Saat Anda mengetuk search bar di halaman Explore, hal pertama yang Anda lihat adalah pencarian terbaru Anda. Saat Anda mulai mengetik “space”, kami menampilkan akun, audio, tagar, dan tempat yang cocok dengan teks pencarian Anda. Dalam hal ini, hasil seperti @space dan # space muncul karena “space” muncul di namanya.”

Contohnya bisa dijelaskan pada gambar di bawah ini:

hasil-pencarian-peringkat-instagram-1

Sinyal Peringkat Pencarian Instagram

Selain teks yang dimasukkan oleh pengguna, algoritma pencarian Instagram juga menggunakan informasi dari akun, tagar, dan tempat untuk menentukan peringkat hasil.

Sinyal peringkat teratas Instagram dalam urutan kepentingan adalah sebagai berikut:

  • Teks Kalian: Teks yang kalian masukkan di search bar adalah sinyal peringkat terpenting Instagram. Jadi, pertama-tama akan mencoba mencocokkan teks dengan username yang relevan, bios, captions, tagar, dan tempat.
  • Aktivitas Kalian: Ini termasuk akun yang kalian ikuti, postingan yang kalian lihat, dan cara kalian berinteraksi dengan akun di masa lalu. Instagram biasanya menampilkan akun dan tagar yang kalian ikuti atau kunjungi lebih tinggi daripada yang tidak kalian ikuti.
  • Keterlibatan pengguna (user engagement): Ketika ada banyak hasil potensial, Instagram akan melihat sinyal keterlibatan. Ini termasuk jumlah clicks, likes, shares, dan follows for a particular account, tagar, atau tempat tertentu.

Praktik Terbaik SEO Instagram

Mosseri menawarkan tips berikut untuk membuat konten kalian lebih mudah ditemukan di Instagram:

Pilih nama pengguna dan nama profil yang relevan

Dengan teks sebagai sinyal peringkat terpenting, kalian harus mencoba memilih nama profil atau nama Instagram yang terkait dengan konten kalian. Hal ini adalah taruhan terbaik kalian untuk muncul dalam pencarian yang relevan.

Jika audiens kalian mengenal kalian dengan nama tertentu, sertakan nama itu di username atau profil kalian sehingga kalian dapat muncul saat mereka mencari kalian.

Sertakan lokasi dan kata kunci yang relevan di bio kalian

Teks di bio kalian juga penting lho sehingga sertakan kata kunci dan lokasi yang relevan, ya. Pastikan bio kalian berisi teks tentang siapa kalian dan tentang apa halaman kalian.

Jika akun kalian spesifik lokasi nih, seperti bisnis kecil, membagikan lokasi kalian di bio dapat mempermudah orang untuk menemukan kalian.

Gunakan tagar dan kata kunci yang relevan dalam teks

Agar postingan dapat ditemukan di Search, masukkan kata kunci dan tagar di keterangan, bukan di komentar, ya.

Hukuman Pencarian Instagram

Sama seperti Google yang memiliki hukuman pencarian (search penalties), melanggar pedoman rekomendasi Instagram dapat membuat konten kalian diturunkan dalam hasil pencarian. Instagram dapat menghukum setiap posting, seluruh akun, atau seluruh hashtag.

Dalam menjelaskan bagaimana hukuman diberikan, Mosseri merujuk shadowbanning tanpa secara langsung menggunakan istilah “shadowbanning.”

Dia menyatakan: “Akun yang memposting spam atau melanggar pedoman kami, mungkin muncul lebih rendah di hasil pencarian, dan Anda mungkin harus mencari nama pengguna lengkap mereka untuk menemukannya.”

Akun Instagram yang kena shadowbanned mirip dengan memiliki situs yang aktif dan berjalan saat tidak diindeks di Google. Satu-satunya cara untuk melihat konten adalah dengan mengunjunginya secara langsung.

Instagram memiliki seperangkat pedoman komunitas terpisah yang berbeda dari pedoman rekomendasi. Jika itu dilanggar maka akun tersebut akan dihapus dari situs seluruhnya.

Perbaikan Mendatang Untuk Pencarian Instagram

Instagram segera meluncurkan serangkaian peningkatan pada hasil pencarian yang mana memungkinkan pengguna untuk menemukan lebih dari sekedar akun dan tagar.

Mosseri mengatakan bahwa perusahaan sedang mengerjakan “full search results page experience” (pengalaman halaman hasil pencarian penuh) yang memudahkan orang untuk menyelami minat mereka.

Instagram juga berencana untuk memperluas kata kunci yang dapat dicari pengguna dan memungkinkan lebih banyak eksplorasi topik.

Saat ini, pencarian di Instagram untuk “space” akan mengembalikan akun dan tagar dengan kata “space” di dalamnya. Segera pencarian yang sama akan dapat mengembalikan foto dan video dari space, selain akun dan tagar.

Berikut ini ada contoh pengalaman pencarian Instagram baru yang sedang dikerjakan:

hasil-pencarian-peringkat-instagram-2

Jadi seperti itu Guys yang bisa disampaikan terkait hasil pencarian peringkat Instagram (Instagram ranks search results). Gimana, mudah dipahami, kah? Jika kalian punya uneg-uneg nih terkait pembahasan kali ini, silakan langsung tulis di kolom komentar ya 🙂

Have a good day

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Hasil Pencarian Peringkat Instagram
Artikel
Hasil Pencarian Peringkat Instagram
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagaimana Instagram memberikan peringkat pada hasil pencarian? Okay, kita telusuri yuk dengan baca Hasil Pencarian Peringkat Instagram
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment